Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap! 
Qfoodys, Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap! - Makanan khas Jawa Barat memang enak-enak dan bikin ketagihan. 

Jadi, enggak mengherankan kalau makanan ini selalu diburu para pecinta kuliner. Mau apa saja kuliner Jawa Barat yang paling banyak diincar? Cek di sini!

Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang dikenal sebagai pusat kuliner Indonesia. Makanan khas Jawa Barat dikenal memiliki cita rasa yang unik yakni pedas, gurih dan asam.

Saat ini kuliner khas Jawa Barat memang tidak sulit untuk ditemukan. Selain membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Pasalnya, beberapa menunya menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit ditemukan dan cara membuat yang cukup mudah.

Bertandang ke tanah Sunda, kurang komplet bila kamu tidak coba makanan uniknya. Ya, ada banyak memang referensi makanan khas Jawa Barat yang paling terkenal di wilayah aslinya. 

Walau makanan khas sunda seperti comro dan karedok dapat kamu dapatkan pada tempat lain, tetapi mengkonsumsinya pada tempat aslinya pasti benar-benar berbeda.

Cita-rasa yang dijajakan makanan khas Jawa Barat ini sudah pasti tidak kamu peroleh pada tempat lain. Masalahnya beberapa makanan ciri khas satu wilayah, bila langsung dimakan dari tempat muasalnya akan diproses secara tradisionil hingga membuat rasa yang paling valid.

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!

Kamu pasti menyesal bila tidak coba makanan khas Jawa Barat saat lagi ada di wilayahnya. Telah jauh-jauh datang ke tanah Sunda, eh tidak coba olahan uniknya. 

Pasti benar-benar sayang. Oleh karenanya, yok coba makanan khas Jawa Barat yang perlu dicoba. Beberapa makanan ini benar-benar sedap lho, dan ditanggung akan buat kamu ketagihan!

Makanan Khas Jawa Barat dari Bandung

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Bandung
Bandung mempunyai beberapa ratus tujuan rekreasi yang bagus. Dimulai dari spot rekreasi alam, museum, sampai tempat berekreasi berbelanja. 

Tetapi bukan karena hanya hanya itu yang membuat Bandung jadi salah satunya arah rekreasi favorite traveller dalam dan luar negeri.

Kulinerannya yang spesial jadi argumen lain untuk berkunjung kota ini. Makanan khas Jawa Barat dari Bandung memang dikenali benar-benar variasi dan mempunyai cita-rasa yang tinggi. Akan tetapi, kamu tak perlu keluarkan banyak uang untuk dapat memperolehnya.

1. Jajanan Khas Bandung

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Jajanan Khas Bandung
Jalanan ke kota Kembang Bandung, belum komplet rasa-rasanya bila belum memburu oleh oleh khas Bandung dan Jajanan Khas Bandung yang mengunggah hasrat dan pas untuk oleh oleh untuk keluarga di rumah dan rekan-rekan tersayang kalian.

Bicara mengenai jajanan khas Bandung, ada banyak tipe jajanan khas Bandung yang paling pas jadi oleh oleh karena bertahan lama dan sudah pasti karena rasanya yang nikmat. untuk informasi lebih lengkapnya cek link no 1 diatas yaa...

2. Oleh Oleh Khas Bandung

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Oleh Oleh Khas Bandung
Memburu oleh oleh khas sebagai hal yang jangan dilewati saat lakukan perjalanan ke satu wilayah. Tiap wilayah di Indonesia tawarkan bermacam produk buatan khas sebagai oleh oleh harus untuk beberapa wisatawan.

Salah satunya contoh misalkan di Bandung. Bandung ialah satu diantara beberapa kota besar di Indonesia yang tetap meningkatkan bidang pariwisata buat menarik makin banyak pelancong untuk bertandang.

Bukan hanya bidang tujuan atau object wisatanya saja yang ditingkatkan, Bandung terus meningkatkan pengembangan produk oleh oleh khas Bandung sebagai daya magnet rekreasi lain

3. Nasi Timbel, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Nasi Timbel
Makanan apa yang umumnya kamu dapatkan saat masuk rumah makan khas Sunda? Coba lihat menu. Umumnya kamu akan mendapati nama makanan yang tidak asing. Nasi timbel, atau timbel lengkap.

Tetapi sudah mengetahui kah kamu apakah itu nasi timbel? Nasi timbel, sebagai makanan khas Sunda. Kabarnya, pada jaman dahulu nasi timbel sebagai perbekalan makanan yang diusung oleh petani untuk makan siang di sawah. Perbekalan itu berbentuk nasi yang dibuntel daun pisang,

komplet dengan lauk pauk nya. Dan ya, hingga saat ini, makanan yang mendominasi makanan khas Sunda ini, masih menjaga keunikan nya, yakni daun pisang.

Nasi timbel sesungguhnya sama dengan nasi - nasi yang lain. Berbeda nya cuman nasi timbel dibuntel dengan daun pisang. Struktur nasi nya juga "pulen", tidak begitu benyek, dan tidak keras.

Kepuasan melahap nasi timbel ini akan sangat terasa kental jika dihidangkan saat nasi masih hangat. Sebagai bahan pendamping dari nasi timbel, umumnya ada banyak opsi. 

Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, atau cukup dengan sepotong asin jambal roti.

Tentu saja ditemani dengan sambal dan lalapan yang bakal menambahkan nafsu makan kamu. Sambal nya juga dapat diputuskan. 

Umumnya sejumlah rumah makan akan menyuguhkan nasi timbel dengan sambal terasi. Dan sebagai pengembangan yang lain, sekarang nasi timbel bisa dicicipi bersama-sama dengan sayur asem.

4. Karedok, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Karedok
Makanan khas Jawa Barat yang jelas kenal di telinga orang Sunda. Rasanya yang fresh dan renyah membuat siapa saja tidak dapat menampik kesedapanya.

Karena dibuat dari bermacam sayur fresh seperti salad dan bumbu kacang, karedok tentu saja kaya nutrisi dan serat.

karedok terbagi dalam terong, kemangi, leunca, kol, tauge, ketimun, dan kacang panjang. Semua tipe sayur ini selanjutnya dipotongi dan didiamkan mentah.

Sementara bahan untuk bumbu kacangnya yaitu kacang tanah yang telah dimasak, cabe merah, bawang putih, bawang merah, kencur, sedikit terasi, gula merah, dan garam.

Untuk membuat, gampang saja, tinggal campur semua bumbu, selanjutnya ulek sampai lembut.

Sesudah bumbu lembut, saran sayur barusan ke bumbu, selanjutnya aduk sampai rata, karedok yang sedap yang fresh juga siap untuk dicicipi.

5. Mie Kocok Bandung, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Mie Kocok Bandung
Ingin lidah kamu bergoyang karena nikmati kesedapan makanan khas Jawa Barat? Coba mie kocok, salah satunya kulineran ciri khas Nusantara yang pas dikonsumsi dalam bermacam situasi. 

Mie kocok sebagai kulineran lintasi angkatan sebab bisa dicicipi oleh siapa saja, baik beberapa anak sampai orangtua. 

Walau penjualnya diketemukan di beberapa wilayah, rupanya mie kocok berawal dari Bandung, Jawa Barat.

Mie kocok memakai bahan baku mie telor. Mie tipe ini gampang ditemui di pasar tradisional atau supermarket. 

Meskipun begitu, pebisnis warung mie kocok lebih senang membuat mie sendiri daripada beli yang telah jadi. 

Selain di rasa tambah murah, ini pasti untuk menjaga cita-rasa khas yang dipunyai pebisnis yang buka warung mie kocok itu.

Selainnya mie telor sebagai bahan intinya, makanan khas Jawa Barat ini memakai beberapa bahan lain seperti sayur sawi dan tauge, daging, bakso, daun bawang, dan bawang goreng.

6. Peuyeum, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Peuyeum
Berikut salah satunya makanan khas Jawa Barat yang demikian identik dengan Kota Kembang, Bandung. 

Bukan sekedar tape singkong, peuyeum sebagai tape dengan kandungan air yang lebih sedikit, yang membuat dapat bertahan lebih lama.

Serunya, peuyeum menjadi makanan khas Jawa Barat yang dikonsumsi langsung, atau jadi bahan dasar untuk olahan cemilan kegemaran kamu. 

Banyak tempat untuk dapat memperoleh peuyeum. Referensi kami, langsung ke sentranya di Dusun Citatah.

7. Gepuk, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Gepuk, Makanan Khas Jawa Barat
Gepuk ialah makanan khas sunda atau makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari daging sapi,berasa sedikit manis dan renyah. 

Umumnya gepuk dibikin dengan daging sapi yang diiris-iris sejalan dengan serat daging dan direbus 1/2 masak, selanjutnya di jam pukul sampai cukup empuk.

Daging yang telah empuk dipendam di dalam bumbu yang digabung dengan santan, selanjutnya direbus kembali sampai air santan berkurang. 

Bila ingin dihidangkan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak sampai kecokelatan dan angkat. Gepuk semakin lebih nikmat di makan dengan nasi hangat dan sambal.

8. Cuanki, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Cuanki
Bila Malang populer dengan baksonya, Bandung terkenal dengan cuanki. Salah satunya makanan khas Jawa Barat dari Bandung ini memang jadi salah satunya buruan praktisi rekreasi kulineran tiap bertandang ke Kota Kembang.

Tetapi, apa kamu mengerti berbeda cuanki Bandung dan bakso Malang? Walau kelihatan sama, banyak ketidaksamaan yang dapat dicicipi, dimulai dari isinya yang bermacam di setiap porsinya, rasa kuah yang berbeda sampai langkah penyuguhannya. 

Apa saja itu, cuanki atau bakso, penikmatnya akan dimanjakan dengan rasa sensasi yang sedap-sedap maknyuss!

Tetapi, dengan adanya banyak penjual cuanki seantero Bandung, diperlukan ketelitian dan penelitian yang pas untuk dapat mendapati rasa sensasi terbaik.

9. Lotek, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Lotek
Lotek sebagai olahan dari beberapa macam sayur yang diurap dengan bumbu kacang dan asli dari Bandung dan daratan Sunda.

Sepintas memang serupa dengan gado-gado-nya Jakarta, pecel, dan karedok, meskipun keseluruhnya punyai ketidaksamaan yang gampang diperbedakan.

Ciri-ciri khusus dari lotek ialah mempunyai wewangian kencur yang semakin terasa dan pemakaian bumbunya bersatu dengan kentang lembut rebus.

Langkah makannya seringkali dikonsumsi bersama-sama dengan lontong dan ketupat bahkan juga nasi plus tambahan krupuk dan bawang goreng.

Dalam pengerjaan lotek, pembikin tak perlu ribet saat menentukan bahan, hanya karena dibutuhkan sayur-sayur seperti kangkung, kacang panjang, labu siam, kentang, toge, nangka muda, dan kol.

Lalu disiapkan juga bahan untuk bikin bumbu lembutnya, seperti gula merah, kacang tanah, air asam, dan tentunya ialah kentang.

Sesudah bumbu kacang usai dibikin, dan sayur sudah usai direbus, ke-2 nya dapat dikombinasi jadi satu dengan diurap-urap sampai bumbu rata ke sayur.

Makanan khas Jawa Barat yang kaya serat ini akan gampang dijumpai di Bandung, terutamanya di beberapa warung tepi jalan.

10. Soto Bandung, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Soto Bandung
Makanan Khas bernama soto telah menempel di hati beberapa pencinta kulineran, ini disebabkan karena melimpahnya olahan soto dari bermacam wilayah. Salah satunnya ialah di kota Bandung yang mempunyai makanan soto bandung. 

Apa yang membuat berlainan dari soto-soto lain di luaran sana?

Pasti karena kuahnya lebih bening dan dibikin tanpa memakai santan. Sedang untuk isinya, seperti suwiran daging ialah yang tersering berada di soto lain.Tetapi, bukan hanya suwiran daging saja, karena kacang kedelai goreng dan lobak masuk juga ke dalamnya.

Untuk topping ada daun bawang, potongan seledri, dan bawang goreng sering ditaburkan di atasnya, hingga menambahkan nikmat nasi sebagi makanan intinya. 

Rasa kuahnya demikian renyah, ingat pemakaian kaldunya yang menggunakan kaldu dari rempah-rempah berkualitas.

Sedang dagingnya akan sangat terasa empuk, karena diproses lumayan lama dan daging sapi ialah tipe daging yang umum digunakan. 

Untuk memperolehnya lumayan gampang, karena di dalam rumah makan khas sunda atau beberapa warung sering menawarkannya, terhitung di luar Bandung, seperti Jabodetabek.

11. Kupat Tahu Bandung, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Kupat Tahu Bandung
Kupat Tahu Bandung ialah jajanan khas Bandung yang umum dihidangkan di saat makan pagi. Kupat tahu mempunyai keserupaan dengan ketoprak yang umum kamu cicipi di Jakarta. 

Makanan khas Jawa Barat ini dikenal juga di Magelang, tetapi versus kota ini umumnya dihidangkan dengan kol dan kuah gula merah. 

Kuah ini diolah bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, lengkuas dan kacang goreng.

Sama berselimut bumbu kacang, tetapi bumbu kacang kupat tahu Bandung orisinal memiliki kandungan kencur dan santan, hingga bumbu kacang lebih beraroma serta lebih encer daripada bumbu kacang yang ada di ketoprak. 

Karena tiba dari wilayah yang lain, bahan pada menu makan pagi terkenal ini memakai bahan khas setempat yang membuat rasanya jadi unik. Misalkan untuk pemakaian tahu Bandung dan kecap manis.

12 Ulukutek Leunca, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Ulukutek Leunca
Sesuai namanya, ulukutek leunca, bahan pembikinanyya ialah leunca (ranti) yang diolah bersama-sama dengan sambal oncom.

Pembikinannya termasuk gampang, karena sesudah leunca ditumis seterusnya akan dikasih oncom lembut yang sudah diolah dengan bumbu lembut.

Rasanya sangat enak, dan karena seringkali disajikan plus tambahan cabe rawit di sekitarnya, ulukutek leunca mempunyai rasa pedas.

Meskipun leunca mempunyai rasa pahit, tetapi bila sudah dibuat jadi makanan khas Jawa barat ini, rasanya pahitnya mulai menghilang, walaupun masih tetap ada.

Sebagian orang tidak senang dengan kulineran ini karena ada leunca, tetapi riset menjelaskan jika leunca mempunyai kandungan nutrisi yang cukup kompleks, dimulai dari vitamin A, protein, kalsium, kalori, dan vitamin B1 berada di sana.

Bahkan juga disebutkan sanggup perlambat perkembangan sel kanker, jadi benar-benar pas dikonsumis siapa.

Untuk memperolehnya termasuk gampang, ingat nyaris di tiap rumah makan sunda akan menyiapkannya sebagai menu makan.

Dari jumlahnya rumah makan yang menjualnya itu, jadi tanda-tanda tidak langsung jika ulukutek leunca mempunyai banyak pencinta.

Makanan Khas Jawa Barat dari Tasikmalaya

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Tasikmalaya
Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat rupanya benar-benar bermacam. Untuk orang Sunda, atau kamu yang kerap pulang daerah ke Tasik, kamu tentu tidak asing dengan beberapa makanannya. 

Makanan ciri khas Tasikmalaya memiliki ciri-ciri tertentu bila dibanding dengan beberapa makanan lain di wilayah Jawa. Beberapa beberapa makanan itu sering jadi oleh-olehan setelah dari Tasik.

Kota Tasikmalaya mempunyai panggilan sebagai mutiara dari Priangan Timur. Kota ini kerap jadi tujuan rekreasi yang banyak didatangi.

Salah satunya yang paling dicari saat liburan ke Tasik ialah kulinerannya. Karena di sini banyak makanan khas Jawa Barat dari Tasikmalaya yang dapat buat kamu lupa dengan diet yang kamu lalui.

Bila bicara masalah makanan khas Jawa Barat memanglah tidak ada selesainya. Dari sisi makanan yang unik, rasanya bisa juga buat penikmatnya suka.

Tidaklah aneh jika beberapa orang yang bawa makanan khas Jawa Barat ini sebagai oleh-olehan.

Apa lagi kalian yang dari luar Sunda kemungkinan tidak pernah coba bermacam makanan khas Jawa Barat, dari Tasikmalaya

1. Oleh Oleh Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Oleh Oleh Khas Tasikmalaya
Jika kamu bertandang ke wilayah Tasikmalaya, tidak komplet pulang tanpa oleh-oleh. Kota yang dikenali dengan bermacam kerajinan tangannya ini tentu saja akan membuat Kamu berpikiran untuk beli tas, sepatu, atau macam kerajinan tangannya.

Tetapi, siapa kira kota ini simpan bermacam kulineran bagus yang menjadi oleh-olehan Kamu

Cari oleh oleh khas Tasikmalaya yang unik dan khas bukan lah hal yang sulit saat Kamu bertandang ke kota Tasikmalaya. 

Masalahnya kamu akan mendapati bermacam makanan khas Jawa Barat dari Tasikmalaya dan oleh olehnya yang lucu, di mana dapat buat kamu menjadikan oleh-oleh khas Tasikmalaya saat berekreasi ke sini

2. Jajanan Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Jajanan Khas Tasikmalaya
Pada kali ini kita akan membahsan mengenasi Jajanan khas Tasikmalaya, seperti yang kita tahu bahwa Tasikmalaya memiliki julukan 'Mutiara dari Priangan Timut'. 

Tentunya dong Tasikmalaya memiliki beragam kuliner jajanan khas Tasikmalaya.

Jangan lupa ketika kamu berkunjung ke Tasikmalaya untuk mencicipi makanan khas nya khususnya kamu yang diluar jawa barat. 

Memang makanan khas Jawa Barat itu banyak sekali dari berbagai daerah tetapi alangkah baiknya ketika kamu berada di Tasikmalaya, jangan lupa mencicipi makanan khas Jawa Barat dari Tasikmalaya ini ya..

3. Minuman Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Minuman Khas Tasikmalaya
Bertandang ke sebuah kota yang ada di Indonesia, tidak komplet rasa-rasanya bila tidak berusaha untuk mencicip salah satunya minuman khas Tasikmalaya favorite yang ada di wilayah itu. 

Karena itu, saat kamu sedang bertandang ke Tasikmalaya, kamu juga jangan melewati beberapa minuman khas Tasikmalaya yang ada di wilayah ini.

Dan Usaha minuman termasuk cukuplah janjikan sekarang ini, hal itu juga jadi kesempatan untuk beberapa orang untuk buka usaha minuman. Mulai dari yang bergerak secara pribadi sampai waralaba.

Minuman dingin dan terasa benar-benar sangat nikmat di seruput siang hari saat terik matahari.

4. Nasi Cikur, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Nasi Cikur, Makanan Khas Jawa Barat
Salah satunya makanan khas Jawa barat ini yang dapat kamu icip-icip ialah nasi Cikur.

kelihatannya cukup aneh dan lucu, ya? Tetapi saat sebelum cobanya, kamu tidak akan mengetahui seperti apakah kesedapan kulineran yang ini.

Dengan bahasa Sunda, nasi Cikur maknanya nasi yang dibikin dari kencur. Umumnya menggunakan bumbu kencur muda atau yang bertunas dengan umbi yang berwarna masih putih.

Berikut yang dapat membuat nasi Cikur mempunyai rasa lebih gurih meskipun sedikit getir dan wewangiannya lebih wangi.

Proses pembuatan nasi Cikur sendiri serupa nasi goreng yang penting bumbu tambahan. Seperti bawang putih, bawang merah, terasi goreng, garam dan kencur muda.

Bahan yang lain terbagi dalam nasi putih, minyak sayur, dan cabe merah besar yang dilumatkan. Untuk membuat, bumbu lembut dan cabe ditumis bersama minyak sayur sampai harum. 

Masukan nasi lalu aduk sampai rata. Tambah garam dan potongan cabe rawit bila senang. Nasi cikurpun siap disajikan.

Supaya semakin nikmat, nasi cikur umumnya dicicipi dengan macam lauk seperti telur dadar, suwiran daging ayam, tahu goreng, serundeng, acar wortel, dan keripik tempe. 

Ada pula yang suka melahap nasi cikur dengan sambal goang yang pedas menusuk.

5. Soto Tasik, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Soto Tasik
Buat pecinta soto, coba yok masak soto tasik yang sedap dan nikmat. Sajian kuah kaldu ayam yang sedap ini pas buat makan siang Anda yang di dalam rumah saja.

Berlainan dengan yang lain, soto tasik memakai ayam daerah sebagai bahan intinya loh. Kuah nikmat diperlengkapi suwiran ayam daerah yang paling sedap dikonsumsi.

6. Kupat Tahu khas Tasik, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Kupat Tahu Khas Tasik
Makanan orang Sunda saat makan pagi umumnya berbentuk makanan buatan dari beras, misalnya bubur ayam, lontong sayur, maupun kupat tahu.

Salah satunya makanan untuk makan pagi yang populer dan jadi khas di Tasik ialah Kupat Tahu. Makanan khas Jawa Barat ini sangat sama dengan makan paginya orang Sunda.

Ini karena kupat tahu ini begitu nikmat untuk dikonsumsi pagi hari. Kupat tahu sebagai kombinasi di antara ketupat atau lontong dengan potongan tahu, potongan sayur tauge, dan disiram dengan kuah bumbu ciri khas yakni bumbu kacang.

Paling akhir, diberi dengan krupuk udang yang teksturnya gurih. Nikmat kan? Apa lagi ditambah dengan kecap atau sambal yang bakal menambahkan kepuasannya.

Disamping itu kadang ditambah lagi sauce supaya rasanya makin renyah. Kupat tahu yang terpopuler ialah kupat tahu Mengunreja yang berada di wilayah Singaparna.

Kupat tahu ini benar-benar populer dan telah menjadi legenda karena telah dirintis semenjak 1955. Salah satunya yang unik dan jadi factor kesedapan dari kupat tahu Mangunreja ini berada pada bumbunya.

Bumbu kacang yang dibikin tidak diolah dengan memakai kompor, tetapi tungku kayu bakar. Hingga rasanya benar-benar unik dan orisinal dengan wewangian wangi yang memikat.

Dari proses khas ini hasilkan sebuah cita-rasa kupat tahu yang nikmat dan banyak dicintai oleh beberapa orang bahkan juga sampai yang bukanlah orang sunda akan senang.

7. Nasi Tutug Oncom, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Nasi Tutug Oncom
Makanan Khas Jawa Barat dari Tasikmalaya ini Nasi Tutug Oncom sebagai salah satunya kulineran indonesia berbentuk nasi hangat digabung dengan oncom bakar. 

Kesedapan nasi tutug oncom, makanan khas Jawa Barat ini dihidangkan dengan sedikit bawang goreng, potongan telur dadar, sambal terasi, lahapan, dan ikan asin goreng.

semenjak 1940-an nasi tutug oncom telah dihidangkan sebagai rekan makan pagi. Awalannya, kata Adang, oncom itu cuman dibakar dan ditambahkan garam, tanpa dibumbui beberapa macam.

Oncom bakar itu lalu jadi rekan makan nasi. Dihidangkan dengan teh tanpa gula, oncom bakar umumnya dikonsumsi saat pagi hari sebagai rekan makan pagi. Orang Sunda zaman dahulu, walau punyai piaraan ayam atau ikan, tak pernah makan hewan piaraan itu. Hewan-hewan itu baru dipotong saat Lebaran datang. Rutinitas suku Sunda itu membuat oncom seakan jadi makanan harus. Dapat ditegaskan, pada jaman dulu nyaris tiap rumah mempunyai rutinitas mengolah nasi tutug oncom.

8. Bubur Tasik, Makanan Khas Jawa Barat 

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Bubur Tasik
Bubur ialah kulineran yang telah populer dimana saja. Tapi tentu tiap wilayah punyai bubur ciri khas tersendiri Begitupun dengan Tasikmalaya yang punyai bubur ciri khas tertentu yang sedikit berlainan dengan bubur yang lain.

Sesungguhnya bahan baku yang digunakan sama dengan bubur yang secara umum. Tapi bedanya ialah di bagian toppingnya. 

Jika biasanya bubur cuman menggunakan sedikit toping, tapi bubur Tasik ini penuh sekali dengan toping . Maka bagus sekali untuk disaksikan.

Dari sisi menarik, tentunya bubur Tasik punyai rasa yang sedap. Biasanya toping yang digunakan ialah suwiran ayam daerah komplet dengan hati ayam. 

Tetapi ada pula yang menambah toping bahan lain seperti daun bawang, cakwe dan lain-lain.

9. Mie Bakso Babat, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Mie Bakso Babat
Mie bakso bisa dijumpai di beberapa tempat kulineran. Namun, mie bakso babat khas Tasikmalaya ini spesial. Selainnya struktur mienya yang halus dan mulur, topping babatnya kenyal dan nikmat.

Tidaklah aneh bila mie bakso babat ini jadi salah satunya makanan tradisionil ciri khas Tasikmalaya yang paling sedap. 

Di Tasikmalaya, mie bakso babat benar-benar gampang diketemukan. Kalian dapat membeli di penjual kulineran di tepi jalan atau di restaurant.

Menu makanan khas Jawa Barat dari tasikmalaya ini kerap jadi menu unggulan. Apa rahasia racikannya? Mie, bakso, dan kuah kaldu yang rasanya renyah dan fresh.

Apa sebagai keunikan dari mie bakso babat Tasikmalaya ini? Diantaranya ialah mie yang berwarna putih. Memiliki bentuk ada yang tipis, ada pula yang gepeng lebar. 

Ada beberapa penjual yang menghasilkan mie sendiri. Bahan intinya ialah tepung terigu dan telur. Struktur mienya yang halus dan mulur membuat makin sedap.

Untuk permasalahan topping, ada banyak opsi. Misalkan ialah pangsit atau ceker. Tetapi babat masih jadi topping paling khusus, yakni babat jarit hitam. 

Babat itu direbus sampai wewangiannya tidak anyir dan berasa kenyal dan nikmat. Warna hitam pada babat memanglah tidak di hilangkan supaya masih tetap renyah. Coba diseruput bertepatan dengan mie dan kuah.

Makanan Khas Jawa Barat dari Cirebon

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Cirebon
Tiap negara mempunyai keberagaman budaya yang berbeda dengan karakter dan ciri-ciri uniknya semasing. 

Begitupun dengan tipe makanan pada sebuah negara, di mana tiap negara mempunyai cita-rasa khas tertentu. 

Bahkan juga seringkali beberapa makanan itu sukses go-international karena mempunyai cita-rasa yang nikmat dan sedap.

Di Indonesia, selainnya dikenali mempunyai kekayaan macam budaya, kerap dikatakan sebagai surganya kulineran. 

Pasalnya bermacam jenis olahan menu makanan khas Daerah Indonesia dari Sabang sampai Merauke ada di Negara Kepulauan ini. 

Tidaklah aneh bila beberapa makanan nusantara populer sampai ke luar negeri karena cita-rasanya yang sedap dan mengunggah hasrat.

Salah satunya wilayah di Indonesia yang dikenali mempunyai bermacam kulineran sedap ialah Kota Cirebon. Tidak cuman empal gentong, tetapi Kota Cirebon mempunyai banyak makanan khas CIrebon yang mengunggah hasrat

Ada di pesisir utara pulau Jawa, Cirebon sebagai salah satunya kota di Propinsi Jawa Barat yang dilewati lajur Pantura. 

Cirebon populer akan kekhasan budaya yang dipunyainya. Disamping itu, bertandang ke Cirebon memberikanmu peluang untuk mencicip bermacam makanan khas Jawa Barat dari Cirebon dengan cita-rasa unik dan menarik.

1. Jajanan Khas Cirebon

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Jajanan Khas Cirebon
Makanan khas Jawa Barat dari Cirebon yang terpopuler ialah empal gentong dan nasi jamblang. Kesedapan empal gentong sudah populer di semua Nusantara. 

Tetapi, tahukah Anda jika bukan empal gentong saja yang populer di Cirebon? Ada beberapa jajan yang harus Anda coba saat bertandang ke Cirebon.

Rekreasi makanan khas Jawa Barat di Cirebon memang menyenangkan. Di kota ini ada beberapa jajan yang paling sedap. Belum makan menu intinya saja telah kenyang karena mencicip semua jajanan khas Cirebon yang ada di kota ini.

2. Empal Gentong Khas Cirebon, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Empal Gentong Khas Cirebon
Salah satunya makanan khas Cirebon ialah empal gentong. Kulineran khas daging sapi ini sebagai kulineran harus dan jadi sehari-harinya masyarakat Cirebon Jawa Barat. 

Tidak cuman gerai tepi jalan atau kios rumah makan, empal gentong Cirebon dipasarkan oleh pedagang keliling, yang menjadikan identitas kulineran Cirebon sepanjang beberapa puluh tahun.

Berbahan khusus daging sapi, baiknya makanan khas Jawa Barat ini dihidangkan dengan krupuk kulit sapi, diberi daun kucai, daun bawang, bawang goreng dan sedikit seledri kering. 

Konsumen harus pilih mengkonsumsinya dengan lontong atau nasi putih agar dapat rasakan cita-rasa empal gentong yang sebenarnya.

3. Docang, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Docang
Tidak banyak yang mengetahui jika Cirebon mempunyai satu kulineran spesial dengan cerita asal mula yang unik. Namanya docang!

Sepintas, makanan khas Jawa Barat yang ini serupa sekali lontong sayur. Dengan kuah santan kemerahan, kamu dapat nikmati lontong, toge, daun singkong dan oncom pada sebuah piring.

Rasanya memang tidak terlampau pedas. Tapi rasa fresh masih tetap muncul di lidah karena memakai kuah dage yang panas. Semakin komplet bila ditambahkan remasan krupuk putih atau kulit sebagai topping-nya.

Terhitung kulineran kaki lima, kamu dapat nikmati sepiring docang hangat di beberapa tempat keramaian. Seperti pada alun-alun Cirebon

Masalah harga, tidak perlu dikuatirkan kembali. Pas dihidangkan untuk makan pagi pagi, docang dapat kamu cicipi dengan anggaran Rp 10 ribu saja. Tertarik coba? Yok jalan jalan ke Cirebon!

4. Nasi Lengko, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Nasi Lengko
Memburu makanan khas Sunda, nasi lengko jadi salah satunya yang tidak dapat dilewati demikian saja. Nasi lengko sebagai makanan khas Jawa Barat dari Cirebon yang banyak juga disukai sebagai menu berbuka puasa saat Ramadhan.

Keunikan makanan khas Jawa Barat ini, umumnya dihidangkan dengan tempe, tempe goreng, tahu goreng, ketimun, tauge, daun kucai, bumbu kacang sampai kecap manis yang encer.

5. Nasi Jamblang, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Nasi Jamblang
Bila Kamu sedang bertandang atau lewat Cirebon, rehatlah sesaat untuk nikmati sega jamblang atau nasi jamblang, salah satunya kulineran ciri khas kota berjulukan Kota Udang ini.

Berpenampilan masakan rumahan dengan penyuguhan prasmanan layaknya menu prasmanan khas sunda, nasi jamblang tawarkan minimal 40 tipe lauk-pauk yang dihidangkan di atas meja. kamu bebas ambil sesuai dengan selera. 

Keunikan yang lain, nasi dibuntel dengan daun jati. Pemakaian daun hasilkan rasa renyah dan wewangian lezat. Disamping itu, meredam nasi tidak gampang basi.

6. Empal Asam, Makanan Khas Jawa Barat

Untuk kamu pencinta empal gentong, tapi takut dengan cholesterol. Tidak boleh cemas, Cirebon masih mempunyai kulineran sejenis yang serupa sedapnya, tetapi tanpa santann Adalah empal asam, Makanan khas Jawa Barat yang serupa dengan bahan dasar daging sapi ini mempunyai keunikan rasa asam bersatu gurihnya rempah

Sesuai namanya, empal asam ini demikian fresh saat kuahnya disruput. Tetapi, asam yang dirasa condong enteng tidak seperti sayur asam. 

Kemungkinan ini karena asam yang dibuat dari belimbing wuluh, bukan asam jawa, rempah yang masih tetap membalut rasanya.

7. Mie Koclok, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Mie Koclok
Mie Koclok kemungkinan cuma satu diantara sebegitu banyak makanan khas Jawa Barat dari Cirebon. Tetapi antiknya, Mie Koclok mempunyai keserupaan tertentu Mie Celor walau berlainan pulau sama yang satu itu. 

Dengan semua keunggulannya ini, sajian ini harus kita coba dan masak sendiri di dalam rumah, terkhusus untuk yang belum pernah coba awalnya.

Meskipun kalah pamor dibanding Tahu Gejrot atau Nasi Jamblang, Mie Koclok mempunyai cita-rasa yang paling lengkap. 

Dengan bekal kaldu ayam dan santan kental yang lekoh rasanya, mie basah diolah bersama sayur dan terhidang bersama suwiran ayam dan telur rebus. 

Memikirkannya saja benar-benar nikmat, apa lagi saat kita melahapnya!

8. Sate Kalong, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Sate Kalong
Walau namanya "sate kalong", kamu tidak perlu cemas masalah asal mula daging sate ini, karena bahan bakunya tidak memiliki kandungan daging kelelawar sama sekalipun. 

Penjualnya menyebutkan hidangan ini sebagai sate kalong karena rumah makannya cuman dibuka di waktu malam hari sampai pagi hari, sama seperti langkah kalong berkeliaran

Sate kalong rasanya renyah dan sedikit manis, hampir sama rasa seperti daging dendeng. Kombinasi daging kerbau dan sapi membuat makanan khas Jawa Barat ini mempunyai cita-rasa yang orisinal. 

Proses membuat sate kalong termasuk panjang. Daging kerbau dan daging sapi yang mentah direbus lebih dulu sampai empuk, selanjutnya diberi bumbu rahasia. Selanjutnya sate di celupkan ke larutan gula merah baru selanjutnya dibakar.

9. Pedesan Entog, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Pedesan Entog
Pedesan entok adalah makanan khas Jawa Barat dari Cirebon yang umumnya di makan bersama nasi hangat. Komunitas entok banyak di Cirebon, dan dahulunya entok ialah daging yang umum dikonsumsi oleh beberapa petani di saat makan siang.

Untuk temani kamu melahap pedesan entok, Lebih nikmat dengan es degan yang digabungkan dengan sirup Tjampolay ciri khas Cirebon. Rasa fresh dari es degan akan menolong hilangkan rasa pedas saat melahap pedesan entok.

Untuk harga cukup dapat dijangkau kok foodys, untuk 1 porsi pedesan entok, kalian perlu merogoh kantong sejumlah Rp 30 ribu saja, dengan daging entok berkualitas dan rasa yang sedap, harga yang dijajakan cukup terjangkau. 

Maka, jika bertandang ke Cirebon, janganlah lupa untuk mencicip makanan legendaris yang ini ya!

Makanan Khas Jawa Barat dari Sumedang

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Sumedang
Sejauh ini jika disebut makanan khas Sumedang kita tentu terus terpikir tahu. Memanglah tidak salah karena kepopuleran tahu sumedang telah menyebar ke semua penjuru Pulau Jawa bahkan juga nusantara.

Makanan khas Jawa Barat dari Sumedang itu menjadi satu diantara kekayaan nusantara yang membuat orang suka karena rasanya yang nikmat dan renyah.

Walau sebenarnya Sumedang tidak cuma punyai tahu saja sebagai makanan uniknya yang membuat orang jatuh hati.

Ada banyak lagi jenis dan tipe makanan khas Sumedang yang bakal membuat lidah bergoyang dan suka.

Jika sejauh ini Kamu baru mengenali tahu saja sebagai makanan khas Jawa Barat dari Sumedang seharusnya coba makanan yang lain saat ada di sana.

Ada banyak opsi makanan khas Sumedang selain tahu yang dapat Kamu cicip saat sedang bertandang ke kabupaten di Jawa Barat itu.

apa saja sichh? Mari kita ulas

1. Tahu Sumedang, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Tahu Sumedang
Tahu ini ialah makanan khas Sumedang yang terpopuler dan harus ditempatkan ke daftar kulineran kamu.

Siapa sich yang tidak mengenal tahu? Yaps, memang tahu ialah makanan khas Jawa Barat favorite orang Indonesia, hingga nyaris di tiap wilayah mempunyai produk tahu tertentu, terhitung Sumedang.

Tahu Sumedang ini sangat populer dengan rasanya yang renyah, halus, dan krenyes saat digigit.

Ada beberapa langkah untuk nikmati tahu Sumedang ini, yakni dapat langsung dimakan, selanjutnya langsung dimakan dan didampingi cabai rawit atau dapat didampingi lontong, juga bisa sebagai bahan tambahan untuk olahan masakan tertentu. mmmm Maknyusss ma bro!

2. Soto Bongko, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Soto Bongko
Indonesia terhitung salah satunya negara dengan kekayaan kulineran yang mempesona. Karena sangat kayanya sering makanan yang dari wilayah yang lain mempunyai nama yang serupa seperti soto misalkan.

Kamu mengenali soto banjar, soto kudus, soto lamongan, soto betawi dan ada banyak kembali. Nach, di Sumedang ada juga soto yang disebut makanan ciri khas yakni soto bongko.

Apakah beda soto bongko dengan soto yang lain di Indonesia? Kekhasan dari soto bongko ialah cara menyantapnya yang memakai lontong bukan nasi seperti biasanya.

Isinya sedikit berlainan yakni tauge rebus, tahu sumedang yang dipotongi selanjutnya disiram kuah kari dan diberi bawang goreng.

Kamu dapat melahap makanan khas Jawa Barat ini bersama emping.

Menurut info soto bongko paling enak dapat Kamu peroleh di Alun-alun Sumedang dan di Pasar Sumedang.

3. Ubi Cilembu Sumedang, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Ubi Cilembu Sumedang
Memang saat ini ubi cilembu dapat dijumpai di supermarket di luar wilayah Sumedang tapi tidak mengubah fakta asal makanan khas Jawa Barat itu.

Kamu masih tetap dapat mengantarnya sebagai oleh oleh khas Sumedang untuk dibagi pada keluarga atau tetangga.

Ubi yang mempunyai struktur lebih halus dari tipe yang lain itu mempunyai rasa yang manis seakan ada madu didalamnya.

Mengantarnya langsung dari Sumedang sebagai oleh-olehan tentunya akan mempunyai kesan yang lain dibanding membeli di supermarket.

Kamu dapat memutuskan untuk beli yang mentah atau yang masak tinggal makan saja. Tapi karena proses pematangan ubi cilembu memerlukan waktu lumayan lama seharusnya membeli yang masak saja.

Orang Jawa Barat khususnya wilayah Sumedang dan Bandung biasa jadikan ubi cilembu sebagai rekan minum kopi atau bandrek.

Makanan khas Jawa barat ini benar-benar pas dikonsumsi di sore hari apa lagi saat hujan sedang turun.

4. Sawo, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Sawo
Makanan khas Jawa Barat dari Sumedang yang lain yang berbentuk buah dan dapat Kamu membawa sebagai oleh-olehan ialah sawo citali. Apa lagi buah sawo sekarang ini telah makin sangat jarang.

Buah sawo itu berawal dari wilayah Dusun Sukatali di Kecamatan Situraja, Sumedang.

Buah sawo citali mempunyai wujud yang lain dari sawo secara umum dan rasanya benar-benar manis.

Disamping itu keunggulan pada sawo citali ialah dagingnya yang berteksur halus saat di mulut. Supaya bisa rasakan sawo yang nikmat Kamu harus tahu bagaimanakah cara pilihnya.

Tentukan sawo dengan warna cokelat tua dan kulitnya mulus. Ke-2 pertanda itu bisa jadi dasar jika makanan khas Sumedang berkualitas bagus. Satu lagi pertanda yakni buah sawo tidak mempunyai banyak getah.

5. Kadedemes, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Kadedemes
Seterusnya ada makanan yang namanya kadedemes. Menariknya makanan itu dibikin dari kulit singkong sisi dalam.

Hidangan kulineran Sumedang ini sayang sekali jika dilewati. Dapat disebutkan kadememes sebagai makanan ciri khas Sumedang yang anti mainstream.

Kulit dalam dari singkong atau ketela diolah dengan dioseng memakai bumbu spesial. Hasilnya ialah olahan sayur yang rasanya akan mengguncangkan lidah.

Di mana kembali Kamu dapat mendapati sayur nikmat yang dibikin dari kulit singkong atau ketela selain di Sumedang? Inilah alasan mengapa kamu harus cobanya.

6. Emplod, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Emplod
Apa kamu pernah dengar makanan khas Jawa Barat bernama Emplod? Yaps, lumrah saja bila belum, karena makanan khas Sumedang yang ini tidak demikian populer.

Tetapi, di sini kita akan membahas atau memperkenalkan bermacam makanan Indonesia termasuk ialah Emplod ciri khas Sumedang ini.

Emplod Sumedang ini terhitung salah satunya camilan yang nikmat dan renyah. Dibuat dari kombinasi singkong, garam, kelapa, dan minyak goreng.

Dapat kamu coba langsung nih bila kamu ingin tahu, dan juga bisa jadi sebagai oleh-olehan ciri khas Sumedang.

Makanan Khas Jawa Barat dari Bogor

Saat di bogor, makanan khas apa saja nih yang ingin kamu coba. Ada beberapa lhoo makanan khas bogor di sini, yok baca info di bawah ini.

Bogor adalah kota yang paling populer. Kota ini kerap disebutkan dengan kota hujan. Banyak pelancong yang tiba ke bogor untuk nikmati keelokan dan kesejukan udara.

Ada banyak posisi bagus yang ditawari oleh kota ini hingga tiap saat liburan datang kota bogor akan dipenuhi dengan beberapa pelancong baik local atau di luar wilayah.

Bila ditanyakan tentang yang sama dengan makanan khas Jawa Barat dari Bogor, jawaban kamu kemungkinan ialah asinan Bogor. Wajar karena kulineran ini demikian fantastis dalam dunia kulineran Indonesia.

Tetapi, pada kenyataannya, makanan khasJawa Barat ini variannya benar-benar fantastis. Sebagian besar rasa ada, dari yang renyah, manis, pedas, asam sampai asin, yang jadikan kulineran di Bogor pantas masuk ke gagasan rekreasi selanjutnya.

Berminat untuk coba dan mencicip makanan khas Bogor yang menyebar di kota ini? cek link diatas ya...

Makanan Khas Jawa barat dari Majalengka

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Majalengka
Liburan ke Majalengka kurang komplet tanpa nikmati makanan uniknya yang populer mengunggah hasrat. Jejeran kuliner berasa manis sampai pedas pantas untuk Anda coba.

Majalengka simpan daya tarik tujuan rekreasi alam yang memikat buat didatangi saat berlibur. Jalan jalan ke Kota Angin, janganlah lupa untuk mencicip bermacam makanan khas Majalengka yang sanggup menggoyang lidah. 

Di kota ini, ada banyak kudapan berasa manis, pedas, renyah, sampai asam yang pantas untuk dicoba.

Untuk ketahui keanekaragaman kulineran asli Majalengka, silahkan klik link diatas untuk referensi makanan khas Jawa Barat dari Majalengka yang populer sedap dan harus di coba.

1. Jajanan Khas Majalengka

Majalengka sebagai salah satunya kota arah rekreasi yang populer dengan makanan khas Majalengka dimulai dari jajanan khas majalengka sampai oleh oleh khas Majalengka.

Majalengka sudah makin maju dan banyak tempat rekreasi yang memikat buat didatangi. Disamping itu, beberapa tempat rekreasi di situ masih tetap asri dan jauh dari keramaian kota.

Kota Majalengka ini dinamai kota angan karena di situ udaranya masih sejuk dan beri kesegaran.

Tempat rekreasi yang berada di Majalengka cukup bermacam dan semua cukup hebat, sangat sayang bila dilewati.

2. Oleh Oleh Khas Majelengka

Majalengka mempunyai deretan oleh-oleh yang terkenal di kelompok pelancong. Tidaklah aneh oleh oleh khas dari Majalengka kerap dicari oleh beberapa orang dan cukup laku dipasaran.

Kota kecil kerap kali diabaikan, walau sebenarnya simpan keelokan mengagumkan yang jangan kamu terlewat. 

Dimulai dari tujuan rekreasi sampai oleh-olehan yang perlu dibawa pulang untuk famili atau sahabat. 

Majalengka menjadi salah satunya kota yang harus kamu incar untuk bawa oleh oleh khas Majalengka yang telah populer dan disukai pengunjung.

3. Pepes Beunteur, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Pepes Beunteur
Makanan khas Majalengka ini  ialah pepes beunteur. Pepes beunteur ini telah susah dijumpai. Terkecuali di sejumlah warung di perdesaan.

Beunteur sebagai ikan kecil-kecil yang umumnya berada di sungai. Nach, ikan ini dipepes dengan kombinasi rempah-rempah yang unik. Selanjutnya diceri dengan daun kemangi.

Hingga wewangiannya benar-benar ciri khas, jika kamu mengisap wewangiannya, ditanggung buat perut laper. Dan segera ingin melahapnya.

4. Pepes Jeroan, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Pepes Jeroan
Bila di wilayah Yogya kamu mendapati pepes belut, di Majalengka kamu akan mendapati pepes jeroan yang sedap tidak ada banding. Dalaman ini rasanya berlainan sekali dech, jika diolah dengan dipepes.

Untuk membikin makanan khas Jawa Barat dari Majalengka ini tidak jauh berbeda dari pepes-pepes yang lain. Tetapi bumbu yang dipakai tentu saja bumbu ciri khas yang tidak diketemukan di wilayah lain.

Berbau wangi pepesnya yang menguar saat baru masak, barang tentu wakili rasa. Benar-benar akan buat lidahmu menari-nari.

5. Lotek, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Lotek
Lotek sebagai salah satunya makanan khas Jawa Barat dari Majalengka yang banyak disukai masyarakat lokal atau pelancong yang tiba di luar kota. 

Dapat disebutkan, kulineran yang ini mempunyai nilai nutrisi tinggi yang bagus untuk kesehatan. Masalahnya Lotek dibuat dari bahan khusus sayur mayur fresh yang disiram dengan sambal kacang plus tambahan lontong di atasnya.

Untuk Kamu yang tertarik dan ingin mencicip Lotek, kulineran yang ini dapat diketemukan di tepi jalan Kota Majalengka. 

Dengan begitu, Kamu tidak perlu berkunjung kota atau wilayah tertentu cuman untuk nikmati Lotek ciri khas Majalengka ini. 

Bahkan juga, tiap jatah Lotek dibandrol pada harga yang paling ekonomis, yaitu sekitaran Rp. 10 ribuan saja.

Makanan Khas Jawa barat dari Subang

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa barat dari Subang
Makanan khas Subang berikut ini langka dan tidak bisa Kamu dapatkan di dareah lain.

Makanan khas Jawa Barat asli Subang memang mempunyai cita-rasa yang demikian unik dan susah diikuti oleh wilayah lain.

Jadi walau bukan terhitung kota rekreasi, ada banyak orang yang bersama-sama berkunjung Subang untuk berekreasi kulineran.

Jika kamu sedang bertandang ke wilayah Subang atau sekedar hanya singgah, janganlah lupa untuk berekreasi kulineran ya. Ditanggung, dengan keberagaman kulineran ciri khas Subang yang memikat lidah, Kamu tidak menyesal.

Nach, click link di atas ya.. referensi makanan khas Subang yang perlu Anda coba saat sedang bertandang ke situ.

Makanan Khas Jawa Barat dari Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa Barat dari Kuningan
Kota kecil yang mempunyai lambang kuda dengan kaki berdiri ini punyai banyak makanan khas Kuningan yang penting dicoba.

Ini karena ada bermacam makanan unik yang dapat membuat kamu dan pelancong yang lain ingin tahu. Kuningan tersebut sebagai kota kecil di Jawa Barat yang lingkungannya masih asri.

Itu kenapa banyak pelancong yang ingin liburan dan nikmati keelokan alam di situ. Walau daerahnya dekat sama Cirebon, tetapi udaranya tidak sepanas Cirebon, justru sejuk dan dingin.

Teritori atau daerah Kuningan terbagi dalam 32 kecamatan dengan bermacam jenis opsi kulineran yang unik dan bermacam.

Liburan ke Kuningan seperti lebih hebat ramai-ramai dengan rekan atau keluarga. Dengan demikian, keliling tempat rekreasi dan tempat makan jadi lebih asyik dan bisa menjadi peristiwa yang tidak terlewatkan.

Saat liburan, peristiwa paling hebat yang dinanti-nantikan ialah memburu makanan dan kulineran khas di kota tujuan rekreasi.

Nach, di Kuningan sendiri banyak kulineran ciri khas yang pantas untuk Kamu coba

Makanan Khas Jawa Barat dari Cianjur

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa barat dari Cianjur
Cianjur adalah daerah perkotaan di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat. Kota ini mempunyai udara sejuk dengan bermacam keelokan rekreasi alam yang terkenal sampai ke luar negeri, seperti wilayah sekitaran pucuk dan Cipanas. 

Tidak cuman populer sebagai gudangnya rekreasi alam, Cianjur sediakan surga kuliner yang tentu saja sedap dan menarik. 

Serupa dengan sajian khas dari Sukabumi, Cianjur punyai macam kulineran unik tidak kalah nikmat.

Makanan Khas Jawa Barat dari Indramayu

Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap!
Makanan Khas Jawa barat dari Indramayu
Untuk beberapa orang yang sempat berkunjung Kabupaten Indramayu tentunya pernah coba dengan buah mangga. 

Bila bertandang ke Indramayu belum mencicip buah mangga khas Indramayu rasanya belum komplet. Ya, itu salah satunya makanan khas Indramayu yang telah menjadi legenda. Selainnya mangga, ada pula bermacam jenis krupuk dan terasi.

Dua tipe makanan khas Jawa Barat itu yang ada selalu di kios-kios yang menawarkan oleh oleh khas Indramayu sepanjang jalan raya lohbener sampai ke Jatibarang. 

Dan bukan itu saja makanan khas Indramayu, bila kita susuri, Indramayu kaya tipe makanan khas yang saya yakin masih banyak beberapa orang yang belum cobanya.

Sekian dan Sukses.

 


Posting Komentar untuk "Makanan Khas Jawa Barat dari Berbagai Daerah, Lengkap! "