Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat

Q-Foodys, Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat - Jawa Barat khususnya sunda mempunyai banyak sekali jenis kuliner mulai dari minuman tradisional sunda hingga makanan khas sunda. Dan ada nihh makanan yang khas dari sunda yakni makanan khas sunda dari singkong.

Sunda tak luput dari pohon singkong karena banyak sekali masyarakat sunda yang menanam singkong karena selain sehat singkong dijadika olahan untuk pengganti nasi atau hanya untuk pengganjal perut atau juga untuk cemilan keluarga dirumah.Selain itu singkong juga mengandung karbohidrat sehingga mengenyangkan perut.

Dan sekarang yang akan kita bahas adalah makanan khas sunda dari singkong, mengapa sih makanan khas sunda banyak yang menggunakan bahan dasarnya dari singkong? Karena  singkong mudah ditemukan dan mudah sekali ditanam selain itu juga ini adalah warisan kuliner dari nenek moyang suku sunda, jadi engga ada salahnya bukan kita meneruskan apa yang di wariskan nenek moyang kita.

 Contohnya adalah Peuyeum atau yang sering disebut Tape makanan khas sunda ini adalah salah satu makanan khas sunda dari singkong yang difermentasi. 

Bukan itu saja masih banyak makanan-makanan khas sunda lainnya. Baik lah jika kalian penasaran langsung saja kita masuk ke pembahasan lets go...

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 

singkong sebagai salah satunya bahan makanan yang mempunyai cita-rasa mengunggah hasrat dan ciri khas. Ada beberapa makanan nikmat yang dapat dibikin dengan bahan dasar singkong. di Sunda singkong bisa juga dibuat jadi bermacam cemilan nikmat atau makanan khas. Apa aja itu? kamu penasaran bukan inilah

1. Peuyeum, Makanan Khas Sunda Dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Peuyeum atau Tape ini merupakan makanan khas sunda yang berbahan dasar dari singkong. Makanan ini cocok untuk cemilan kamu ketika kamu sedang bosan makanan ini lah solusinya karena rasanya yang asam dan di campur manis membuat peuyeum menjadi primadona ketika kamu mau yang asam-asam. 

Karena singkong mudah ditemukan alias mudah ditanam menjadikan para pengusaha membuat peuyeum atau tape singkong ini untuk memperoleh penghasilan. Banyak penjual peuyeum atau tape singkong ini di toko oleh-oleh makanan khas sunda yang harganya sekitar Rp 10-15 ribu.

2 . Combro, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Makanan Khas Sunda dari Singkong ini sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat sunda combro merupakan singkatan dari "Oncom Dijero" jika dalam bahasa Indonesia ialah Oncom di dalem. Ngomong-ngomong soal combro kamu sendiri tau enggak apa itu Oncom? Jadi oncom itu sejenis sambal kacang untuk menjadi pelengkap beberapa makanan yaa.. seperti combro ini. 

Dan combro ini sangat cocok disantap ketika masih hangat agar kerenyahan dari combro ini masih bisa dirasakan, enak deh pokoknya.. super duper wenak.

Ketika kamu kulineran ke Bandung, Tasik, Bogor pokoknya daerah sekitaran Jawa Barat tenang saja combro ini mudah dtemuka ko mulai dari pedagang-pedagang gorengan kaki 5 hingga resto-resto makanan khas sunda dan harganya pun pas dikantong ada yang Rp 1 ribu per biji ada yang Rp. 2 ribu per 3 biji.

3 . Putri Noong, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Makanan khas sunda yang ini dibikin berbahan dasar singkong, dan buah pisang. Di mana dalam penyuguhannya, kue ciri khas sunda ini dihidangkan dengan parutan kelapa dengan warna yang memikat.

Pada proses membuatnya, pisang diletakkan di bagian tengah dengan dibalut singkong yang telah diparut dan dikasih perwarna. Itu kenapa kue ini dinamakan " Putri Noong " yang memiliki arti " putri yang melihat ".

Biasanya Putri Noong ini dahulu banyak yang berjualan secara keliling dan untuk saat ini sudah jarang ditemukan penjual keliling mungkin untuk menemukan makanan khas sunda ini terdapat di resto-resto makanan khas sunda atau pasar tradisional dikota Bandung. 

Tekstur dari Kue Putri Noong yang cukup kenyal dan halus dan buah pisang yang empuk pasti membuat jadi gampang untuk dimakan. Ini yang menjadikan mempunyai banyak fans. Harga untuk sebuah Kue Putri Noong sekitar di antara 1 sampai 2 ribu rupiah saja.

4 . Misro, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Misro, Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Jika makanan khas sunda yang ini mirip dengan Combro, yang membandingkan hanya isian didalamnya. Jika Combro berisi oncom, sedang Misro berisi gula merah  yang nanti saat dipanaskan akan melted. 

Cocok untuk Kamu yang tidak menyukai rasa pedas, Kamu dapat mencicip misro dipasr-pasar tradisional dan biasanya terdapat penjual kaki lima yang menjual Misro sekaligus Combro. 

Nama " Misro " sendiri sebagai ringkasan dari " amis dijero " yang memiliki arti " manis di dalam ". Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini Misro memiliki banyak variasi isian seperti keju, cokelat, strowberry, dan lain-lain.. Harga bervariatif, dimulai dari Rp. 3.500 s/d Rp. 5.000.

5. Ongol-Ongol Singkong, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Ongol-Ongol, Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Perlu kamu ketahui, Ongol-Ongol sesungguhnya sebagai salah satunya cemilan tradisional khas sunda di Jawa Barat yang dibuat berbahan dasar tepung sagu, gula merah, kelapa, daun pandan, dan garam.

Tetapi pada perubahannya, tepung sagu dalam pembikin Ongol-Ongol itu dapat ditukar dengan tepung singkong atau parutan singkong, hingga jadi " Ongol-Ongol Singkong " ciri khas sunda. Ongol-ongol yang teksturnya empuk ini memiliki banyak penggemar. 

Ongol-Ongol Singkong menjadi salah satu inspirasi bila kamu memerlukan sebuah inspirasi untuk membuat kue saat akhir pekan. 

Kumpul dengan keluarga di dalam rumah sambil nikmati Ongol-Ongol Singkong ini. Rasanya nikmat manisnya berasa rasa kebersamaannya terasa memang the best dehh.. jika sesuatu hal dilakukan bersama.  Harga kue ini pun relatif terjangkau mulai dari Rp5.000 sampai Rp10.000.

6. Colenak, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Colenak, Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Colenak makanan khas sunda dari singkong ini dapat disebut sebagai revolusi dari peuyeum. Makanan ini dikenalkan pertama kalinya oleh Aki Murdi seputar tahun 1930an. Pemberian namanya sebagai kependekan dengan bahasa Sunda yang memiliki arti "dicocol enak".

Colenak Berasal/berbahan dasar dari peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar lalu disajikan dengan sauce dibuat dari lelehan gula merah digabung kelapa.

Seiring dengan waktu, ada beberapa variasi colenak yang ditingkatkan oleh beberapa pedagang. Diantaranya colenak Bogor. 

Di sini peuyeum yang telah dibakar dihidangkan dengan taburan inti (kombinasi kelapa parut dan gula merah yang diolah sampai cukup kering) dan disiram sauce santan dan banyak variasi-variasi Colenak lainnya di berbagai daerah Jawa Barat.

Untuk harga Colenak ini dibandrol dengan harga kisaran Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000 per porsinya.

7. Keripik Singkong, Makanan Khas Sunda dari Singkong

Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat
Keripik Singkong, Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat 
Keripik singkong sebagai camilan dari olahan singkong yang telah di jemur dan sesudah kering selanjutnya dimasak dan jadi keripik. 

Sesudah dimasak, selanjutnya keripik singkong ini digabung dengan cabai sebagai pendamping rasa atau banyal varian rasa lainnya seperti keju, jagung bakar, original dan lain sebaginya. Keripik singkong khas sunda ini banyak di dapatkan di beberapa wilayah di Indonesia dan kerap dijadikan sebagai oleh-olehan.

Ketika kamu pergi ke Jawa Barat jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Keripik Singkong ini dijamin deh.. bikin Kamu ketagihan. Untuk harga perbungkus nya dibandrol dengan harga Rp.15.000 s/d Rp. 25.000 tergantung bungkus kecil sedang dan besar.

Akhir Kata Saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf bila terdapat kata atau ucapan Saya yang menyinggung sobat-sobat. Baikk.. Semoga bermanfaat dan sukses see you...


 

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Sunda Dari Singkong yang Terpopuler di Jawa Barat "