Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan

Qfoodys, Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan - Banyak bermacam kue khas betawi di jakarta, dengan bermacam jenis tipe kue yang nikmat. 

Jakarta memang populer dengan budaya jakarta, di mana suku betawi ini telah ada lama secara turun-temurun tradisi betawi diturunkan. Dengan kekhasan tradisi dan budaya betawi pasti membuat kita ingin tahu, khususnya makanan ciri khas betawi telah populer sampai penjuru negeri.

Indonesia sebagai negara yang populer mempunyai bermacam kulineran. Tiap wilayah dan suku bangsa mempunyai kulineran yang unik, terhitung kue khas betawi yang kerap disajikan pada acara penting seperti nujuh bulan dan lamaran. 

Suku Betawi mempunyai beberapa kue tradisional yang unik. Beberapa salah satunya sedikit dikenali warga, bahkan juga ada yang nyaris musnah.

Kita ketahui bahwa Betawi itu suku asli dari Jakarta dan Jakarta adalah ibu kota dari Indonesia. Jakarta kota metropolitan ini sudah tidak diragukan lagi keramainya, ke indahannya. 

Kota yang banyak sekali gedung-gedung dan dipadati penduduk ini memiliki tempat wisata tersendiri dan pastinya dong memiliki makanan khas betawi nya atau salah satunya kue khas betawi ini.

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan

Untuk Kamu yang bertandang ke Jakarta, tidak boleh terlewat peluang berekreasi kulineran mencicip makanan khas Betawi. Orang Betawi rupanya bukan hanya pandai berbalas pantun, mereka pandai membuat bermacam kulineran yang sedap dan menggoyang lidah.

Tidaklah aneh bila makanan ciri khas Betawi banyak disukai oleh beberapa orang dari bermacam background. Penasaran bukan? baiklah berikut Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan:

1. Dongkal, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Dongkal, Kue Khas Betawi
Indonesia dikenal juga dengan kekayaan kulineran nusantara yang tidak kalah nikmat dengan kulineran luar negeri. Salah satunya kulineran tradisionil Indonesia ialah Kue Dongkal. Walau rasanya tidak kalah nikmat dengan makanan khas Betawi yang lain.

Tetapi, sayang Kue Dongkal kalah karisma. Karena mungkin penjual kue ini mulai sangat jarang di jumpai. Sekarang ini, sangat susah rasanya mendapati kue yang di Jawa Barat dikenali sebagai Dongkal ini di Jakarta dan disekelilingnya.

Di teritori tepian Jakarta, masihlah ada beberapa lokasi yang sediakan jajan dari beras ini. Beberapa salah satunya berada di Jalan Raya Cipayung, Jembatan Serong, Kecamatan Cipayung, Depok, dan teritori Sawanagan, Depok. 

Panganan ciri khas Betawi yang seperti tumpeng ini telah jarang-jarang kita jumpai serta ada beberapa orang yang tidak mengenali kue tradisionil ini. 

Kue Dongkal ialah jajanan dari Jakarta yang dibuat dari tepung beras, sagu, gula merah, dan atasnya diberi dengan parutan kelapa. Kue ini dibikin dengan yang tradisonal, yakni dengan dikukus memakai rias dan kerucut tumpeng.

Untuk harga kue Dongkal ini kisaran dibawah Rp. 50.000

2. Apem, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Apem, Kue Khas Betawi
Yapp mungkin kue khas betawi ini yakni kue Apem  sudah tidak asing lagi di telinga kalian Kue apem ini dibuat daei tepung beras yang didiamkan sepanjang malam, selanjutnya digabung dengan telur, santan, gula, sedikit garam dan tape.

Selanjutnya adonan itu dikukus. Makanan ini sebenarnya berawal dari India bernama Appam. Langkah penyuguhannya seteah dikukus dipotong kotak-kotak dan diberi kepala muda parut di atasnya. 

Untuk masyrakat Betawi Apem umumnya sebagai hantaran di saat Ramadhan atau Lebaran.

Kue apem gula merah mempunyai warna yang coklat. Disamping itu, kue ini terkenal dengan memiliki bentuk yang serupa seperti serabi. Bila kalian ingin cobanya, salah satunya tempatnya berada di Warung Kue Apem dan Sengkulun pada harga di bawah Rp. 10.000 per buahnya.

3. Jalabia, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Jalabia, Kue Khas Betawi
Kue Jalabiya atau umum disebutkan kue cincin karena memiliki bentuk seperti cincin sebagai kue khas betawi seperti donat. Kue ini biasa disajikan pada beberapa acara besar seperti acara dan lain-lain. Kue ini mempunyai cita-rasa manis karena memiliki bahan dasar gula merah

Memiliki bentuk agak berbeda dengan kue cincin atawa donat. Tetapi, jalabia manis sekali karena semua sisi luarnya diborehin (diberi) ama gula jawa yang dibiarin ampe kering seperti kue gemblong.

Jalabia biasa dibuat pakai tepung ketan poin, kelapa parut, garem, aer, ama gula jawa (gula merah).

harga kue khas betawi ini sekitar Rp. 3.000 - Rp. 5.000 dan ada juga yang dijual per pak nya yakni kisaran Rp. 20.000 - Rp. 30.000

4. Kue Cucur, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Kue Cucur, Kue Khas Betawi
Kue Cucur atau Cucur adalah makanan tradisional Indonesia jadi bisa diketemukan di beberapa wilayah di Indonesia, tapi khusus di wilayah Jakarta (Betawi). 

Makanan ini terhitung makanan tradisi, maknanya pada upacara-upacara tradisi budaya Betawi, cucur harus disajikan. Rasanya manis, renyah, empuk di tengah-tengah dan gurih pada bagian pinggirnya.

Kue cucur betawi bisa kita jumpai di pasar, tetapi saat ini sudah jarang-jarang terkikis oleh waktu. Makanan ini lebih banyak disukai oleh seluruh orang di tiap kelompok warga. S

elain rasanya yang nikmat, kue cucur terdapat banyak dipasaran pada harga yang cukup dapat dijangkau. Kue ini terhitung salah satunya kue dalam kelompok kelompok kue basah. Kue Khas Betawi ini terhitung makanan favorite yang kerap dihidangkan oleh tiap keluarga.

Untuk harga kue khas betawi ini kisaran Rp. 2.000 - Rp. 3.000 per buah nya.

5. Kue Pancong, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Kue Pancong, Kue Khas Betawi
Kabarnya Kue Khas Betawi  ini awalannya berawal dari Jakarta. Nach di sejumlah wilayah panggilan kue pancong ini berlainan, di Bandung kue ini disebutkan kue bandros, di Jawa tengah dan Jogja dikenali bernama serabi rangin atau gandos, dan di Bali dinamakan haluman.

Rasa kue pancong betul-betul buat suka loh, Millens. Paling cocok menikmatinya saat hangat-hangat baru masak, rasa gurihnya memikat sekali. Kulit luarnya yang crispy tetapi halus dan cukup creamy didalamnya.

Saat digigit, kue pancong yang 1/2 matang langsung lumer dimulut. Rasa adonannya tidak begitu manis, tetapi cukup legit dan bersatu prima plus tambahan topping di atasnya. Rasanya serupa seperti kue cubit 1/2 matang.

Jika yang tidak senang 1/2 matang dapat pesan pancong masak yang tidak kalah nikmat. Teksturnya empuk dan sedikit kenyal.

Kue khas betawi ini yang memiliki bentuk 1/2 lingkaran ini mulai jarang-jarang dijumpai, karena mungkin harga beberapa bahan yang mahal, sedang harga kue pancong sendiri masih termasuk murah.

Untuk harga kue khas betawi ini kisaran dibawah Rp. 50.000

6. Jongkong, Kue Khas Betawi

Kue khas Betawi yang ini rasanya manis sekalian renyah. Sekilas, bila Kamu menyaksikannya, makanan ini ibarat puding rasa pandan. Tapi, saat mencicipinya teksturnya lebih padat dan rasanya bukan hanya manis, tapi renyah.

Beberapa bahan untuk bikin kue khas Betawi yang telah sangat jarang ini juga tidak demikian susah. kamu cuman memerlukan tepung beras, tepung sagu, dan santan.

Sedikit info, makanan ini telah jarang berada di Jakarta. Walau sebenarnya, makanan ini kabarnya berperanan lengkapi meja sajian ketika orang Betawi melangsungkan upacara tradisi. 

Untuk Anda yang ingin mencicip makanan ini, Kamu dapat membeli lewat online di salah satunya produsen cemilan kue khas betawi

Untuk harga kue khas betawi ini kisaran dibawah Rp. 50.000 atau Rp. 6.000 - Rp. 10.000

7. Kue Abuk, Kue Khas Betawi

Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan
Kue Abuk, Kue Khas Betawi
Nach, kue ini juga aslinya rupanya dari Betawi. Bila Anda menyaksikannya, karena itu Kamu akan berbicara semacam ini, "Bukanlah itu kue putu, ya?" 

Betul. Pada dasarnya, kue ini serupa dengan kue putu. Cuman, memiliki bentuk yang lain. Kue abuk berupa kerucut dan dibuntel dengan daun pisang.

Rasanya, kue ini telah betul-betul susah ditemukan di Jakarta. Beberapa orang cuman mengenali kue putu, dan pada akhirnya kue ini kalah karisma. Menurut sejumlah sumber rasa dari kue abuk lebih nikmat karena tepung ketan dan parutan kelapanya lebih terasa.

8. Kelinca, Kue Khas Betawi

Kue kelinca sebagai sajian enteng yang sering ada di saat selamatan atau acara simpel, sepintas seperti dodol karena bahan pembikinnya yang hampir serupa.

Penyuguhan kue kelinca umumnya dilaksanakan saat hari raya lebaran.

Hal itu sebagai salah satunya adat turun-temurun dilapisan warga Betawi karena kue kelinca jadi salah satunya sajian khusus.

Akhir kata kita harus melestarikan makanan-makanan tradisional atau kue tradisional ini karena makanan-makanan ini sebagian ada yang hampir hilang maka dari itu apa salahnya dan hanya kitalah yang bisa melestarikan makanan tradisional tersebut. sekian terimaksih dan sukses...

Posting Komentar untuk "Kue Khas Betawi yang Enak Bikin Ketagihan"