Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba

Qfoodys, Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba -  Bicara mengenai jajanan dan cemilan khas sunda, kamu tentu pernah mendapati bermacam cemilan dan jajanan khas Sunda. Seperti seblak, combro, dodol, dan ada banyak lagi.

Jajanan dan Cemilan khas Sunda ini lumayan disukai karena punyai cita-rasa yang beragam. Ada yang manis, pedas, renyah, dan dari yang gurih sampai kenyal. Disamping itu jajanan dan cemilan ini cukup gampang ditemui di sepanjang jalan dan namanyapun cukup terkenal bahkan tidak asing lagi di telinga orang sunda.

Walau banyak penjual yang sediakan bermacam jajanan dan cemilan khas Sunda, nggak ada salahnya kamu membuat makanan sunda tersebut ya.. 

Contoh nya seperti combro jajanan dan cemilan berupa goreng-gorengan ini sangat-sangatlah sedap untuk kamu cicipi apalagi untuk mengganjal perutmu ini cocok sekali untuk kamu. Bahkan Langkah memprosesnya juga lumayan gampang walaupun untuk pemula sekalinya. Berikut berbagai macam Cemilan dan Jajanan Khas Sunda:

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba 

Tidak cuman jajan ciri khas Betawi, cemilan dan jajanan khas Sunda dikenal juga oleh warga luas. Cemilan dan Jajanan khas Sunda ini bukan hanya dapat dijumpai di daerah Sunda saja, tapi juga di sejumlah wilayah di Indonesia. Walau, ada beberapa macam Cemilan dan jajanan khas Sunda yang cuman dapat dijumpai di Tanah Sunda yaitu sebagai berikut

1. Surabi

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Surabi, Jajanan Khas Sunda
Bagi orang sunda siapa sih yang tak kenal dengan surabi? Pastilah setiap orang tahu surabi ya.. walaupun engga semua hehhe... Surabi yang termasuk kedalam jenis kue ini memiliki cita rasa yang khas lho.

Surabi ialah kue tradisionil Sunda yang memiliki bahan dasar tepung beras dan santan. Makanan khas Sunda atau Cemilan dan Jajanan Khas Sunda ini benar-benar terkenal di kota Bandung. Surabi umumnya dihidangkan plus tambahan potongan kelapa. Tetapi seiring waktu berjalan,

Saat ini banyak dijumpai Surabi yang digabungkan dengan vanilla, coklat, dan oncom. Biasanya nih surabi itu dijual di pinggiran jalan atau di pasar-pasar tradisional dan harganya pun cukup terjangkau yakni kisaran Rp. 3000 - Rp. Rp. 5000 per biji nya.

2. Tahu Sumedang

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Tahu Sumedang, Jajanan Khas Sunda
Tahu Sumedang merupakan tahu yang terbuat dari sari kedelai dan digoreng dengan panas yang pas. Di bandung Tahu sumedang ini menjadi primadona yang berasal dari Kota Sumedang/ oleh-olehan khas Kota Sumedang.

Tahu, Makanan khas Sunda atau bisa dibilang Cemilan dan Jajanan Khas Sunda ini berlainan dengan tahu goreng umumnya, karena teksturnya yang unik. 

Tahu ini benar-benar pas dikonsumsi saat hangat. Saat hangat, Kamu bisa rasakan kegurihan sisi kulit luarnya yang bercamur dengan struktur dalamnya yang halus. Beuhh... Jika enaknya tak terbayang mabroo.. tenang kok tahu ini harganya pas dikantong mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 50.000 dan harga termurahnya pun isinya banyak kenyang lah.. untuk satu orang.  

3. Combro dan Misro

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Combro, Jajanan Khas Sunda
Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Misro, Jajanan Khas Sunda

Combro dan Misro adalah Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang tidak dapat terpisahkan ibarat pasangan hidup seumur semati heheh.. 

yapp betul sekali Combro dan Misro itu perbedaanya cuma di jeroan atau isi nya jika Combro isinya terdapat Oncom kalau Misro manisan contohnya gula merah yang dicairkan.

 Seiring berkembangnya zaman isian Misro bisa terdapat coklat, strauberry dan banyak lainnya rasanya pasti enak dehhh.. untuk hanya sekedar mengisi perut yang keroncongan 

Combro ialah ringkasan dari 'oncom di jero' atau oncom di dalam.  Jajanan asli Jawa Barat ini memiliki bahan dasar singkong. Combro dibuat dari parutan singkong yang berisi sambal oncom. 

Combro berasa pedas dan gurih, karena kombinasi bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan cabe merah. Kecuali Combro, ada pula yang diberi nama misro. Misro memiliki arti 'amis di jero' atau manis dalam dengan bahasa Sunda. Untuk harga seperti biasa ramah dikantong yakni Rp. 2000 - Rp. 3000 per biji nya.

4. Dodol Garut 

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Dodol Garut, Jajanan Khas Sunda
Bila kamu pernah bertandang ke Garut, dan melalui bundaran alun-alun Tarogong, di bawah tugu intan di situ terpajang secara jelas moto "Garut Kota Dodol" -dulunya terpajang nama Kota Intan.

Ya, memang semenjak jaman dahulu, Garut selalu sama dengan istilah dodol. Walau Cemilan dan Jajanan Khas Sunda dodol beberapa jenisnya dan tidak cuma berada di Garut. Misalkan ada dodol Betawi, dodol Cina, dan dodol Nanas Subang. 

Tetapi walau begitu dodol Garut kemungkinan terbanyak dikenali sekarang ini, dan pada tingkat nasional juga dodol ini terlanjur dijumpai sebagai makanan khas Sunda tepatnya di Garut.

Tidak cuman rentang alamnya yang eksotis, Garut juga mempunyai rentang rasa yang penting kamu cicip. Lepas dari dodol sebagai makanan ciri khas kota Garut, dalam artikel ini saya akan memberi referensi kulineran alternative saat kamu bertandang ke Garut. Untuk harga nya mulai dari Rp. 28.000m- Rp. 35.000 per packnya.

5. Bandros

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Bandros, Jajanan Khas Sunda
Bandro isalah Makanan Khas Sunda atau Cemilan dan Jajanan Khas Sunda Kue tradisionil ini dibuat dari kombinasi tepung beras, kelapa parut dan santan. Kue ini umumnya disajikan dengan taburan gula pasir. 

Wujud kue ini serupa dengan kue pukis karena di bikin pada cetakan yang sama, yaitu cetakan yang berupa 1/2 lingkaran dan berjejer lumayan banyak. Kue bandros umumnya dihidangkan bertepatan dengan teh manis atau kopi.

Ada beberapa macam bandros yang dikenali di tanah Jawa Barat Ada yang disebutkan dengan bandros asin dan bandros manis. 

Ke-2 tipe bandros itu diperbedakan karena ada banyak rutinitas dalam masyarakat Jawa Barat untuk makan bandros tanpa memakai gula, tapi ada pula yang memakai taburan gula pasir hingga membuat bandros yang dikonsumsi berasa manis. Untuk harga Bandros ini kisaran Rp. 20.000 per orangnya.

6.Leupeut

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Leupeut, Jajanan Khas Sunda
Ditengah-tengah invasi makanan modern, Leupeut masih bertahan sampai sekarang. Leupeut Makanan Khas Sunda atau Cemilan dan Jajanan Khas Sunda ini bisa dicicipi pecinta kulineran di Jawa Barat dan Sekitarnya.

Sedikit penjual Leupeut sekarang ini. Makanan tradisional Khas Sunda ini biasanya dijumpai di pasar-pasar tradisional atau di penjual kaki lima dipinggir jalan .

Leupeut termasuk makanan legendaris, sejak dahulu sampai sekarang ini tetap bertahan. Makanan Leupeut dibuat berbahan dasar beras ketan dan kacang dada yang di aduk, lalu tambah sedikit garam sebagai penyedap rasa. Makanan yang ini cukup unik, dibuntel daun kelapa lalu di ikat memakai tali bambu.

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda ini cocok disantap dengan goreng-gorengan apalagi disantap saat perut sedang kosong cukuplah untuk mengganjal perut karena terbuat dari bahan beras sehingga seperti memakan nasi tetapi versi sedikitnya. Untuk harga terjangkau mulai dari Rp. 3.000 - Rp. 5.000 dan itu mengenyangkan lhoo..

7. Gurandil

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Gurandil, Jajanan Khas Sunda
Gurandil sebagai makanan cemilan dan Jajanan khas Sunda dengan bahan dasar tepung tapioka di mana bahan itu benar-benar gampang didapatkan. Dengan bahan dasar tapioka, membuat makanan khas sunda ini mempunyai struktur yang kenyal.

Makanan khas sunda ini dihidangkan berbentuk bulat-bulat dan bermacam warna. Rasa khusus dari gurandil condong ke tawar, tetapi karena diberi gula dan parutan kelapa, makanan ini mempunyai rasa yang unik. 

Kombinasi di antara kenyalnya gurandil yang tawar, gurihnya kelapa parut dan manisnya gula pasir membuat makanan khas sunda ini pantas dicoba dan disayangi beberapa orang. Untuk harga Gurandil dihargai dengan kisaran Rp. 15.000 - Rp. 20.000.

8. Cireng

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Cireng, Jajanan Khas Sunda
Cireng sebagai ringkasan dari aci dimasak. Sesuai namanya, tepung aci yang sudah digabung bermacam bumbu diolah dengan dimasak.

Rasa bawang putih yang lezat bersatu dengan gurihnya aci jadi kekhasan tertentu. Cireng biasa ditemukan dipedagang kaki lima/ dipasar-pasar tradisional. 

Cireng masih banyak ditemukan dan kelezatannya pun tidak kalah dengan Cemilan dan Jajanan Khas Sunda lainnya. Cireng biasanya dipadukan dengan bumbu kacang sehingga menciptakan cita rasa yang khas Untuk harga Cireng kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000 itu sudah membuat perut kenyang pastinya..

9. Cilok

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Cilok, Jajanan Khas Sunda
Sama dengan cireng, cilok sebagai akronim dari aci dicolok. Bila cireng diolah dengan dimasak, maka cilok diolah dengan direbus.

Berupa bulat, cilok biasanya dikonsumsi dengan sauce kacang. Cilok biasanya memiliki berbagai macam isi seperti ayam, sapi, telur dan banyak lainnya. Cemilan dan Jajanan Khas Sunda ini nikmat bila dimakan selagi hangat mantepp dahh.. Untuk harga cilok murah terjangkau sekali kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000 per porsinya.

10. Peuyeum

Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba
Peuyeum, Jajanan Khas Sunda
Satu lagi makanan khas sunda atau Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang telah tumbuh subur di beberapa wilayah tepatnya di Bandung. Peyeum sebagai makanan Khas Sunda dari singkong.Kabarnya, jaman dulu beberapa masyarakat Bandung manfaatkan tanaman singkong yang berlimpah di tanah Sunda ini sebagai makanan untuk menghangatkan.

Ya, karena Bandung populer dengan udara nya yang dingin, beberapa masyarakat manfaatkan singkong yang telah mereka panen untuk difermentasikan. Kecuali memunculkan dampak hangat, singkong peragian atau peyeum ini memiliki cita-rasa yang unik.

Ada dua jenis peyeum atau tape yang populer di Bandung. Yakni yang memiliki bahan dasar singkong, dan yang memiliki bahan dasar beras ketan. Tetapi yang telah populer dan sering jadi oleh - oleh Kota bandung ialah peyeum yang memiliki bahan dasar singkong.

Akhir kata dari saya inilah Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba semoga bermanfaat. Ketika kamu berkunjung daerah-daerah di Jawa Barat jangan lupa cicipi maknan makanan khas sunda atau Cemilan dan Jajanan khas sunda diatas yaa. Sekian mohon maaf bila terdapat kata yang menyinggung hati. Terimakasih...

Posting Komentar untuk "Cemilan dan Jajanan Khas Sunda yang Wajib kamu Coba"