Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Qfoodys, 10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib! - Cirebon sebagai salah satunya kota kecil yang berada di propinsi Jawa Barat yang memiliki keanekaragaman budaya dan adat yang cukup unik. 

Tidak hanya, di Kota Cirebon mempunyai beragam jenis kulineran dan jajanan khas Cirebon yang harus kalian makan.

Jajanan khas Cirebon ini umumnya akan dipasarkan secara simpel lewat gerobakan atau di beberapa toko makanan.

Kota Cirebon banyak transisi dari tahun ke tahun, dimulai dari banyak tempat rekreasi yang disoroti, pembangunan hotel di cirebon dan kehidupan ekonomi yang berkembang. 

Di sini kita akan coba mengulas jajanan khas cirebon, agar saat kamu ke sana, kamu telah pastikan jajanan apa yang perlu dibeli.

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!

Makanan khas Cirebon yang terpopuler ialah empal gentong dan nasi jamblang. Kesedapan empal gentong sudah populer di semua Nusantara.

Tetapi, tahukah kamu bukan empal gentong saja yang populer di Cirebon? Ada beberapa jajanan khas Cirebon yang harus kamu coba saat bertandang ke Cirebon. Apa sajakah itu? Yukk cek pembahasan berikut ini..

1. Kue Apem

Jajanan khas Cirebon yang ini dapat ditemui di sejumlah wilayah. Tetapi, jika Anda sedang bertandang ke Cirebon, tidak boleh terlewat kue apem yang dipasarkan di kota itu. 

Kue apem Cirebon ini populer renyah dan nikmat.

Bahan yang dipakai untuk membikin kue apem Cirebon ialah telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Selanjutnya, adonan itu diolah dengan dibakar atau dikukus.

Kue apem yang dibakar rasanya lebih legit dan renyah, lho. Untuk menambahkan kesedapannya, kue apem khas Cirebon biasa dicicipi dengan sauce gula merah yang nikmat sekali.

2. Sate Ketentang

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Sate Kentang, Jajanan Khas Cirebon
Salah satunya jajanan khas Cirebon yang terkenal ialah sate kentang. Kentang yang ditusuk dengan tusuk sate dibalut. 

Makanan Khas Cirebon memang mempunyai kekhasan yang memikat buat dikonsumsi. Langkah membuat juga lumayan gampang, kamu bisa mempersiapkan Sate Kentang ciri khas cirebon cukup dengan memakai 4 bahan dan 3 cara saja.

Makan 2-3 tusuk sate saja bisa menjejal perut yang lapar, lho. Ingin langsung dimakan atau dikonsumsi bersama dengan nasi putih, sate kentang dari Cirebon rasanya enak. 

Tertarik untuk coba sate kentang ini?

3. Tahu Getjot

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Tahu Gejrot, Jajanan Khas Cirebon
Menjadi satu diantara cemilan yang terkenal sekarang ini, Tahu Gejrot, sebagai jajanan khas Cirebon.

Tahu gejrot ialah sebuah makanan khas Cirebon atau jajanan khas Cirebon yang menyuguhkan potongan-potongan kecil tahu Sumedang 

yang selanjutnya disiramkan dengan kuah racikan dari gula merah, garam, bawang putih, bawang merah, asam, air,dan cabai rawit yang diulek jadi kuah dengan cita-rasa yang unik.

Tahu gejrot ini mempunyai kekhasan dibandingkan tahu tahu yang lain. Banyak yang ngomong jika tahu gejrot mempunyai struktur yang serupa dengan tahu pong.

Tapi sebenarnya, tahu Sumedang yang dipakai sebagai tahu gejrot ini lebih kopong dan rasanya cemplang. 

Ini yang membuat rasa dari kuah tahu gejrot terasa sangat kuat, tanpa tercampur dari rasa asin yang umum berada di tahu yang lain.

Kesan "gejrot" dapat dirasa dari cipratan kuah tahu gejrot ke langit-langit dalam mulut yang keluar potongan tahunya. 

Wujud tahu yang lebih kopong dari tahu yang lain membuat potongan tahu meresap semakin banyak kuah tahu gejrot. Hingga banyak air kuah yang masuk saat tahu disuap ke mulut.

4. Rarawuan

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Rarawuan, Jajanan Khas Cirebon
Jajanan ini serupa dengan olahan cireng, tetapi yang membandingkannya ialah bila cireng sebagai aci yang cuman di goreng. 

Tetapi rarawuan ini sebagai aci ditambahkan parutan kelapa dan kacang gendolo didalamnya.

Struktur dari rarawuan ini dan kamu dapat tambah sauce untuk menambahkan cita-rasa rarawuan, tetapi tanpa sauce juga rarawuan ini telah nikmat dikonsumsi.

Rasa rarawuan benar-benar renyah karena parutan kelapanya terasa sangat saat digigit. Jajanan khas Cirebon yang ini lebih nikmat bila dicicipi pada kondisi hangat. Yok, coba rarawuan yang rasanya bikin ketagihan sekali ini.

5. Growolan

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Growolan, Jajanan Khas Cirebon
Growolan adalah makanan khas Cirebon atau jajanan khas Cirebon yang dibuat dari material dasar gaplek atau singkong yang sudah ditumbuk lembut. 

Selanjutnya, pada proses pemrosesan dan pembikinannya digabung memakai kelapa parut. Didalamnya ada gula merah cair yang memberinya kesan manis dan legit saat kamu mengkonsumsinya.

Walau saat ini telah jaman kekinian dan banyak kue modern yang ada, reputasi growolan tidak sirna. 

Warga Cirebon dan pelancong masih menyenangi kue growolan yang berupa bundar ini. Growolan dapat didapat di pasar tradisional dan warung kopi, warung makanan dan tempat yang lain.

6. Tape Ketan

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Tape Ketan, Jajanan Khas Cirebon
Tape ketan memang akrab untuk warga di beberapa wilayah di Indonesia. Karena, jajanan khas ini dapat kamu dapatkan nyaris di setiap wilayah. 

Namun, walau hampir serupa, dari sisi cita-rasanya berbeda. Terhitung juga tape ketan yang dari Cirebon ini. Proses pembikinan tape ketan memerlukan waktu yang lama.

Bahan baku beras ketan sebaiknya lewat proses fermentasi lebih dulu. Selanjutnya dibuntel dengan memakai daun jambu. 

Kenapa daun jambu? Karena akan memberinya cita-rasa masam pada tape ketan ini. 

Dengan demikian, saat dikonsumsi tape ketan ini memberinya rasa yang unik di antara manis dan masam yang bersatu jadi satu.

7. Kerupuk Melarat

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Kerupuk Melarat, Jajanan Khas Cirebon
Tidak boleh takut untuk makan krupuk melarat jajanan khas Cirebon ini karenanya hanya sebuah nama saja. kamu tidak jatuh melarat saat makan krupuk beragam warna ini. 

Jika ke Cirebon, kamu harus beli krupuk melarat. Selainnya harga murah, rasanya nikmat.

Krupuk ini pas sekali untuk dikonsumsi bersama nasi atau jadi camilan saja. 

Yang membuat krupuk melarat ini unik dan mempunyai cita-rasa yang lain, krupuk ini tidak diproses dengan minyak goreng, tetapi dengan pasir. 

Disamping itu, krupuk ini lebih nikmat bila dicicipi bersama sambal asam pedas.

8. Gadungan

Tidak cuman stop di situ saja. Jajanan khas Cirebon yang berbentuk kue dan dapat kamu cicipi di Cirebon yang lain ialah gadungan. 

Bahan dan olahannya sebetulnya benar-benar simpel. Yaitu dari singkong pilihan dan memakai parutan kelapa. 

Cita-rasanya condong manis. Selainnya manis, kamu akan rasakan rasa yang renyah dalam tiap gigitannya.

Jajanan khas Cirebon ini bisa kamu dapatkan di beberapa pasar tradisional yang berada di sekitaran kota. Bahkan juga, jika kamu untung bisa membeli di beberapa pedagang keliling yang jual kue tradisional, terhitung kue gadungan ini pada harga yang paling ramah di kantong, tentu saja!

9. Ondal Andil

Ondal-andil ialah jajanan khas Cirebon Cirebon yang dapat kamu cicipi selanjutnya. 

Bahan baku pembikinannya ialah tepung tapioka dan adonan yang lain, ditambah dengan warna merah yang unik membuat kamu seakan ingin lekas melahapnya.

Gabungan gula pasir dan taburan parutan kelapa dalam penyuguhannya menambahkan kepuasannya.

Ondal Andil ini dipadukan dengan warna warninya yang ceria dan memikat, dan taburan kelapa parut yang membuat makin renyah. 

Ondal Peran ini lebih banyak dijumpai dipasar tradisional dan menjadi satu diantara yang exist sampai sekarang ini.

Struktur ondal-andil benar-benar halus dan kenyal saat dikonsumsi. Penyuguhannya dilaksanakan daun pincuk daun pisang. Jika disaksikan kembali memang sekilas ondal-andil persis seperti kue cenil yang disebut kue khas Jawa tengah,.

10. Gepu

10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!
Gepu, Jajanan Khas Cirebon
Bahan khusus makanan khas Cirebon atau jajanan khas Cirebon ini ialah singkong. Umumnya gepu dihidangkan berbentuk bulat dan mempunyai isian didalamnya. 

Isian itu dapat berbentuk oncom atau dage. Selanjutnya, gepu digoreng hingga matang dan ditiriskan supaya minyaknya tidak banyak. Gepu mempunyai cita-rasa yang unik yaitu sedap dan renyah.

Beberapa orang memandang bila gepu mempunyai wujud yang nyaris serupa dengan bakwan. Tetapi, perbedaannya cuman pada isinya saja. 

Gepu begitu nikmat dikonsumsi saat masih hangat. Apa lagi jika kamu mengkonsumsinya sekalian diselipin teh poci pada sore hari. 

Memperoleh gepu pun tidak susah, karena banyak dipasarkan di tepi jalan dan kedai-kedai.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "10 Jajanan Khas Cirebon yang Menarik untuk Kamu Cicipi, Wajib!"