Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan!

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan! Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan!
Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan!
Qfoodys, Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan! -  Bandung sebagai salah satunya kota di Indonesia yang dikenali sebagai surganya kulineran. 

Banyaknya tipe jajanan khas Bandung si ibukota Provinsi Jawa Barat ini wajib untuk dijajal oleh pelancong lokal atau wisatawan asing.

Dengan mempunyai udara yang sejuk ditambah lagi banyak beberapa lokasi rekreasi yang memiliki nuansa alam, menarik banyak pecinta di luar kota untuk habiskan waktu berliburnya di Bandung.

Dengan harga yang termasuk murah dan rasanya yang nikmat, bermacam jajanan khas Bandung ini membuat beberapa pelancong kecanduan untuk datang kembali ke kota Bandung tiap berlibur. 

Nach, ada banyak jajanan khas Bandung yang perlu dicoba untuk pecinta Makanan Khas sunda.

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan!

Jangan lupa ya ketika kamu sedang berlibur dibandung untuk mencicipi jajanan khas Bandung atau makanan khas Bandung ini 

karena dijamin dehh dengan harga yang terbilang ramah kantong rasanyapun tidak kalah dengan makanan-makanan harga tinggi. Baiklah lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini ya...

1. Batagor, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Batagor
Batagor ialah Jajanan khas Bandung. Batagor serupa dengan siomay yang digoreng. Batagor sendiri ringkasan dari Bakso Tahu Goreng. 

Bahan intinya serupa dengan siomay, yaitu adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Lantas digoreng. Begitupun dengan tahu-nya digoreng.

Menu simpatisan batagor umumnya bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pendamping. 

Batagor ini jajanan khas Bandung yang terkenal di Indonesia. Kadang pedagang siomay jualan batagor.

Jika siomay dikukus karena itu batagor dimasak. Jika siomay memiliki bentuk "gepeng" karena itu batagor memiliki bentuk bundar seperti bakso. 

Batagor bisa diketemukan di kaki lima atau warung. Batagor ada banyak macam, diantaranya batagor berkuah dan batagor kering.

2 Baso Tahu, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Baso Tahu
Bakso tahu merupakan jajanan khas Bandung yang terkenal pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan mendengar nama jajanan ini? 

yappp... baso tahu ini sedikit mirip dengan batagor cuma kalau basu tahu ini di kukus dan biasanya baso tahu terdapat sayur mayur yang menyehatkan badan kita sebagai penikmat makanan khas .

Sama halnya seperti batagor bumbu baso tahu pun menggunakan bumbu kacang dan dicampur dengan kecap, bisa juga kita menambahkan sambal untuk rasa yang pedas dan tentunya lebih nikmat. dan bagi yang tidak suka pedas tidak pakai sambal pun tetap lezat kok dijamin dehh ketagihan..

Biasanya baso tahu ini dapat ditemukan di pinggiran jalan atau di pedagang kaki lima atau juga bisa ke resto-resto khusus yang berjualan baso tahu ini. 

Legit dehh ketika kamu mencicip jajanan khas Bandung ini.

untuk harga baso tahu ini kiasaran Rp. 5.000 - 10.000 per porsinya.

3. Lumpia basah, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Lumpia Basah
Lumpia sebagai salah satunya makanan yang paling gampang dijumpai di Indonesia. Konon, lumpia sebagai makanan tradisional warga Tionghoa. 

Lumpia terbagi dalam lembar tipis tepung gandum yang jadi sebagai pembungkus isian.

Lumpia basah Bandung ini bisa Kamu jumpai dengan gampang di Jawa Barat. Biasanya, penjual yang menawarkan makanan ini memakai gerobak atau warung di tepi jalan. 

Meskipun, tidak tutup peluang Kamu bisa juga mendapati lumpia basah Bandung di wilayah lain, ditambah Jakarta.

Adapun bahan khusus yang dipakai untuk bikin lumpia basah Bandung ini ialah kulit lumpia, tepung sagu, dan 1 liter air. 

Bumbu-bumbu yang dipakai untuk bikin makanan ini termasuk simpel, yaitu cukup garam, merica, dan penyedap rasa.

Bila Kamu mempunyai rencana untuk berekreasi ke Bandung, janganlah lupa untuk singgah mencicip makanan tradisional yang nikmat ini. 

Bila Kamu ingin melahapnya sekarang ini , tinggal buat saja sendiri di rumah. Karena beberapa bahan dan langkah membuat juga termasuk simpel.

4. Combro, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Combro
Siapakah yang telah rindu dengan Combro Bandung? Iya, "Combro" atau "Oncom Dijero" ini adalah jajanan khas Bandung yang terkenal tempo dahulu.

Makanan yang dibuat dari olahan singkong ini jadi rekan bersantainya masyarakat Bandung pada periodenya. 

Sayang, sekarang ini kita mulai susah mendapati Combro, sekalinya di kota aslinya, Bandung.

Tetapi, tidak boleh cemas! Kamu bisa mendapati makanan khas sunda dari singkong ini di sejumlah daerah di Kota Bandung yang posisinya bersisihan dengan pasar tradisional. 

Harga murah dan cita-rasa singkongnya tetap sama loh!

Satu lagi, Combro Bandung ini diolah dengan dimasak, hingga akan nikmat jika dikonsumsi pada kondisi hangat.

5 Misro, Jajanan Khas Badung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Misro
Jajanan khas Bandung yang ini serupa dengan Combro Bandung, yakni sama dibuat dari parutan singkong dan diolah dengan digoreng. 

Perbedaannya, Misro Bandung mempunyai isian gula merah, hingga pas jadi rekan minum teh atau kopi pada pagi atau malam hari.

6. Surabi, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Surabi
Jajanan khas Bandung ini telah tumbuh subur nyaris di segala penjuru Indonesia. Tetapi kamu harus cobanya di kota asli Surabi itu berasal. 

Makanan yang ini serupa dengan pancake, karena sama dibuat dari bahan tepung terigu. Perbedaannya, Surabi Bandung diolah dengan dibakar di atas tungku dengan adonan tebal, hingga berasa nikmat untuk dikonsumsi pada kondisi masih hangat.

Untuk menambahkan cita-rasa dari Surabi, kamu dapat pilih berbagai variasi toping seperti coklat, durian, keju bahkan juga sosis untuk diletakkan di atasnya. Surabi Bandung jadi rekan yang paling pas menyesap teh pada sore hari.

7. Bandros, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Bandros
Bandros satu ini bukan Bandros yang mempunyai kepanjangan Bandung Tour on The Bus yang umum dipakai pelancong untuk berkeliling-keliling Kota Bandung. 

Bandros Bandung sebagai Jajanan khas Bandung yang dibuat dari kombinasi tepung beras dengan santan kelapa yang diolah di atas cetakan berupa cengkung.

Saat adonan kue masih 1/2 masak, kue Bandros akan dikasih taburan kelapa parut diatasnya sambil menanti masak dan siap dihidangkan. 

Tentu saja cita-rasa renyah dan asin jadi keunikan dari jajanan khas Bandung ini. Bandung akan lebih nikmat dikonsumsi saat masih hangat, sekalian didampingi dengan sajian wedang bajigur di tengah-tengah dinginnya Kota Bandung.

8. Seblak, Jajajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Seblak
Seblak ialah makanan Indonesia yang dikenali berawal dari Bandung, Jawa Barat yang berasa renyah dan pedas. 

Dibuat dari krupuk basah yang diolah dengan sayur dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau masakan daging sapi, dan diolah dengan kencur. 

Seblak sekarang jadi Jajanan khas Bandung yang disukai bermacam kelompok warga, khususnya di Jawa Barat dan Jabodetabek.

Bersamaan bertumbuhnya trend jajanan tradisional dan kaki lima, seblak bukan hanya dihidangkan dengan toping biasa di gerobak. 

Seblak berkembang jadi makanan yang kekinian dan sukses mengundang perhatian.

Jajanan Khas Bandung yang memiliki tekstur kenyal ini mempunyai rasa yang pedas dan beri kesegaran, dan mempunyai beberapa macam, baik rasa atau bahan tambahan paket pemasaran.

Material dasarnya ialah krupuk udang yang disiram sama air panas dan dibumbui dan sayur. Seblak dibuat dari krupuk yang direbus, dan dibumbui seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa.

9. Colenak, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Colenak
Nama colenak tidak asing untuk masyarakat Jawa barat. Makanan khas Sunda ini dibuat dari tape singkong yang bakar dan dihidangkan dengan gula jawa cair yang telah digabung dengan parutan kelapa.

Pada awalnya, jajanan Khas Bandung ini memiliki nama peyeum digulaan (tape digabung gula). Tetapi atas usul dari konsumen setia di jamannya, jajanan ini ganti nama jadi colenak. 

Maknanya, semakin dicocol semakin nikmat rasanya.

Rasanya yang manis dan sedap, membuat jajanan ini dicintai beberapa orang. Karena sangat terkenalnya, colenak bahkan juga jadi bagian dari salah satunya moment monumental Indonesia. 

Jajanan ini menjadi salah satunya hidangan yang disajikan dalam Pertemuan Asia Afrika (KAA) Bandung 1955 yang didatangi Presiden Soekarno dan beberapa pimpinan negara.

10. Cilok, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Cilok
Cilok sebagai jajanan khas Bandung yakni dari wilayah Jawa Barat. Jajanan ini terkenal dan banyak ditawarkan di tepi jalan atau oleh pedagang keliling.

Dibuat dari bahan tepung dengan sedikit kombinasi daging memberinya rasa kenyal saat kamu mengunyahnya. 

Makin komplet dengan didampingi bumbu kacang atau sauce mayonaise sesuai dengan selera. Apa lagi kamu melahapnya sebagai cemilan ketika menonton tv bersama keluarga. 

Dijamin ingin tambah terus menerus alias ketagihan.

11. Cimol, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Cimol
Jika ada cilok, ada pula yang bernama cimol yang memiliki kepanjangan yakni aci digemol. Cimol yang mempunyai bahan dasar yang serupa dengan cilok ini cuman mempunyai ketidaksamaan sedikit yaitu, proses pembuatannya saja yakni digoreng.

Memiliki bentuk juga sama seperti cilok bundar kecil-kecil dan dimasak, lalu diberi bumbu kering dengan beberapa macam rasa tentu saja yang bisa disesuaikan oleh selera tersendiri, seperti bumbu pedas, tambahan kacang, pedas asin dan ada banyak yang lain.

Bila ingin coba membuat sendiri di dalam rumah, Kamu dapat memakai program google agar bisa menyimak resep dan langkah pembuatannya. 

Lebih bagus lagi, jika belajar langsung sama orang yang telah pakar membuat cimol.

12. Cireng, Jajanan Khas Bandung

Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan
Cireng
Makanan yang lain dibuat dari tipe bahan dasar aci adalah cireng yang memiliki nama kepanjangan yaitu aci digoreng, jika dipersingkat jadi cireng seperti yang dikenali banyak orang. 

Secara umum cireng polos kerap dipasarkan umumnya dapat diperoleh di tukang gorengan dan bisa dimakan langsung atau bisa juga dicocol ke sambal, atau sauce, bahkan juga kecap.

Namun searah oleh perubahan jaman yang makin maju, cireng sekarang ini juga ada dengan berbagai macam isi, salah satunya abon, potongan keju, daging sapi atau ayam, dan banyak yang lain.

Disamping dari isinya, bentuk atau penampakan dari cireng pun juga saat ini sudah berbagai macam. 

Jika Kamu ingin coba membuat cireng bikinan sendiri, kamu dapat melakukan dengan kontribusi beberapa pakarnya atau mecari dari mbah google.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Ragam Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Terlewatkan!"