Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Qfoodys, 7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler! - Karena populer dengan kebersihannya, Tasikmalaya mempunyai semboyan kota resik yang maknanya kota bersih. 

Bersamaan dengan perubahannya, kota di Jawa Barat ini mendapatkan panggilan si mutiara dari Priangan Timur.

Tasikmalaya, atau orang biasa mengatakan "Tasik" saja yang kerap jadi tujuan rekreasi. Saat bertandang ke kota ini, salah satunya yang paling dicari ialah kulineran. 

Kenyataannya, ada banyak makanan khas Tasikmalaya, Jajanan khas Tasikmalaya, Oleh Oleh khas Tasikmalaya, dan juga Minuman khas Tasikmalaya.

Untuk kalian yang dari luar Sunda, kemungkinan tidak pernah cobanya. Daripada ingin tahu, seharusnya telusuri kulineran di kota ini sepuasnya dan pasti diulas di makananoleholeh.com. 

Bicara mengenai makanan khas Tasikmalaya tidak akan ada selesainya.

Selainnya beberapa makanannya yang unik, rasanya juga benar-benar membuat penikmatnya suka. Tidaklah aneh bila beberapa orang yang saat bertandang ke kota ini bawa jajanan khas banyak untuk oleh-olehan.

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!

Di Kota Tasikmalaya ada banyak sekali berbagai macam jajanan khas yang patut kamu cicipi ketika kamu berada disana enak-enak lhoo..! penasaran bukan? mari simak pembahasan berikut mengenai jajanan khas Tasikmalaya yang populer dan bikin ngiler.

1. Tahu Bulat

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Tahu Bulat, Jajanan Khas Tasikmalaya
Tahu bulat memang saat ini sangat terkenal di mana saja. Di Jakarta, Jogja, Jawa tengah, dan wilayah yang lain kita dapat mendapati penjual tahu bundar ini dengan gampang. 

Tetapi tahu bulat ini awalannya berawal dari Jawa Barat atau Sunda.

Salah satunya wilayah di Jawa Barat yang populer dengan tahu bulatnya ialah Tasikmalaya. Memang makanan ini aslinya dari Tasikmalaya. 

Selanjutnya masuk Bandung tahun 2009. Lantas menebar luas sampai ke beberapa daerah lain sekitaran tahun 2013.

Tahu bundar biasa dipasarkan dengan gerobak atau mobil. Selainnya namanya yang unik yakni tahu bulat, lagu pendampingnya juga unik dan membuat banyak orang ingin tahu.

Tidak cuma ingin tahu, siapa saja yang pernah coba gurihnya tahu bulat, pasti suka. Karena sangat terkenalnya makanan ini, hingga tahun 2016 lantas ada permainan video yang namanya Tahu Bulat. 

Permainan itu juga langsung jadi terkenal serta sempat pernah menjadi satu diantara games terbanyak diunduh di Indonesia.

Salah satunya kelebihan dari tahu bulat ialah rasanya yang renyah. Memang tahu ini berlainan dengan tahu secara umum. Bumbunya demikian berasa renyah hingga memanjakan lidah penikmatnya.

Disamping itu, langkah penyuguhannya juga jadi daya magnet tertentu di mana tahu bulat ini dimasak kejutan . Maka, konsumen dapat menikmatinya saat panas. 

Memang tahu bundar ini benar-benar sedap bila dikonsumsi saat panas dengan sambalnya yang unik juga. 

Satu lagi, memiliki bentuk yang bundar memang lumayan unik. Bulatan tahu yang lumayan besar ini kenyataannya sukses menarik banyak konsumen

Kemungkinan kamu kerap beli tahu bulat di beberapa daerah kalian. Tetapi bila bertandang ke Tasikmalaya, coba rasakan tahu bulat yang dipasarkan di situ dan bandingkan lebih renyah mana. 

Harga yang merakyat membuat cepat laris manis. Sekarang, tahu bulat ada dengan bermacam jenis bumbu. Ada bubuk cabe pedas, keju, sampai bbq . Maka, konsumen dapat pilih sesuai dengan selera tersendiri

Tahu bulat biasanya dipasarkan keliling baik dengan gerobak atau mobil bak. Namun, banyak pula penjual tahu bundar yang tinggal dalam menawarkan makanananya ini.

Untuk permasalahan harga, biasanya memang sama yakni sama sesuai jargonnya: limaratusan (500). 

Namun, beberapa penjual ada juga yang memberikan harga 5 ribu untuk 7 biji tahu bulat. Walau demikian, harga masih tetap ramah kantong untuk semuanya kelompok. 

Yang pasti, tahu bulat sekarang menjadi satu diantara makanan khas Tasikmalaya atau jajanan khas Tasikmalaya yang terpopuler.

2. Cilok Goang

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Cilok Goang, Jajanan Khas Tasikmalaya
Cilok adalah makanan khas Sunda Jawa Barat. Saat ini, cilok sangat terkenal di mana saja. Cilok sendiri dibikin dari tepung kanji sebagai bahan intinya. 

Makin terkenalnya cilok, ada banyak tipe cilok. Sebutlah saja cilok goreng, cilok daging kuah, dan ada banyak kembali tipe cilok yang lain.

Berlainan dengan cilok secara umum, Tasikmalaya punyai cilok yang unik sendiri, yakni cilok goang jajanan khas tasikmalaya. 

Cilok ini populer dengan pedasnya yang oke. Teksturnya kenyal hingga konsumen akan menikmatinya dan pas untuk siapapun. 

Untuk kalian yang ngaku-ngaku pencinta kulineran pedas, coba sesekali mencicip cilok goang ini. Memang cilok ini kemungkinan belum terkenal ke luar Tasikmalaya. 

Tetapi bila kalian sedang jalan-jalan ke Tasik, janganlah lupa coba cicipi cilok khas Tasik ini.

Cilok goang betul-betul menganakemaskan pencinta makanan pedas. Bagaimana tidak, bumbunya saja memakai sambal goang (kencur) dan cabai rawit yang super pedas. 

Di Tasikmalaya, cilok goang ini kerap dijajakan berkeliling, di tepi jalan atau di warung kuliner.

3. Citruk

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Citruk, Jajanan Khas Tasikmalaya
Nama citruk ini pada intinya sebagai ringkasan dari "Aci Ngegetruk", yang ini berarti adonan tepung kanji yang saat dikonsumsi rasanya gurih meskipun cukup keras. 

Makanan khas Tasikmalaya atau jajanan khas Tasikmalaya yang ini mulai susah untuk dijumpai di Tasikmalaya, tetapi beberapa usaha personal di Tasikmalaya mulai usaha untuk melestarikan kembali jajanan khas Tasikmalaya yang ini.

Berdasar namanya, tentu saja proses pembikinannya sangat terbayang. Pertama, tepung kanji atau tepung tapioka dipertambah sama air sampai jadi adonan. 

Adonan ini umumnya dipertambah dengan bermacam bahan rempah sebagai menambah cita-rasanya.

Selanjutnya adonan itu dibuat jadi keping-keping kecil seperti coin. Rasanya yang renyah dan cukup unik bagus sekali untuk jadi oleh-olehan.

4. Keripik Sukun

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Keripik Sukun, Jajanan Khas Tasikmalaya
Jajanan khas Tasikmalaya yang ini ialah makanan yang hampir musnah. Jika Citruk disebabkan karena makin kurangnya produsen, jika Keripik Sukun malah karena makin menipisnya populasi pohon sukun. Seperti namanya, keripik yang ini memakai material dasar buah sukun.

Buah ini dulu benar-benar gampang diketemukan di pulau Jawa, tetapi bersamaan sama waktu makin susah untuk dijumpai. 

Dari luar, buah ini akan terlihat seperti buah nangka tetapi memiliki ukuran kecil dan bulat. Jika dibelah, buah ini sepintas akan serupa dengan melon. 

Tetapi, perbedaannya buah ini mempunyai rasa yang cemplang/hambar dan getahnya mempunyai rasa pahit.

Buah ini terhitung buah yang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, tetapi dianjurkan untuk langsung dimakan. 

Untuk membikin Keripik Sukun, pertama buah sukun akan dipotong tipis-tipis dan dicuci sampai semua getahnya luruh.

Kemudian, buah suku yang sudah dipotong tipis itu akan dijemur dan digoreng sampai jadi gurih. Sesudah digoreng, Keripik Sukun akan diberi bumbu. 

Rasa dari Keripik Sukun ini renyah dan gurih, benar-benar pas menjadi camilan atau jajanan khas Tasikmalaya yang sehat.

5. Comet

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Comet, Jajanan Khas Tasikmalaya
Nama makanan yang ini unik kan? Comet ialah ringkasan dari combro sa'emet atau combro dalam ukuran kecil.

Comet makanan khas Tasikmalaya atau jajanan khas Tasikmalaya yang tergolong tipe cemilan yang sangat jarang dan hits di wilayah Sunda. 

Kamu bahkan juga dapat membuat sendiri dengan menggunakan bahan baku berbentuk singkong dan oncom seperti Combro.

Ketidaksamaan Comet dan Combro sebetulnya tidak ada yang signifikan. Karena ke-2 nama itu sama dibikin dari 1 bahan. Bedanya hanya langkah pembikinannya saja.

Jika kamu ingin memperoleh cemilan atau jajanan yang namanya Comet ini kamu dapat memperolehnya di toko oleh oleh khas Tasikmalaya. 

Cemilan ini dapat kamu membawa pulang untuk oleh-olehan keluarga di rumah.

6. Kemplang

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Kemplang, Jajanan Khas Tasikmalaya
Nach, cemilan yang ini namanya kemplang. Berlainan dengan opak dan kolontong, kemplang ialah gabungan adonan beras ketan dan kelapa.

Dilihat dari teksturnya lebih padat dan punyai rasa renyah ciri khas kelapa.

Di beberapa wilayah, Kemplang dikatakan sebagai krupuk Kemplang. Karena biasanya krupuk ini dihidangkan bersama dengan makanan berkuah seperti bakso dan soto.

Oleh-olehan atau jajanan khas Tasikmalaya yang ini gampang sekali dijumpai di beberapa tempat makan ciri khas Tasikmalaya. Umumnya di pusat oleh-olehan atau di supermarket dan swalayan juga ada.

Harga bervariatif dimulai dari Rp 7000 sampai Rp11.000.

7. Martabak Ramayana

7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!
Martabak Ramayana, Jajanan Khas Tasikmalaya
Bagi kamu penggemar makanan manis harus dan wajib mencoba martabak ramayana yang dijual di Tasikmalaya. Belum ke Tasikmalaya jika belum mencoba rasa martabak ramayana ini.

Martabak ramayana dapat kamu temukan di Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya. Martabak ramayana lebih enak jika disantap langsung setelah selesai dibuat karena masih hangat ditambah taburan topping yang pas sesuai selera.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "7 Jajanan Khas Tasikmalaya yang Populer dan Bikin Ngiler!"