Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi

Qfoodys, Indonesia memang banyak mempunyai budaya yang unik dan diantaranya ialah budaya Betawi, budaya yang ini tidak hanya telah populer di Indonesia dengan beberapa seni beladirinya.

Rupanya kulineran betawi jadi daya magnet warga indonesia, di betawi banyak berbagai macam kuliner yang sedap dan jarang-jarang dijumpai pelancong, nach beberapa makanan tradisional betawi nikmat tetapi jarang-jarang di kenali wisatawan dan tentunya rekomended sekali untuk kamu yang ingin coba

Makanan ciri khas Betawi yang ini terbagi dalam sayur toge yang sudah direbus, mie laksa (mie putih yang lebih tipis, kerap dipakai untuk soto), sayur kemangi, kuah dengan bumbu rempah-rempah, kecap, cabai giling dan diberi krupuk. Rasanya nyaris serupa dengan soto, namun sedikit pekat dan cukup manis.

Namun ada beberapa makanan tradisional betawi  yang hampir punah atau tenggelam oleh makanan-makanan junk food atau makanan cepat saji. 

Makanan Khas Betawi atau makanan Tradisional Betawi terdiridari beberapa kelompok yakni Kue Khas Betawi, Kue Basah Khas Betawi, Jajanan Khas Betawi, dan Minuman Khas Betawi

Wajib Dicoba! Makanan Tradisional Betawi

Jika kamu berkujung ke Jakarta sembari menikmati keindahan Kota Jakarta kamu wajib mencicipi makanan-makanan tradisional nya dijamin dehh bikin kamu ketagihan. Baiklah tanpa panjang lebar lagi ini lah Makanan Tradisional Khas Betawi

1. Kerak Telor, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Kerak Telor, Makanan Tradisional Betawi
Sebagai sebuah negara, Indonesia mempunyai banyak beberapa tempat rekreasi yang memikat di beberapa wilayah. 

Selainnya tempat rekreasi, tiap wilayah mempunyai makanan yang sebagai keunikan dari wilayah itu. Salah satunya makanan tradisional khas betawi yang unik ialah kerak telor yang demikian sama dengan kota Jakarta.

Makanan tradisional betawi ini mempunyai rasa renyah dan legit saat kamu makan ini lama jadi kebanggaan masyarakat Jakarta. 

Kulineran yang populer sedap ini bahkan juga pada periode penjajahan Bel menjadi bintang di kota yang dulu namanya Batavia ini.

Kerak telor dapat disebutkan sebagai fast food-nya masyarakat Jakarta. Tak perlu memerlukan waktu lama untuk menyuguhkannya, cuman memerlukan waktu kurang dari 15 menit karena itu kamu bisa melahap kerak telor hangat yang nikmat.

Makanan tradisional betawi yang kerap ditawarkan saat ada Minggu Raya Jakarta ini dibuat dari beberapa bahan seperti, beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambahkan bawang goreng, lalu dibumbui yang dilumatkan berbentuk kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. 

Untuk harga makanan tradisional betawi ini kisaran Rp. 10.000 - Rp. 15.000 

2. Ketoprak, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Ketoprak, Makanan Tradisional Betawi
Ketoprak adalah tipe makanan khas Indonesia yang berisi ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun dan tauge. Memakai sauce kacang dan krupuk sebagai pengiringnya. 

Konon nama Ketoprak berawal dari bunyi pirik yang jatuh ‘ketuprak'. Ketoprak biasa di sarapan hari untuk makan pagi, makan siang, bahkan juga ada yang melahapnya untuk makan larut malam

Beberapa orang yang yakini jika ketoprak berawal dari Betawi atau Jakarta. Namun, cukup banyak orang yang yakini jika ketoprak berawal dari Cirebon. 

Sebagian orang mengatakan jika ketoprak berawal dari Jawa tengah. Namun, selama ini ketoprak sudah dipercaya sebagai makanan Tradisional Betawi.

Siapa tidak tahu akan makanan sedap namanya ketoprak? Rasa makanan ini benar-benar sedap. Menariknya, makanan ini juga sehat dan harga cukup dapat dijangkau untuk semuanya kelompok, Yaitu kisaran Rp. 15.000 - Rp. 20.000 per porsi nya.

3. Gado-Gado, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Gado-Gado, Makanan Tradisional Betawi
Gado-Gado sebagai makanan tradisional Betawi yang terbagi dalam bermacam kombinasi sayur, tempe, tahu, kentang, dan telur rebus lalu dihidangkan dengan siraman bumbu kacang yang renyah. 

Sayur yang dipakai diantaranya kangkung, bayam, labu siam, kacang panjang, kubis, dan taoge. Sebagai pengiringnya ada krupuk, potongan lontong, ketupat, atau nasi putih.

Sekilas, penampilan gado-gado mempunyai keserupaan dengan beberapa makanan ciri khas wilayah lain, seperti lotek (Jawa Barat dan Jawa tengah) atau pecel (Jawa Timur). 

Perbedaannya, bumbu kacangnya gado-gado tidak memakai kencur seperti lotek dan pecel. Sedang untuk isinya, gado-gado bukan hanya memakai sayur, tapi menambah telur, tahu, tempe, dan kentang sebagai isinya.

Tidak ada yang mengetahui tepat asal-mula gado-gado, tetapi sejumlah besar rujukan bebas condong mengasosiasikan gado-gado sebagai makanan tradisional Betawi. 

Untuk harga kisaran Rp. 7.000 - Rp. 10.000.

4. Sate Ayam Betawi, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Sate Ayam Betawi, Makanan Tradisional Betawi
Indonesia memang populer dengan sate-sateannya, dan sudah pasti Betawi tidak ketinggal juga. Jika kamu lahir atau telah lama tinggal di Jakarta, tentu pernah panggil abang sate yang melalui di depan rumah. 

Nach, umumnya dari gerobak sate yang melalui di Jakarta ini menawarkan sate ayam Betawi yang unik dengan bumbu kacang dan kecap manisnya, lalu dikonsumsi dengan ketupat atau lontong.

Menariknya, makanan tradisional betawi ini yakni sate Betawi dengan rasa manis itu sesungguhnya bukan salah satu tipe Sate Betawi karena ada kembali saudaranya yang namanya Sate Halus yang menyate kombinasi daging sapi cincang, kelapa parut, dan bumbu rempah. 

Sate Lembut ciri khas Betawi ini telah makin sulit diketemukan di Jakarta karena proses pembikinannya susah, serupa dengan pengerjaan sate lilit Bali.

5. Nasi Ulam, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Nasi Ulam, Makanan Tradisional Betawi
Salah satunya makanan tradisional Betawi yang semakin susah diketemukan adalah nasi ulam. Nasi dengan bermacam lauk sebagai pendamping ini sudah lama jadi identitas kulineran Betawi.

Nasi ulam ialah sajian nasi yang digabung bermacam bumbu dan rempah, terutamanya daun pegagan atau terkadang ditukar daun kemangi, sayur, dan bermacam bumbu, dan didampingi beberapa jenis lauk-pauk. 

Sajian ini berawal dari khazanah sajian Melayu, dan ada beberapa resep dan macam yang diketemukan baik di Indonesia atau Malaysia.

Di Indonesia, nasi ulam bisa diketemukan dalam seni kulineran atau makanan tradisional betawi dari suku Betawi, atau suku Melayu di Sumatra, dan diketemukan di Bali. 

Nasi ulam Betawi ada dua tipe yakni, nasi ulam berkuah yang dari Jakarta Utara dan Pusat, dan nasi ulam kering yang diketemukan di Jakarta Selatan.

Di Indonesia nasi ulam umumnya digabung daun kemangi dan diberi kacang tanah tumbuk, kerisik, atau serundeng. 

Di atas nasi ulam umumnya ditambah bermacam jenis lauk-pauk rekan nasi, seperti dendeng, telur dadar, perkedel, tahu goreng, krupuk, dan tempe.

Untuk harga nasi ulam sediri yakni kisaran Rp. 10.000 - Rp. 15,000

6. Soto Betawi, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Soto Betawi, Makanan Tradisional Betawi
Salah satunya kulineran khas Indonesia yang jangan terlewati ialah soto. Tiap wilayah mempunyai tipe soto yang berbeda, seperti soto Lamongan, soto Bandung, soto Makasar, soto Betawi, dan lainnya. Tiap soto mempunyai ciri khas masing-masing dengan rasa yang lain satu sama lain.

Bila bertkamung ke Jakarta karena itu kamu jangan melewati kenikmatan makanan tradisional betawi yakni soto ayam betawi yang disebut salah satunya tipe soto yang terkenal di Jakarta.

Soto ini bukanlah cuman memakai daging saja sebagai isian, tetapi juga memakai dalaman seperti hati, torpedo sampai organ lain seperti mata. 

Dihidangkan bersama-sama dengan irisan tomat, kentang, emping, dan daun bawang hingga menambahkan kesedapan soto betawi

Pada intinya soto Betawi ini sebagai soto daging sapi dengan kuah santan yang kental. Isian yang berlimpah dengan kuah yang kaya rempah jadikan soto ini benar-benar pas untuk dicicipi khususnya saat musim hujan.

Bersamaan perubahan jaman soto Betawi sekarang mempunyai beberapa macam kuah yang dapat kamu cicipi sesuai dengan selera walau pada intinya bahan pembikinnya tidak berbeda. Berikut beberapa jenis kuah soto betawi yang dapat kamu tentukan sama selera.

untuk harga soto betawi ini dijual kisaran dibawah Rp. 50.000

7. Pecak Lele Jengkol, Makanan Tradisional Betawi

Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi
Pecak Lele, Makanan Tradisional Betawi
Makanan tradisional betawi ini terbagi dalam ikan lele yang dimasak garing, lalu dihidangkan dengan sambal pedas dan lahapan sebagai pendamping. Sejumlah sumber menjelaskan jika pecel lele berawal dari Jawa Tengah.

Tetapi, cukup banyak juga yang mengakui jika sajian yang menyajikan berbagai macam lauk ini berawal dari Lamongan, Jawa Timur. 

Lauknya yang kamu harapkan saat melahap makanan tradisional ini dapat beberapa macam, ada ayam, tahu, tempe, terong, dan lain-lain. Saat pecel lele memasuki Jakarta, ada satu makanan khas Betawi atau makanan tradisional betawi yang namanya pecak.

Sejumlah besar orang mengenali pecel lele karena sambalnya yang nikmat dan ciri khas. Perihal ini pula yang terkadang mengakibatkan banyak konsumen kerap minta sambal tambahan

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Wajib Dicoba! 7 Makanan Tradisional Betawi"