Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi

Qfoodys, Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi - Indonesia ialah negara kepulauan yang terbagi dalam banyak pulau yang menghampar dari Sabang sampai Marauke.

 Jumlahnya pulau di Indonesia pasti membuat negara ini kaya tradisi, budaya, dan makanan khas nya. Indonesia memang mempunyai banyak kulineran/makanan khas yang dapat dibanggakan seperti beberapa macam kue basah. 

Ada beberapa jenis kue basah khas Indonesia dari bermacam wilayah yang masih belum pasti kalian temui di wilayah lain. Karena di tiap wilayah di Indonesia mempunyai kue ciri khas wilayah semasing.

Lumrah saja jika Indonesia dipenuhi oleh pelancong asing yang tiba cuman ingin nikmati bermacam kue basah khas Indonesia.

Contohnya kue basah khas betawi ini, meskipun betawi atau penduduk asli yang berasal dari Jakarta ini merupakan kota yang padat penduduk, macet, panas tentunya memiliki beragam aneka makanan khas betawi yang salah satunya adalah kue rangi yang lezatnya tiada duanya, dengan dilumeri gula merah cair diatasnya semakin menambah kenikmatan kue ini.

Dan tidak hanya kue rangi masih banyak kue-kue basah khas betawi lainnya yang banyak digemari masyarakat jakarta atau betawi. 

Dalam acara pesta atau acara tradisi khas Betawi Kamu akan mendapati bermacam macam makanannya yang unik, dimulai dari makanan berat, camilan, minuman, sampai bermacam kue. Opsi kuenya juga bermacam dan dijamin mampu mengunggah hasrat Kamu, terlebih beberapa kue basahnya.

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi

Jika kamu berkunjung ke Kota Jakarta sembari menikmati keindahan kota Jakarta kamu wajib mencicipi beberapa kue basah khas betawi ini. Dijamin bikin ketagihan dehh.. selain rasanya yang khas harganyapun pasti terjangkau Foodys.

Karena jarang-jarang lho kalian menemukan makanan khas ini di kota kalian... Baikk simak pembahasan mengenai Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi.

1. Kue Rangi, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Kue Rangi, Kue Basah Khas Betawi
Kue basah khas Betawi ini dibuat dari kombinasi tepung beras dan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan berupa 1/2 lingkaran di atas sebuah tungku. 

Sesudah usai dipanggang, kue rangi dihidangkan dengan gula merah kental yang dibalurkan di atas kuenya. Kue rangi benar-benar cicipi bila dikonsumsi saat hangat. Rasa asin dan manisnya bersatu menjadi satu dalam mulut Kamu. Hmm, Deliciousss!

Dari rasa kue rangi yang menggelegar di mulut, yang memanjakan perut kamu dibalik semua itu harga dari kue rangi ini pun pas dikantong lhoo Foodys yakni kisaran Rp. 10.000 - Rp. 20.000 dijamin dehh... bikin kamu ketagihan.

2. Kue Putu Mayang, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Kue Putu Mayang, Kue Basah Khas Betawi
Putu mayang adalah kue basah khas betawi yang bahan dasar berupa tepung kanji atau tepung beras yang memiliki bentuk seperti mie, dengan kombinasi santan kelapa di suguhkan dengan kinca atau sauce gula merah.

Sama seperti kue rangi yang memiliki rasa manis dari gula merah yang dicairkan memiliki citarasa yang khas pada saat kamu mencicipi kue Putu Mayang ini. 

Kue ini dihidangkan dengan disiram gula merah dan santan atau memberikan taburan kelapa di larutan gula cair pada putu mayang yang bakal dikonsumsi. Bukan hanya itu, macam penampilannya juga dibuat warna warni hingga makin memikat.

Kue ini sebagai salah satunya kebanggaan warga Betawi akan kulineran di Indonesia. Harga dari kue putu mayang ini ialah kisaran dibawah Rp. 50.000. Cocok lah untuk kamu yang haus akan kuliner boleh nihh dicoba.

3. Cente Manis, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Cente Manis, Kue Basah Khas Betawi
Kue Basah Khas Betawi ini yakni Kue cente manis punyai nama lain yakni kue jentik manis. Sama namanya, kue basah ini benar-benar sangat elok dan manis, baik dari sisi penampilan atau rasa. 

Kue ini lebih banyak dijumpai di Pulau Jawa dan biasa jadi sajian saat arisan, tatap muka keluarga, atau sebagai menu berbuka puasa saat Ramadhan.

Kue ini dibuat dari tepung hunkwe dan biji delima atau umum disebutkan pacar china. Tepung hunkwe sendiri sebagai tepung yang dibuat dari pati kacang hijau dan warna putih. 

Struktur kue ini halus dan empuk, serupa seperti puding namun memiliki rasa yang khas dibanding dengan puding biasa.

Makanan Khas Betawi ini nikmat disajikan pada saat sedang bersantai bersama keluarga ya.. makanan apapun akan nikmat bila disantap bersama keluarga tercinta heheh.. Untuk harga cente manis ini kisaran Rp. 10.000.

4. Lupis Ketan, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Lupis Ketan, Kue Basah Khas Betawi
Salah satu kue basah khas betawi ini Kue lupis namanya, kue yang dibuat dari beras ketan yang dibikin tanpa bahan pengawet.

Kue lupis umumnya dicicipi dengan siraman gula aren. Rasa manis dari siraman gula aren cair bersatu dengan kenyalnya struktur kue lupis jadi gabungan yang nikmat saat kita mencicipinya. 

Kue yang sepintas serupa dengan lamang ini benar-benar cocok dicicipi saat pagi didampingi dengan satu cangkir teh hangat atau kopi.

Saat sebelum dicicipi, kue lupis yang telah jadi harus dipotong lebih dahulu dengan tiap potongannya sama besar. Sebagai pendamping, lupis disiram dengan gula jawa cair dan parutan kelapa yang telah dikukus.

Umumnya kue lupis dipasarkan pada harga Rp. 3000 per potong. Bila Kamu ingin menikmatinya dengan keluarga di dalam rumah, Kamu dapat beli kue lupis ini per lonjor yang dipasarkan pada harga sejumlah Rp. 17.500. Per lonjor kue lupis menjadi 12 potong dan siap dihidangkan sebagai makanan yang cocok untuk santai.

5. Kue Pepe, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Kue Pepe, Kue Basah Khas Betawi
Kehadiran dari kue pepe dalam masyarakat Betawi sendiri melambangkan jalinan kuat dalam sebuah persaudaraan yang tidak terputus dan lekat terus . Sehingga dari kue tradisional yang ini disimpan sebuah nilai kehidupan yang paling dalam.

Tetapi sayang sekarang ini kue-kue khas Betawi seperti ke pepe ini mulai tidak ada popular lagi. Kecuali tergeser dengan kue-kue dari wilayah lain, kue basah khas Betawi seperti ini kalah berkompetisi dengan kue di luar negeri. Bahkan juga kecuali kue pepe ini, banyak kue basah khas Betawi yang lain yang memiliki nasib sama dengan kue pepe ini.

Dapat disebutkan kue pepe ini demikian khusus dikalanagan warga Betawi. Mengapa tidak, kue yang ini dapat disebut sebagai kue yang harus berada di tiap acara perkawinan warga Betawi.

Jadi dapat disebut kue yang ini adalah kue yang paling kental dengan warga betawi. Bahkan juga banyak yang menjelaskan tiap menyebutkan kue ciri khas Betawi, yang pertama kalinya ada ialah kue pepe. Harga kue pepe yakni sekitar Rp. 5.000 - Rp. 10.000

6, Kue Talam, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Kue Talam, Kue Basah Khas Betawi
Kue Talam Semakin nikmat bila didampingi satu cangkir teh hangat. Struktur kuenya halus bersatu dengan gurihnya santan. Berasa nikmat sampai gigitan paling akhir. Nyam!

Walau dikelompokkan sebagai kue khas Betawi, tetapi ketenaran kue talam tidak pernah redup. Bahkan juga kue ini sanggup berkompetisi dengan bermacam pasty. 

Umumnya kue talam yang dibuat dari tepung terigu, tepung beras atau tepung tapioka, dibuat seperti mangkok kecil.

Penjual kue talam di pasar banyak, tetapi tidak gampang mendapati struktur kue talam yang halus, mulus, manis dan memiliki bahan alami. Rerata dibungkus dengan plastik terbuka supaya tidak lekat pada tangan saat dikonsumsi

Adonan tepung beras dan santannya betul-betul mulus dan cukup renyah. Struktur ini juga bersatu cocok dengan topping berbumbu yang dibuat dari kelapa parut, ebi dan bawang goreng yang garing. Rasanya jadi renyah, manis dan pedas. Talam bumbu ini halus dengan struktur gurih dari toppingnya. 

Untuk Harganya kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.0000.

7. Kue Bugis Betawi, Kue Basah Khas Betawi

Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi
Kue Bugis Betawi, Kue Basah Khas Betawi
Kue khas Indonesia benar-benar sangat mempunyai banyak fans. Salah satunya kue yang populer ialah Kue Bugis dengan isian gula merah yang manis. 

Kue Khas Betawi ini kerap ditawarkan oleh beberapa penjual kue di pasar tradisional atau beberapa pedagang kaki lima.

Teksturnya yang legit dan isian gula merah dan kelapanya yang manis membuat lidah ingin terus melahapnya. 

Kue bugis ketan hitam, makanan ini terbanyak kita temui di acara pesta pernikahan warga Betawi. Kecuali di acara pesta pernikahan, kue ini ada saat acara pengajian, rapat, arisan dan lain-lain. Rasanya manis dan legit.

Sekian dan Sukses selalu.




Posting Komentar untuk "Aneka Kue Basah Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi"