Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba

QfoodysMinuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba -  Pernah nikmati makanan khas Betawi saat piknik di Jakarta? Lantas apa kamu pernah nikmati minuman khas Betawi yang mereka punyai? 

Bukan hanya makanan uniknya saja yang mempesona, masyarakat Betawi mempunyai banyak minuman khas betawi yang mempunyai cita-rasa tertentu, yang sayang untuk dilewati bila kamu ingin menambahkan pengalaman rasa saat berekreasi kulineran di Jakarta

Jakarta sebagai kota metropolitan dan sebagai ibu-kota dari Indonesia, Jakarta sendiri populer mempunyai beberapa gedung yang tinggi, kemacetan dimana saja dan pencemaran udara. 

Disamping itu Jakarta termasuk juga ke kota yang mempunyai ongkos hidup tinggi.

Walau demikian, kota Jakarta mempunyai tempat rekreasi yang pasti beberapa orang baik itu dari lokal atau luar Jakarta mengunjunginya. Bila bertandang ke Jakarta tidak komplet rasanya bila tidak mencicip beragam macam minuman khas Betawi.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Indonesia itu kaya akan budaya dan kuliner khas setiap daerahnya nya mulai dari sabang sampai merauke. 

Keberagaman ini menjadi salah satu ciri khas dari Indonesia yang dijuluki sebagai Negara kepulauan. Namun pada saat ini, pada zaman ini makanan-makanan tradisional hampir tenggelam oleh zaman. 

Kita sebagai warga negara patut melestarikan makanan-makanan tradisional tersebut dan kita juga harus menambah wawasan kita salah satu nya dibidang kuliner ini. Gaskan sajalah kita langsung masuk ke pembahasan kita mengenai Minumah Khas Betawi.

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba

Sudah pasti kita mengenal betawi bukan? yaa.. minuman khas betawi itu eragam lho.. mulai dari yang menghangatkan tubuh hingga menyegarkan tubuh dikala cuaca sedang terik-teriknya. Tak usah banyak basa basi ini lah Minuman Khas Betawi yang segar dan Wajib Kamu Coba:

1. Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Es Selandang Mayang, Minuman Khas Betawi
Es Selendang Mayang sebagai salah satunya minuman khas Betawi. Minuman fresh yang dibuat dari tepung sagu ini nyaris serupa dengan puding yang memiliki bentuk berlapis-lapis.

Adonan kue warna hijau atau merah yang seperti agar-agar dipotong kotak-kotak bersatu dengan santan yang warna putih hingga penampilannya membuat orang terpikir pada wujud selendang. 

Oleh karenanya minuman ciri khas Betawi itu diberi nama selendang mayang.

Minuman ini mempunyai rasa manis dan legit, siapa akan menyenangi es selendang mayang. Umumnya, susunan es selendang mayang mempunyai warna putih yang dari santan. 

Selanjutnya, ada merah, dan hijau dan kelihatan mengunggah selera.

Untuk harga minuman khas betawi ini kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000

2. Es Goyang, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Es Goyang, Minuman Khas Betawi
Minuman favorite beberapa anak kecil ini namanya es goyang. minuman khas Betawi ini lebih banyak dicintai oleh anak kecil karena rasanya yang nikmat. Jika makan es goyang, kamu terasanya bernostalgia karena es ini biasanya dicintai oleh anak kecil.

Rupanya minuman ini ialah minuman ciri khas orang Betawi. Minuman yang memiliki bentuk seperti es cream ini telah ada sejak dari jaman dulu. 

Bahan untuk bikin es goyang ialah tepung sagu/ketan yang dibikin jadi kue (hukwe), santan, dan gula.

Es goyang rasanya manis, renyah, dan sudah pasti segar. Dinamai es goyang karena saat membuat minuman ini dilaksanakan dengan digoyangkan. Triknya yakni dengan masukkan adonan es ke cetakan es lalu digoyangkan-goyang sampai jadi padat. 

Untuk harga minuman khas betawi ini kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000

3. Es Campur Betawi, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Es Campur Betawi, Minuman Khas Betawi
Minuman Khas Betawi ini yakni Es Campur Betawi Tidak berbeda jauh dengan es campur biasanya, es campur Betawi mempunyai isian yang nyaris sama. 

Tetapi, ketidaksamaan yang paling menonjol ada pada tambahan bubur sumsum sebagai pendamping. Maka pada sebuah jatah produk wilayah ini berisi kelapa muda, nangka, alpukat, buah mangga, agar-agar, es bubur sumsum dan serut.

Isian itu selanjutnya ditambah dengan sirup agar mempunyai rasa manis. Es campur Betawi umumnya dipasarkan oleh pedagang kaki lima. Tetapi, sekarang ini dipasarkan di restaurant yang berada di Jakarta.

Untuk harga minuman khas betawi ini kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000

4. Es Cendol Betawi, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Es Cendol Betawi, Minuman Khas Betawi
Minuiman Khas Betawi ini yakni Es Cendol yang tidak Asing di kelompok warga ini rupanya simpan sejarah.

Cendol ini rupanya pernah terkenal di Asia Tenggara terhitung Indonesia. Ini karena Bahan Dasar Es Cendol yang dari Tepung Beras. 

Karena sejumlah besar negara Asia Tenggara Seperti Indonesia,Singapura, Vietnam dan Malaysia gampang untuk hasilkan beras. Khususnya di Indonesia yang disebut negara agraris.

Tiap Negara mempunyai kekhasan tertentu dalam penampilan cendol yang dibuat. Untuk Warga Betawi, Cendol minuman yang benar-benar dikenal. 

Memiliki bahan Dasar Tepung Beras dihidangkan dengan es serut dan Kuah santan. Membuat minuman ini jadi terkenal untuk dikonsumsi pada cuaca yang panas.

Meskipun disebutkan berawal dari Sunda, Cendol ini juga terkenal dan jadi minuman yang dicintai masyarakat Jakarta.

Hingga warga betawi adopsi cita-rasa Cendol ini. Anda bisa mendapati minuman fresh ini dipasarkan di gerobak sejauh jalan bahkan restoran eksklusif menyuguhkannya.

Minuman ini umumnya dihidangkan sebagai pembersih mulut dan pas dikonsumsi dengan keluarga. Anda tak perlu keluarkan uang banyak untuk melahapnya. Es Cendol kecuali Nikmat membuat Anda irit.

Untuk harga minuman khas betawi ini kisaran Rp. 5.000 - Rp. 10.000

5. Bir Pletok, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Bir Pletok, Minuman Khas Betawi
Dengar kata bir, tentu yang tebersit di otak ialah panggilan untuk minuman beralkohol. Tetapi, rupanya ada lho bir yang serupa sekali tidak ada alkohol di dalamnya. Namanya, bir pletok.

Bir pletok sebuah minuman khas betawi yang telah ada semenjak jaman penjajahan Belanda dulu. Bir pletok terbentuk, karena di saat itu warga Betawi banyak yang tertarik untuk minum bir, sama seperti yang dilaksanakan beberapa orang Belanda saat berpesta.

Tetapi, karena minuman itu memabukan, karena itu warga Betawi juga membuat minuman yang jika disaksikan sepintas seperti sebuah bir. 

Warna dari minuman ini, ialah merah kecokelatan, serupa anggur. Itu penyebabnya minuman ciri khas Betawi ini, dinamakan 'bir'.

Sedang nama 'pletok', berawal dari suara penyumbat botol yang dibuat dari kayu. Saat dibuka, maka hasilkan suara 'pletok'. Dalam pembikinannya, benar-benar tidak memakai alkohol.

Seluruh bahan yang dipakai ialah rempah-rempah tradisionil, seperti lada, sereh, daun jeruk, daun pandan, kapulaga, pala, cengkeh, jahe merah, cabai jawa, kayu manis, dan gula pasir. Sedang, warna merahnya berawal dari kombinasi kayu secang.

Bir pletok terbentuk dari campuran rempah-rempah. Kombinasi rempah-rempah itu, bisa memberi rasa pedas pada awal dan dampak hangat dalam tubuh saat meminumnya. 

Tidak itu saja, bir pletok berguna juga untuk menurunkan nyeri lambung, memulihkan radang persendian, dan menyembuhkan masuk angin.

6. Kopi Jahe Betawi, Minuman Khas Betawi

Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba
Kopi Jahe Betawi, Minuman Khas Betawi
Kopi Jahe sebagai salah satunya minuman khas Betawi yang sudah ada semenjak era ke-18. Di saat itu, banyak pedagang yang memakai perahu dan rakit telusuri Kali Cisadane untuk bawa komoditi sejumlah besar ialah rempah-rempah.

Posisi labuh transportasi sungai ialah Dermaga di Pinggir Kali Angke. Warga di seputar Kali Angke condong agamis dan mempunyai rutinitas rayakan acara pesta (khitanan, pernikahan) atau mengingati hari besar seperti Maulidan, Mikrajan, dan Khatam Al Quran dengan menyajikan bermacam tipe minuman dan makanan. Kopi Jahe jadi salah satunya minuman yang dihidangkan sebagai pendamping hidangan

kopi jahe umumnya digabung dengan susu kental manis dan gula pasir (opsional). Waktu penyuguhan kopi jahe yang terbaik ialah malam hari dan sore. 

Lewat hidangan Kopi Jahe, tersurat arti kebersama-samaan dan transparansi dalam men-share dari pengalaman beberapa masyarakat yang bergabung baik dalam acara acara atau aktivitas yang lain.

Akhir kata sekian pembahasan mengenai Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba. Terimakasih dan sukses.

Posting Komentar untuk "Minuman Khas Betawi yang Segar dan Wajib Kamu Coba"