Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aneka Jajanan Khas Betawi

Qfoodys, Aneka Jajanan Khas Betawi - Betawi atau Jakarta adalah kota paling padat sekalian jadi ibu-kota dari Indonesia. Di kota ini Kamu dapat mendapati bermacam jenis rekreasi menarik, dimulai dari yang monumental sampai kekinian. 

Sesudah senang berkeliling-keliling Jakarta, tentu saja tidak syah jika belum mencicipi jajanan khas Betawi yang paling sedap.

Tidak cuman simpan segudang tempat rekreasi menarik, Jakarta memiliki bermacam makanan khas betawi yang dapat Kamu untuk jadikan oleh-oleh atau cemilan untuk keluarga di dalam rumah.

Walau dikenali sebagai ibu-kota, tapi Kamu masih dapat mendapati oleh-olehan pada harga yang bervariatif di kota itu.

Perubahan jaman yang cepat rupanya tidak menenggelamkan makanan khas Betawi. Walau terbagi dalam bangunan dan gedung yang tinggi, kamu masih dapat memperoleh makanan khas Betawi.

Yaa walaupun ada beberapa makanan khas betawi atau jajanan khas betawi yang keberadaannya hampir punah , sudah sepatutnya kita melestarikan makanan-makanan khas ini termasuk makanan-makanan khas didaerah lainnya. 

Agar anak cucu kita nanti dapat merasakan kenikmatan dan kelezatan atau uniknya cita rasa makanan khas yang salah satunya jajanan khas betawi ini.

Aneka Makanan Ringan atau Jajanan Khas Betawi 

Jajanan khas Betawi yang ramai pada zaman 90an ini masih disukai sampai sekarang ini. Dahulu sampai saat ini jajanan ini kerap diperjualbelikan oleh pedagang asongan atau pedagang kaki lima di Jakarta atau sekelilingnya.

Perbedaannya, dahulu jajan ini benar-benar tumbuh subur di jalanan Jakarta. Tetapi sekarang, jajanan khas Betawi ini cuman diperjualbelikan di beberapa tempat tertentu. 

Walau demikian, jajan ini tetap jadi favorite semua kalangan warga Betawi lho. Penasaran? Simak pembahasan berikut yaa...

1. Kue Ape, Jajanan Khas Betawi

Aneka Jajanan Khas Betawi
Kue Ape, Jajanan Khas Betawi
Seiring waktu berjalan, bermacam jajanan khas betawi itu mulai susah diketemukan. Tetapi, ada juga jajanan yang sampai saat ini masih bertahan, salah satunya yaitu kue ape. 

Buat kamu anak 90-an masih ingat akan wewangian pandan dan rasanya yang halus di tengah-tengah, dan garing dan gurih di pinggirnya

Jajanan beraroma ciri khas yang dari daun suji dan pandan ini sebagai, jajanan khas Betawi yang disebutkan kue tetek atau serabi Jakarta. Perbedaannya, kue ape mempunyai struktur lebih gurih di bagian pinggirnya, sementara serabi lebih padat

Tidak cuman nikmat, jajanan ini disukai karena pembikinannya yang cepat dan sederhana. Cukup dengan menyimpan adonan ke wajan kecil selanjutnya diratakan sisi pinggirnya. 

Seterusnya wajan ditutup dan didiamkan sepanjang beberapa saat sampai pinggirannya warna kecoklat-coklatan.

Sesudah masak, kue ape langsung bisa diangkat dan dibuntel untuk beberapa konsumen. Kadang-kadang Nana masih mengeduk adonan supaya masih fresh. Kue Ape dihargai kisaran Rp. 1.000 - Rp. 3.000 per buah nya

2. Kue Pancong,  Jajanan Khas Betawi

Kue Pancong sebagai salah satunya kue khas betawi atau jajanan khas betawi yang masih terkenal kehadirannya, karena persebarannya yang rata dikuasai oleh banyak pedagang keliling yang menawarkan kue itu.

Dengan bahan dasar tepung beras, kue ini lebih nikmat dikonsumsi sebentar sesudah diambil dari panggangan, dan diberi gula pasir di bagian kue yang basah. Untuk Harganya kisaran dibawah Rp. 50.000

3. Kembang Goyang, Jajanan Khas Betawi

Aneka Jajanan Khas Betawi
Kembang Goyang, Jajanan Khas Betawi
Mungkin Kamu telah jarang-jarang mendapati kue khas Betawi atau Jajanan khas Betawi yang ini. Namanya kue kembang goyang. Saat hari raya Idul Fitri, kue ini jadi sajian khas Betawi saat menyongsong tamu yang tiba bersilaturahmi. 

Akhir-akhir ini, reputasi kue kembang goyang memang turun, bersamaan makin bertambahnya tipe kue yang ada.

Kue kembang goyang ialah jajan kuno yang sampai sekarang ini masih disukai warga. Nama ‘kembang goyang' berawal dari memiliki bentuk yang seperti kelopak kembang dan proses membuat digoyangkan-goyang sampai adonan lepas dari cetakan

Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung beras atau tepung ketan. Bersamaan perubahan, kue ini juga alami tambahan variasi rasa. 

Beberapa tetes essens frambozen, essens pandan, dan biji wijen sebagai macam rasa sampai tambahan warna membuat performa kembang goyang kelihatan demikian menarik. Sebagai kue yang disajikan di toples bening, kembang goyang benar-benar elok bila diatur dengan bagus.

Harga kembang goyang kisaran dibawah Rp. 50.000

4. Wajik, Jajanan KHas Betawi

Aneka Jajanan Khas Betawi
Wajik, Jajanan Khas Betawi
Jajanan Khas Betawi ini Rupanya, wujud wajik ada juga dalam jajanan pasar semua wilayah Indonesia. Diantaranya kota Jakarta. 

Kudapan memiliki tekstur lekat dan legit ini dibuat dari beras ketan yang diolah bersama gula merah dan santan. Gula merah akan membuat wajik warna coklat dan berasa manis legit.

Tidak sembarangan orang yang dapat membuat wajik empuk dan lumer dimulut. Walaupun kelihatan simpel, pembikinannya membutuhkan banyak latihan dan kesabaran agar hasilkan struktur yang diharapkan Nama wajik sendiri berawal dari wujud kudapan ini.

Sesudah adonannya siap, kudapan ini akan diiris-iris iris ketupat atau jajar genjang. Yang dengan bahasa jawa disebutkan wajik. 

Tidak cuman cokelat, Jajanan khas Betawi ini dibikin beragam warna seperti merah, hijau, dan kuning. Jika banyak daerah Jawa biasa menggunakan daun pisang, wajik Betawi cuman dibuntel kertas minyak putih atau plastik bening.

Bersamaan perubahan jaman, resepnya mulai diubah plus tambahan bermacam buah seperti durian atau nangka supaya cita-rasa makin unik

Jajan manis ini datang pada acara tradisi seperti khitanan dan pernikahan. hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai sajian beberapa tamu yang bertandang

Untuk harga Wajik sendiri kisaran Rp. 10.000 - Rp. 20.000

5. Kue Cincin, Jajanan Khas Betawi

Aneka Jajanan Khas Betawi
Kue Cincin, Jajanan Khas Betawi
Warga Betawi benar-benar sangat simpel dalam membuat hidangan kue. Dan diantaranya ialah kue cincin Betawi. Hidangan kue ini termasuk Unik dan istimewa buat Kamu yang baru cobanya.

Kue cincin atau jajanan khas Betawi ini benar-benar pas untuk cemilan harian kamu dengan keluarga. Banyak kalangan warga yang menyenangi dengan hidangan cemilan saat rileks. 

Untuk menyuguhkannya, Kamu dapat membeli dan dapat untuk membuat sendiri.

Tetapi perlu gabungan khusus untuk Kamu yang newbie atau pemula untuk bikin satu hidangan kue. Supaya bisa Kamu suguhkan dengan keluarga, Anda dapat membuat sendiri.

Untuk membuat memang lumayan mudah. Tetapi didalamnya ada banyak step yang perlu dilakukan secara khusus. Tetapi kita tidak akan membahas resep melainkan mengenai kue cincin ini sendiri, Yapp.. jajanan khas Betawi ini memiliki cita rasa yang khas dan dihargai dengan kisaran dibawah Rp. 50.000 dijamin deh akan memuaskan rasa lapar kamu.

6. Kue Semprong, Jajanan Khas Betawi

Kue semprong ialah jajanan khas Betawi yang telah dikenali seluruh Indonesia. Kue ini memiliki wujud seperti tabung kecil yang memanjang dengan struktur gurih dan renyah.

Wewangian dari kue ini bagus sekali beberapa customer, hingga cukup banyak pada mereka yang beli dalam skala besar untuk jadi oleh-olehan. Kue ini juga pas untuk fans rasa manis, karena memakai gula merah sebagai bahan bakunya.

7. Kue Akar Kelapa, Jajanan Khas Betawi

Aneka Jajanan Khas Betawi
Kue Akare Kelapa, Jajanan Khas Betawi
Sesuai namanya, kue khas betawi ini memiliki wujud yang seperti akar dari pohon kelapa, yakni meliuk tidak teratur. Kue akar kelapa dibuat dari beberapa bahan khusus, seperti tepung beras, telur, gula, mentega dan tepung ketan.

Kue ini bisa Anda menjadikan oleh-oleh, karena rasanya yang renyah dan tidak begitu manis. Disamping itu, kue ini dapat bertahan lumayan lama, karena termasuk ke barisan kue kering. Untuk harga kisaran Rp. 20.000 - Rp. 30.000.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Aneka Jajanan Khas Betawi "