Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!

Qfoodys, Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba! - Indonesia dari sabang sampai merauke kaya akan budaya dan kulinerannya termasuk salah satunya yang berada di Pulau Dewata Bali ini yakni jajanan khas Bali. Banyak sekali jajanan-jajanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Dimulai dari makanan berat sampai cemilan dan jajanan yang dapat kita menjadikan makanan enteng saat nikmati satu gelas kopi atau teh panas di sore dan pagi hari.

Sekarang ini ada banyak tipe jajanan khas Bali yang populer, baik yang rasanya asin atau manis, renyah sampai pedas dan asam.

Dan kamu tidak boleh cemas, bermacam jajan yang kerap ditawarkan oleh beberapa pedagang ini juga harga benar-benar dapat dijangkau alias murah murah ramah berisi dompet.

Coba ingat saat paling akhir liburan ke Pulau Bali, jajan ciri khas apa yang telah kamu membeli? Bukan hanya pie susu dan kacang disko, Bali punyai berbagai macam jajanan khas Bali yang lain lezat dan harga dapat dijangkau.

Tak perlu sulit-susah menelusurinya, kamu bisa mendapati jajan ciri khas ini di beberapa pasar tradisionil di Bali.

Ada keserupaan di antara jajan Bali ini dengan jajanan dari wilayah lain, tetapi ada bahan tertentu yang membuat jajanan ini unik. Dimulai dari kue-kue, minuman dan pengganjal perut yang cukup mengenyangkan bisa kamu dapatkan

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!

Seperti beberapa tempat lain di Indonesia, Bali punyai bermacam makanan nikmat sebagai keunikan masyarakat di situ. 

Saat di Bali, Kamu bukan hanya dapat mendapati makanan berat, tapi juga bermacam tipe jajan ciri khas Bali, baik yang asin, renyah, dan manis.

Nach, untuk beberapa pecinta jajan manis, ada beberapa cemilan tradisionil ciri khas Bali yang dapat Anda coba. Dari demikian beberapa pilihan, berikut Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba:

1. Laklak, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Laklak, Jajanan Khas Bali
Jajanan tradisional Serabi, berbentuk kue berupa bulat dengan kombinasi kuah santan dan gula merah ini telah terlalu dekat di lidah kita.

Bahkan juga, tidak hanya manis, serabi mulai dihidangkan dengan macam yang lebih modern, misalkan dengan topping keju, sosis, atau mayones hingga rasanya jadi renyah.

Tetapi, Dibuat dari tepung beras yang dicampurkan sama air, laklak umumnya dikasih bahan warna alami dari daun suji.

Proses pembikinannya juga unik, yakni dengan memakai cetakan tanah liat yang dipanaskan di atas kayu bakar. 

Untuk kamu yang pernah saksikan cetakan untuk takoyaki, cetakan untuk laklak ini lebih kurang memiliki bentuk serupa semacam itu. 

Sesudah masak, laklak akan dihidangkan hangat dengan taburan kelapa parut dan gula merah yang dicairkan.

Dapat dipikirkan bagaimana kombinasi manisnya gula jawa dan gurihnya kelapa, ditambah lagi wewangian dan cita-rasa yang unik karena proses pengerjaan laklak yang memakai kayu bakar.

Selainnya sebagai menu makan pagi, laklak ini sering dibikin ketika berada acara pesta atau perayaan tradisi di Bali.

2. Batun Bedil, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Batun Bedil, Jajanan Khas Bali
Kue atau jaja batun bedil sebagai jajanan khas Bali. Untuk Kamu warga Bali tentu sudah mengenali secara baik tipe makanan yang ini. 

Makanan ini betul-betul nikmat dan menarik, membuat Kamu yang pernah merasainya akan suka kembali dan kembali.

Wujud dari Jajanan khas Bali ini yakni bundar gepeng, saat itu untuk rasanya kenyal bersatu renyah, dan diselimuti dengan adonan encer memiliki bahan gula merah. 

Disamping itu, diperlengkapi oleh taburan kelapa parut, jadi betul-betul renyah saat dikonsumsi. Harum dari jajan ini benar-benar wangi, sanggup menghidupkan nafsu makan.

Jaje batun bedil diberi nama begitu karena umumnya adonan ketannya dibuat seperti biji peluru yang bundar runcing ujungnya. 

Tetapi juga bisa dibuat bundar gepeng. Jaja Batun Bedil ini sebagai jajanan Khas Bali yang sayang untuk ditinggal.

Jaja Batun Bedil berbentuk sebuah cemilan yang mempunyai kalori yang rendah. mempunyai cita-rasa yang unik yakni kombinasi di antara rasa kenyal, renyah diselimuti gula merah cair yang paling menarik dan parutan kelapa muda yang mengunggah hasrat.

Membuat Kamu terasanya ingin langsung hap saat menyaksikan jaja batun bedil ini tanpa berpikir panjang untuk menimbangnya.

3. Sumping Waluh, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Sumping Waluh, Jajanan Khas Bali
Untuk pencinta kulineran tradisional, Bali sebagai surga terselinap jajanan tradisional di Negara Surga ini . 

Indonesia sebagai Negara Surga Kulineran tidak pernah usai diekspolorasi. Identitas budaya makin hari makin kuat antara penekanan makanan kekinian yang semakin memikat.

Ada jajanan namanya sumping waluh di Bali. Pencinta kulineran nusantara pasti tidak asing bernama satu ini. 

Sumping itu nama wilayah untuk kue tradisional olahan tepung beras yang dikukus. Sementara waluh memiliki arti labu kuning. Labu kuning ini bahan kombinasi sebagai keunikan.

Bila ke Bali, kulineran nusantara di pasar tradisional menjadi salah satu jalan untuk mengenali budaya di tempat. 

Jajanan sumping waluh gampang dijumpai di Bali. Tiap daerah di Bali membuat sumping waluh sebagai salah satunya jajanan khas Bali. 

Untuk pencinta kulineran nusantara, pasti ingat benar di mana harus menelusurinya. Sumping Bali termudah dijumpai di beberapa pasar tradisionil. Sumping waluh dapat dijumpai di warung kecil di tepian kota.

4. Jaje Bendu, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Jaje Bendu, Jajanan Khas Bali
Nikmati sejuknya udara pagi didampingi satu cangkir kopi atau teh memang membahagiakan. Tapi makin lebih nikmat bila sekalian melahap jajanan manis atau jajanan khas Bali, diantaranya jaje bendu. 

Pernah dengar bendu awalnya? Warga Bali kelihatannya sejumlah besar pernah mencicip jajan ini ya, Semeton. Jaje bendu ini sebagai jajan tradisionil dengan rasa yang unik dari Bali Barat, Jembrana.

Jaje bendu biasanya memiliki warna putih dan berupa gepeng memanjang kurang lebih sejari telunjuk orang dewasa. 

Dengan susunan luar cukup kaku, saat digigit jaje bendu akan berasa manis gula aren. Rasanya cukup serupa dengan dadar gulung, perbedaannya jaje bendu tidak selembut dadar gulung.

Bila dulu jaje bendu dihidangkan saat upacara keagamaan atau acara besar yang lain di Jembrana, sekarang ini kita bisa dengan gampang menjumpainya di beberapa pasar tradisionil pada harga yang paling dapat dijangkau yakni Rp.1000,- per buahnya.

Tidak itu saja, jaje bendu sekarang ini ada dengan bermacam warna bergantung kreativitas pembikin dan keinginan konsumen seperti warna ungu dan hijau. 

Jadi tidak bingung dengan kesedapan rasa dan kekhasan penyuguhan jaje bendu ini.

5. Tipat Cantok, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Tipat Cantok, Jajanan Khas Bali
Salah satu Jajanan Khas Bali yakni Tipat cantok bukan hanya gampang dijumpai di beberapa tempat rekreasi, bahkan juga sebagian besar daerah pulau dewata dengan gampang menemui Jajanan Khas bali yang ini.

Jajanan ini termudah didapat di beberapa warung lokal. Selain rasanya yang nikmat, kulineran ini harga yang murah dan meriah, di antara Rp 5.000 - Rp 7.000.

Jajanan khas bali ini serupa dengan ketoprak (makanan khas Betawi dan gado-gado (makanan khas Yogyakarta). Bahkan juga bahan yang dipakai juga hampir serupa.

Dengan bahasa Bali, tipat mempunyai pemahaman "ketupat" dan cantok mempunyai pemahaman "pengulegan". Ya untuk bikin tipat cantok harus memakai pengulegan atau "penyantokan" ataupun lebih dikenali bernama cobek.

Elemen khusus pengerjaan tipat cantok ialah kacang tanah yang telah dimasak, sayur rebus, dan ketupat. 

Bahan sayur yang kerap dipakai untuk bikin tipat cantok umumnya kacang panjang, toge, bayam, dan kangkung. Kadang sayur itu juga bisa ditukar dengan tahu yang telah dimasak.

Tipat Cantok sebagai Jajanan khas Bali yang merakyat. Makanannya tidak menjemukan, murah, dapat diperoleh dimanapun, jadi ya banyak dicintai. 

Untuk membuat juga tidak susah, karena beberapa bahannya gampang sekali didapat

6. Pisang Rai, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Pisang Rai, Jajanan Khas Bali
Buah pisang bermakna yang demikian dalam untuk warga Bali. Mereka juga jadikan buah yang ini sebagai tipe sesajen yang tidak dapat terlewati. 

Selainnya sebagai sesajen, buah pisang diproses dalam bermacam tipe Jajanan khas Bali nikmat oleh warga Bali. Diantaranya ialah jaje pisang rai.

Jaje pisang rai jadi tipe Jajanan Khas Bali yang telah berkembang lumayan lama. Cara membuat jajan tradisionil Bali ini tidak demikian susah. 

Namun, untuk beberapa bahan yang dipakai, jangan menggunakan sembarangan tipe pisang. Pisang yang diputuskan untuk membuat pisang rai ialah tipe pisang sundul yang sudah berumur tua.

Ada argumen khusus mengapa jaje pisang rai dibikin dengan bahan khusus berbentuk pisang sundul yang sudah berumur tua. 

Pisang pada keadaan yang semacam ini, dapat hasilkan rasa yang demikian manis. Seterusnya, rasa pisang yang manis membuat pisang rai yang dibuat dapat berasa lebih sedap. Bukan hanya legit, tapi pun demikian halus.

Jaje pisang rai dapat dengan gampang diketemukan di Pulau Dewata Bali. Kamu bisa berusaha untuk memburu kulineran tradisionil Bali ini saat pagi hari. 

Langkah untuk memperolehnya pun demikian gampang. Cukup hanya bertandang ke beberapa pasar tradisionil yang berada di Bali. Langkah terenak untuk nikmati hidangan pisang rai dengan dibarengi kopi atau teh manis hangat.

7. Rujak Bulung, Jajanan Khas Bali

Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!
Rujak Bulung, Jajanan Khas Bali
Siapakah yang tidak mengenal rujak? Di tengah-tengah teriknya sengatan matahari, rujak menjadi salah satunya alternative pembersih mulut yang rasanya fresh, pedas, sekalian manis di saat bertepatan.

Umumnya, rujak dibikin dari kombinasi buah-buahan seperti mangga muda, kedondong, bengkuang, nanas, dan lain-lain. Tetapi, beda hal dengan Rujak Bulung atau rujak khas Bali yang ini.

Bukannya memakai buah-buahan itu, bahan rujak Bulung ini ialah rumput laut!

Rumput laut yang dipakai dalam rujak bulung ini ialah rumput laut yang namanya Bulung Boni. Disebutkan, rumput laut ini mempunyai faedah untuk keluarkan toksin dan kaya serat yang bagus untuk badan. 

Bulung Boni sendiri sebagai tipe rumput laut yang memiliki bentuk serupa ranting dan mempunyai struktur kenyal saat dikunyah.

Struktur kenyal berikut yang membuat rujak bulung jadi spesial. Ini karena rujak bulung umumnya tidak dipadankan dengan buah-buahan yang lain umumnya berada di dalam rujak. 

Rujak khas Bali atau jajanan khas bali ini dihidangkan dengan kombinasi kuah pindang, cabai rawit, parutan kelapa bakar, dan parutan lengkuas.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Beragam Jajanan Khas Bali yang Harus Kamu Coba!"