Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Qfoodys, 8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat - Yogyakarta ternyata tidak cuma populer dengan keelokan alam yang mengagumkan. 

Tetapi kota siswa yang ini juga terkenal dengan kulineran makanan khas Yogyakarta yang populer sejak dahulu sampai ini hari yang bisa menganakemaskan lidah kamu. 

Diantaranya ialah makanan tradisional Yogyakarta, sebagai unggulan tiap rumah di wilayah di tempat.

Makanan tradisional Yogyakarta ialah tipe makanan yang paling disukai oleh tiap wisatawan, baik di dalam negeri atau luar negeri. 

Kulineran Jogja sendiri populer dengan cita-rasa yang manis dan sedap. Jadi tidak bingung bila makanan khas Jogja jadi sasaran beberapa pelancong.

Bila kamu bertandang ke Jogja dan belum ketahui apa apa tipe makanan tradisional Yogyakarta yang populer nikmat dari dahulu sampai sekarang ini. 

Karena itu kamu harus membaca artikel ini, agar kamu tidak ketidaktahuan saat main main ke kota pelajar itu

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat

Bermacam jenis makanan tradisional Yogyakarta ini, sampai sekarang masih bisa dijumpai di berbagai pojok Kota Yogyakarta, Apa saja kah itu? Ayooo.. simak pembahasan berikut tentang 8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat tentunya.

1. Tiwul, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Tiwul, Makanan Tradisional Yogyakarta
Seterusnya ada dari Kabupaten Gunung Kidul, yaitu Tiwul yang disebut salah satunya makanan khas Yogyakarta sekaligus makanan tradisional Yogyakarta dan mempunyai langkah unik untuk dicicipi.

Tiwul dibuat dari olahan memiliki bahan dasar singkong contohnya untuk orang sunda seperti awug (makanan khas sunda dari singkong) yang diproses selezat kemungkinan untuk memanjakan lidah kamu.

Kulineran yang ini disuguhi dalam dalam susunan daun pisang yang perlu dan taburan kepala parut di atasnya dan tambahan gula pasir yang bisa memberi kesan manis sampai ke ujung lidah.

Tiwul dahulunya jadi sebagai makanan dasar untuk gantikan beras. Masalahnya jaman dahulu beras benar-benar susah untuk didapat karena harga yang cukup melunjak tinggi.

Jadilah masyarakat di tempat memakai tiwul sebagai alternatif nasi, dan sampai saat ini makanan tradisional Yogyakarta yang ini masih tetap jadi kulineran favorite untuk pengunjung yang tiba ke Jogja.

2. Gudeg, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Gudeg, Makanan Tradisional Yogyakarta
Bertandang ke Yogyakarta tetapi tidak nikmati gudeg sebagai hal paling bikin rugi yang pernah kamu kerjakan. 

Karena gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta yang menempati jenjang paling tinggi dari pencarian oleh oleh khas Jogja yang paling disukai oleh tiap pengunjung yang tiba.

Ternyata kulineran kegemaran masyarakat Yogyakarta ini sudah jadi makanan khas tanah air untuk beberapa wisatawan luar negeri.

Gudeg ialah makanan yang terbentuk dari olahan memiliki bahan dasar nangka muda dengan kombinasi santan dan diolah sampai terhidang jadi sebuah menu yang harus kamu cicip.

Makanan khas Yogyakarta yang ini terdiri dari 3 tipe rasa yang cukup unik yakni gudeg basah yang memberi kesan lumer di mulut, gudeg kering dengan rasa renyah, dan gudeg manggar.

Kamu dapat jadikan makanan khas Yogyakarta atau makanan tradisional Yogyakarta yang telah populer sejak dahulu ini sebagai oleh oleh khas Jogja.

3. Geplak, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Geplak, Makanan Tradisional Yogyakarta
Kemungkinan kamu bukan salah seseorang yang menyenangi daging kelapa? Karena itu kamu harus simpan pengakuan itu sesudah coba makanan khas Yogyakarta yang ini. Geplak adalah kudapan yang harus kamu coba ketika ada di kota Yogyakarta.

Camilan atau Jajanan Khas Yogyakarta yang dibuat dari daging kelapa dan kombinasi gula ini mempunyai rasa yang paling sedap untuk dicicipi.

Makanan yang tiba dari teritori Gunung Kidul ini sudah ada semenjak jaman dahulu dan sesungguhnya sebagai camilan atau jajanan untuk masyarakat di tempat saat share narasi dengan keluarga sekalian nikmati satu cangkir teh hangat.

Tetapi banyak pula pelancong yang jadikan makanan tradisional Yogyakarta ini sebagai oleh-oleh saat pulang ke desa halaman. Karena itu cukup sayang bila kamu melewati untuk mencicip kudapan renyah ini.

4. Bakpia Pathok, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Bakpia Pathok, Makanan Tradisional Yogyakarta
Bakpia pathuk jadi salah satunya makanan tradisional Yogyakarta yang kerap jadi oleh-olehan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang crispy jadikan bakpia kerap dicari beberapa pelancong. 

Banyak variasi rasa yang ada pada bakpia, seperti kacang hijau, cokelat, keju sampai durian. Tidak heran bakpia pathok ini menjadi icon dari kota Yogyakarta karena rasanya yang enak dan tentunya khas.

Jika Kamu bertandang ke Kota Yogyakarta, tipe makanan satu ini benar-benar pas untuk jadi oleh-olehan. Nikmati bakpia dengan satu cangkir teh, akan menambahkan kehangatan Kamu dengan keluarga.

5. Oseng Oseng Mercon, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Oseng Oseng Mercon, Makanan Tradisional Yogyakarta
Oseng-oseng mercon sebagai makanan tradisional Yogyakarta yang menggunakan bahan dasar koyor atau lemak sapi dan cabe rawit. 

Untuk Kamu pencinta kulineran pedas, makanan ini benar-benar pas untuk Kamu Konsumsi. Pasalnya oseng-oseng mercon memberi kesan pedas di atas pada umumnya.

Orang pertama kali yang jual oseng-oseng mercon di Yogyakarta adalah Bu Narti di Jl. KH Ahmad Dahlan. 

Seiring waktu berjalan, sekarang oseng-oseng mercon bisa diketemukan di beberapa pojok Kota Yogyakarta. 

Untuk Kamu yang bertandang ke Kota Pelajar, seharusnya meluangkan diri untuk rasakan kesan pedas oseng-oseng mercon.

6. Bakmi Jawa, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Bakmi Jawa, Makanan Tradisional Yogyakarta
Makanan tradisional Yogyakarta ini adalah Bakmi. Bakmi jogja ataupun lebih dikenali bakmi jawa sebagai olahan bakmi rebus yang diolah dengan bumbu-bumbu ciri khas masakan jawa. 

Kulineran mie ini umumnya terdiri jadi dua tipe, yakni bakmi rebus dan bakmi godog. Struktur mie yang halus dan renyah, jadikan bakmi jawa benar-benar disukai oleh semua kelompok.

Bakmi jawa umumnya membuka di saat malam hari. Walau demikian, beberapa warung bakmi jawa ada juga yang membuka pada siang hari. 

Jika bertandang ke Yogya, seharusnya Kamu coba kulineran mie ini.

7. Gatot, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Gatot, Makanan Tradisional Yogyakarta
Makanan tradisional Yogyakarta selanjutnya ada gatot yang harus kamu cicip ketika ada di kota budaya ini. 

Makanan khas Yogyakarta ini dibuat dari olahan memiliki bahan dasar singkong yang memberi cita-rasa manis dan struktur kenyal yang bisa menganakemaskan lidah kamu.

Gatot dihidangkan nyaris seperti tiwul yang menggunakan taburan kelapa parut dan tambahan sedikit gula dan garam yang menarik. 

Taburan garam itu bisa memberi rasa yang renyah dan sedap saat masuk ke mulut kamu.

8. Jadah Tempe, Makanan Tradisional Yogyakarta

8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat
Jadah Tempe, Makanan Tradisional Yogyakarta
Makanan khas Jogja atau makanan tradisional Yogyakarta populer semenjak jaman dahulu yang paling akhir ialah jadah tempe, yang mempunyai gabungan rasa yang cukup menarik untuk dicicipi. 

Kulineran sedap ini terdiri dari 2 tipe makanan penyaji, pertama yakni jadah yang dengan bahasa wilayah memiliki makna nasi dari beras ketan yang sudah lewat proses tumbuk sampai menggepal. 

Lalu yang ke-2 ada tempe yang sudah dibacem dengan bumbu yang cukup memikat. Hingga makanan tradisionil ini mempunyai gabungan rasa yang unik dan cukup sedap untuk dicicip.

Itulah 8 makanan tradisional Yogyakarta yang terlezat dan popoler dari zaman dahulu. Maka dari itu kamu harus mencicip makanan itu ketika ada di kota pelajar. Yakinkan untuk mengepaknya sebagai oleh oleh khas Jogja, supaya keluarga di dalam rumah juga bisa rasakan kesan nikmat dari makanan khas Yogyakarta itu.

Posting Komentar untuk "8 Makanan Tradisional Yogyakarta yang Terlezat"