Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat

Qfoodys, Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat - Menyambangi Yogyakarta kurang komplet bila tanpa mencicip jajanan khas Yogyakarta. 

Selainnya populer dengan budaya, adat dan macam tujuan rekreasi, Yogya populer dengan kulineran uniknya yang antik.

Makanan Khas Yogyakarta atau jajanan khas Yogyakarta ini benar-benar gampang diketemukan dimulai dari restaurant-restoran sampai beberapa warung atau gerobak di kaki lima. Rasanya bermacam.

Apa yang dapat Kamu mencari saat bertandang ke Yogyakarta? 

Apa oleh oleh khas Yogyakarta?

Tempat rekreasi bagus yang berada di sana, atau kulineran yang selalu menggoyang lidah? 

Ya, segala hal yang berada di Yogyakarta memang bagus sekali untuk diulas. Bahkan juga, semua sesuatunya di situ membuat kita kangen untuk balik lagi ke Yogyakarta.

Sekarang, Kita akan mengulas tentang jajanan khas Yogyakarta sebagai favorite dari periode ke periode. 

Bahkan juga, salah satunya jajanan ini ialah makanan kesukaan para Sultan, lho. Mari kita simak pembahasannya.

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat

Ketika kamu berkunjung ke Yogyakarta kamu harus atau wajib mencicipi makanan khas yogyakarta dan wajib juga mencicipi atau membawa pulang jajanan khas Yogyakarta ini. Yapp berikut adalah pembahasannya lets go...

1. Jadah Tempe, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Jadah Tempe, Jajanan Khas Yogyakarta
Jadah tempe adalah makanan khas Yogyakarta atau Jajanan khas Yogyakarta yang dari Sleman. Belum komplet rasanya tiba ke Kaliurang tidak mencicip makanan ini. 

Makanan ini tidak Kamu jumpai di sembarangan tempat di kota Yogyakarta karena makanan ini ciri khas Kaliurang dan benar-benar populer cuman berada di sekitaran tempat rekreasi yang ada di lereng Gunung Merapi ini.

Makanan bahan olahan dari ketan ini dengan kombinasi kelapa rasanya renyah. Sedang pasangannya tempe atau tahu yang diproses dengan dibacem dengan rasa legi (manis). 

Makin lebih nikmat bila didampingi dengan cabai rawit. Umumnya dihidangkan dengan buntel daun pisang. Maka rasa makanan ini gabungan renyah dengan manis plus rasa pedas cabai rawit. 

Makanan yang ini benar-benar sangat pas dicicipi pada udara dingin sama seperti yang dapat Kamu jumpai di wilayah Kaliurang, Sleman.

Agar bisa nikmati makanan ini konsumen cukup hanya keluarkan dana yang murah sekitar di antara Rp.10.000 - Rp.20.000. 

Di Taman Rekreasi Kaliurang di tiap pojok penjual Jadah tempe ada dibanyak tempat. Bahkan juga ada yang keliling tawarkan ke pengunjung.

2. Lemper Bakar, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Lemper Bakar, Jajanan Khas Yogyakarta
Lemper makanan khas Indonesia yang dibuat dari ketan. Makanan ini lebih banyak ditemui di Pulau Jawa, terutamanya Yogyakarta.

Makanan khas Yogyakarta atau Jajanan khas yogyakarta ini dibuntel elok memakai daun pisang. Sebagian orang ada yang membakarnya lebih dulu saat sebelum dihidangkan. 

Maksudnya supaya wewangian dari daun pisang dan ketan lebih keluar. Lezat!

Dahulu makanan ini jadi makanan eksklusif, karena isinya memakai daging ayam, sapi, atau ikan.

Hingga masyarakat membuat pengembangan dengan menukar isian daging dengan kelapa muda yang parut dan dikasih bermacam bumbu dan diolah seperti abon atau srundeng. Isian ini disebutkan gebingan.

Sekarang lemper benar-benar gampang didapat, baik di pasar tradisional, atau di pusat perbelajaan kekinian. 

Variasinyapun berbagai, baik isian asli seperti daging (ayam, sapi atau ikan) ada pula yang masih tetap berisi gebingan, variasi pedas ada juga. Untuk harga lemper kisaran Rp. 3.000 - Rp. 6.000 per bijinya.

3. Semar Mendem, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Semar Mendem, Jajanan Khas Yogyakarta
Semar mendem sebagai kulineran yang bernama diambil dari nama figur pewayangan yang populer yaitu Semar. Saat itu mendem sendiri dengan bahasa Jawa ini berarti mabok. 

Lantas bila dipadukan ke-2 kata itu mempunyai pengertian Semar yang mabok.

Pernah coba kesedapan kue Semar Mendem? Hmmm, jajan pasar yang ini selalu dicari bila kita singgah berekreasi di Solo atau Jogjakarta.

Dibuat dari beras ketan, didalamnya berisi abon sapi atau abon ayam,nyaris sama lemper.

Perbedaannya, kalau lemper dibuntel daun pisang, selanjutnya dikukus sesaat, baru dapat dicicipi. 

Sedang Semar Mendem dibuntel dengan dadaran tepung dan telur, dan langkah menikmatinya dengan dikasih sauce santan umumnya diberi nama "areh".

Semar mendem dapat dengan gampang didapat di pasar tradisional Jogjakarta. Contohnya di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, Pasar Mlati, Pasar Demangan, dan sebagainya. 

Harga juga murah dan meriah, sekitaran Rp2.000-Rp3.000 per buahnya.

4. Meniran, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Meniran, Jajanan Khas Yogyakarta
Jajanan khas Yogyakarta atau kue khas Yogyakarta yang ini sangat menarik untuk dicoba. Ialah meniran yang disebut kue basah khas Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dibuat dari gabungan beras, santan, parutan kelapa, dan garam.

Selanjutnya, adonan itu dibuntel dengan daun pisang, lalu dikukus sampai masak. Kue meniran ini biasa dihidangkan untuk sajian, tapi ada juga yang mengantarnya sebagai oleh-olehan.

Selainnya harga murah, kue ini mempunyai cita-rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Kamu dapat mendapati kue ini di beberapa tempat yang jual Jajanan khas Yogyakarta di kota pelajar ini.

5. Sate Angkringan,  Jajanan Khas Yogyakarta

Jajan tidak selalu soal kue ada salah satunya makanan khas Yogyakarta yaitu sate angkringan. 

Ada banyak beberapa menu di angkringan untuk menggoyang lidah dan perut kamu seperti bermacam nasi kucing, goreng-gorengan, dan bermacam tipe sate.

Sate angkringan terbagi dalam sate usus, sate cecek, sate kerang, dan sate telur puyuh. Tipe jajan ini bisa ditemui di sebagian besar kota di Indonesia. 

Tetapi, cita-rasa dan situasi yang dijajakan di angkringan Yogyakarta memanglah tidak dapat ditemui di mana saja. Pas sekali untuk nikmati sate angkringan ini sambil menyaksikan ke cantikan kota siswa ini. Jarang lhoo

6. Jadah Manten, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Jadah Manten, Jajanan Khas Yogyakarta
Jadah Manten ialah makanan khas Yogyakarta atau jajanan khas yogyakarta yang kabarnya sebagai makanan kegemaran Raja Mataram, diantaranya ialah Sri Sultan Hamengkubuwono VII. 

Bahan untuk bikin kue jadah manten dan proses pembikinannya serupa dengan semar mendem, cuman sesudah dikukus jadah manten masih dipanggang dan dikasih areh.

Jadah manten memiliki posisi yang spesial dalam tata langkah pernikahan tradisi Yogyakarta. 

Dalam tradisi warga Jawa, saat calon pengantin lelaki tiba melamar calon pengantin wanita umumnya bawa seserahan.

Salah satunya tipe kulineran yang harus ada pada acara seserahan dan pernikahan ialah jadah manten. Kue yang dibuat dari beras ketan ini memiliki kandungan arti tinggi. 

Karakter beras ketan yang lekat, diinginkan menjadi pelajaran untuk tiap pengantin supaya ke-2 nya selalu lekat atau mempunyai jalinan kuat dan sulit dipisah. 

Hubungan tidak cuma pada ke-2 nya tapi juga keluarga kedua pihak.

Proses pengerjaan jadah manten cukup susah dan memerlukan waktu lama, hingga memerlukan kesabaran extra dan kerja sama sebagian orang. 

Ini mengajari supaya pasangan pengantin sesudah menikah kelak tidak gampang patah semangat dalam membuat dan melalui rumah tangga.

Ke-2 pasangan pengantin diinginkan selalu bekerja bersama dan sama-sama memberi suport di antara satu dengan yang lain.

7. Lupis, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Lupis, Jajanan Khas Yogyakarta
Lupis sebuah jajanan khas Yogyakarta yang terasa legit dan manis. Kue lupis ini dibuat dari bahan beras ketan yang dikukus memakai daun pisang. 

Kue ini benar-benar termasuk nikmat untuk dicicipi karena dalam penyuguhannya diberi sauce gula merah bersama parutan kelapa. 

8. Kipo, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Kipo, Jajanan Khas Yogyakarta
Jajanan Khas Yogyakarta atau Kue Khas Yogyakarta ini yakni Kipo memiliki bahan dasar adonan tepung ketan yang dibuat gepeng dan diisi enten-enten atau parutan kelapa, lalu diolah bersama gula jawa. 

Makanan ini ciri khas dengan warna hijau dan cokelat di tengah-tengah hasil kombinasi gula merah dan kelapa.

Warna hijau didapatkan dengan alamiah dari daun suji yang digabung ke adonan tepung ketan. Kipo rasanya renyah dan legit.

Keunikan pada kipo yaitu wewangian daun pandan yang wangi, makanan khas Yogyakarta atau Jajanan Khas Yogyakarta ini cuman bertahan sepanjang satu malam karena memakai beberapa bahan yang alami. 

Kulineran ini dapat diperoleh salah satunya di Pasar Tiban Mushola Jogokariyan, Pasar Legi, Kota Besar.

9. Yangko Jogja, Jajanan Khas Yogyakarta

Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat
Yangko Jogja, Jajanan Khas Yogyakarta
Dimulai dari bakpia, gudeg, geplak dan makanan khas Yogyakarta yang lain yang cuman bisa diketemukan di Yogyakarta.

Ternyata tidak itu saja, ada banyak kembali makanan khas Yogyakarta atau Jajanan khas Yogyakarta yang harus dicicip saat bertandang di Kota siswa dan kota budaya ini.

Satu salah satunya yaitu Yangko, makanan ciri khas yang dari Kotagede, Yogyakarta.

Yangko dibuat dari tepung ketan yang dipotong kotak dan sekarang telah divariasi dengan bermacam warna.

Umumnya didalamnya mempunyai isi cincangan kacang tanah.

Rasanya manis legit dengan struktur yang kenyal.

Tepung dibubuhi pada kue yangko ini untuk menghindar kue yangko ini sama-sama melekat dengan kue yang lain.

Dibuntel memakai kertas minyak putih per potong jadi yangko ini camilan yang pantas dibawa ketika bertandang di Yogyakarta.

Kue ini biasa ditawarkan di pusat oleh oleh khas Yogyakarta pada harga Rp30 ribu untuk satu kotak kardus kecil.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Beragam Jajanan Khas Yogyakarta yang Paling Lezat"