Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat

 Q-Foodys Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat - Siapa sih yang enggak tahu sunda?   Sudah tidak asing lagi bagi warga indonesia bahwa sunda berasal dari propinsi Jawa Barat. 

Suku Sunda memiliki banyak atau kaya dengan seni dan budayanya tak hanya itu kulinerannya juga banyak termasuk makanan tradisional khas sunda.

Masakan khas Sunda jaman dahulu rupanya yang rata-rata mempunyai rasa pedas, karena nyaris di tiap masakan sayur atau daging olahan, karena orangtua suku Sunda jaman dahulu selalu memakai cabai sebagai racikan utamanya. 

Andaikan mereka tidak memberi racikan atau bumbu pedas pada masakannya, mereka akan membuat sambal yang disajikan bersama-sama dengan lalapan hijau sebagai pengganti dan pelengkap masakan itulah makanan tradisional khas sunda.

Tipe sambal dalam masakan khas Sunda sangat-sangat banyak dan dapat capai beberapa puluh macam. Beberapa macam sambal yang paling tidak asing ditelinga kita terutama bagi orang sunda antaranya sambal tarasi, sambal goang, sambal kacang, dan sambal hejo. 

Itu hanya beberapa yang paling dikenal saja masih banyak yang lainnya.

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
 Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Pastinya beberapa orang sudah pernah mencicip makanan tradisional khas sunda yang akan saya bahas ini .

Tapi dengan demikian macam-macam makanan khas Sunda dan makanan tradisional khas sunda, banyaknya kemungkinan dapat menaklukkan jumlah kulineran pada suatu negara di dunia ini. Pada umumnya dalam makanan khas Sunda ada kelompok makanan pembuka misalkan sebagai contoh ialah Soto Bandung atau sebagai pengganjal perut ialah combro atau getuk. 

Ada pula barisan atau kelompok sebagai makanan khusus pengiring nasi misalkan ayam bakakak, pepes ikan, sambel goreng, semur jengkol,  peteuy atau pete,  sate maranggi,, dan lalapan hijau. Lalu nasi nya adalah Nasi Liwet sudahlah.. itu kenikmatan yang tak ada duannya.

1. Ayam Bakakak, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Ayam Bakakak, Makanan Tradisional Khas Sunda
Ayam bakakak ialah satu ekor ayam yang dibakar di atas suluh, sesudah dibikin bersih dan dibumbui secara khusus. 

Umumnya beberapa Chef makanan khas sunda memakai sebilah bambu untuk menjepit tubuh ayam agar gampang dibalik-balik sepanjang proses pembakaran itu. Ayam Bakakak umumnya disajikan pada acara - acara pernikahan atau perkawinan suku Sunda.

Ayam bakakak enak sekali ketika dimakan bersama keluarga ada banyak yang menjual diwarung-warung babakak ayam pinggir jalan disekitaran Bandung atau Jawa Barat atau diresto-resto makanan tradisional khas sunda. 

Pokoknya rekomended kalau kamu sedang piknik ke Bandung. Untuk harga bakakak ayam terjangkau kok kisaran 50-60 ribu perporsinya. Untuk harga segitu paslah apa lagi membuat perutmu bahagian kegirangan.

2. Nasi Timbel, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Nasi Timbel, Makanan Tradisional Khas Sunda
Nasi timbel adalah hmenu khusus di restaurant atau warung - warung makanan khas sunda atau makanan tradisional khas sunda. 

Makanan ini telah umum dan benar-benar di gemari oleh beragam kelompok, tak terbatas suku Sunda saja namun suku - suku lainnya juga menyenangi masakan ini.

Mengapa? selain harganya terjangkau dan sederhana menu nasi timbel ini pun lengkap ada potongan aya goreng, sambel, tahu, tempe dan aneka lalapan hijau. 

Untuk harga nasi timbel tergantung pilihan kita apakah paket komplit atau paket normal  jika paket komplit harganya kisaran Rp. 35-40 dam paket normal kisaran Rp. 20-25. Pas dikantong bukan apasih salahnya membuat perut dan mulut kita senang. 

3. Sayur Asem, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Sayur Asem, Makanan Tradisional Khas Sunda
Sayur asem sesungguhnya bukan asli masakan suku Sunda saja karena suku lain di Indonesia mempunyai tipe masakan yang serupa, misalkan suku Betawi di Jakarta. 

Namun tidak seluruhnya masakan sayur asem itu mempunyai rasa yang serupa, tetapi sayur asem khas sunda  memiliki rasa yang khas.

Disebut sebagai sayur asem karena masakan ini memakai asam jawa untuk memberi cita-rasa asam pada kuahnya hingga lebih nikmat. 

Sayur asem ciri khas suku Sunda ini memiliki rasa asam yang menyegarkan. Sayur asem akan berasa lebih nikmat bila di sajikan bersama-sama dengan nasi hangat dan sambal atau lahapan.  Untuk harga sayur asem perporsinya kisaran Rp.10-20.

4. Tutug Oncom, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Tutug Oncom, Makanan Tradisional Khas Sunda
Makanan Khas Sunda ini tentu sudah tidak asing terdengar oleh orang sunda sebagai makanan tradisional khas sunda. 

Nasi Tutug Oncom atau kata orang Sunda mengatakan Sangu Tutug Oncom, Tutug Oncom Ialah Nasi yang diaduk dengan oncom bakar. 

Nasi Tutug Oncom nikmat  jika dihidangkan pada kondisi hangat. Di daerah lain banyak  warung atau resto makanan khas sunda, ada lumayan banyak yang khusus menyuguhkan Nasi Tutug Oncom ini dan banyak bermacam macam lauk pauk lainnya untuk menemani Nasi Tutug Oncom ini.

Selain rasanya nikmat makanan ini  banyak digemari juga lho. Terutama jika kamu pergi kullneran ke bandung, bogor dan sekitaran Jawa Barat rekomend banget deh unutk kamu coba dan memasukannya ke draft kulineran kamu. Pokoknya rasanya bakalan bikin kamu ngangenin dehh karena makanan tradisional khas sunda ini hanya di Jawa Barat. Jarang-jarang lho jadi manfaatkan waktu kulineranmu ya... heheheh

Untuk harga Nasi Tutug Oncom per porsinya dibandrol dengan harga Rp 20-30 tergantung lauk pauk yang dipilih sobat Q-Foodys.

5. Empal Gepuk, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Empal Gepuk, Makanan Khas Tradisional Khas Sunda
Tentu nama makanan khas sunda ini telah kenal kembali dipendengaran kita khususnya orang sunda. Yapp ini adalah Empal atau Gepuk daging sapi, makanan khas sunda yang paling populer di Wilayah Sunda, Jawa Barat. 

Makanan ini jadi salah satunya menu makanan yang banyak ditemukan diresto-resto makanan khas Sunda. Seperti namanya, makanan ini dibikin dari irisan daging sapi yang digepuk sampai gepeng  dan diolah dengan lumuran bumbu berasa manis.

Makanan khas sunda ini cocok untuk dijadikan teman makan kamu dikala sedang lapar dan bahkan makanan khas sunda ini menjadi favorit untuk sebagian orang karena selain manis rasanya juga gurih ketika disantap dengan nasi hangat beuhh... rasanya tidak kalah dengan makanan tradisional lainnya.

Untuk harga empal gepuk ini dibandrol dengan harga Rp 50-70 tergantung porsi yang kita pilih. Untuk rasanya dengan harga segitu dijamin enak bangett serius..

6. Empal Gentong, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Empal Gentong, Makanan Tradisional Khas Sunda
Apakah kamu tahu jenis MIe Indomie ada bukan yang namanya Mie Empal Gentong? Nah seperti itulah rasanya kira-kira sangat enak. 

Tetapi untuk Empal Gentong tradisional khas sunda tidak kalah enak rasanya memiliki ciri khas tersendiri. Penasaran? Cobalah.

 Empal Gentong adalah makanan tradisional khas sunda wilayah Cirebon, Sunda Jawa Barat. Makanan tradisional khas sunda ini biasa dihidangkan dengan kucai dan sambal yang dibikin dari cabai kering giling

Empal Gentong dibikin berbahan baku berbentuk daging sapi yang diolah memakai gentong. Empal Gentong atau gulai daging sapi disajikan oleh orang Sunda umumnya sama nasi atau lontong. Citra rasa muncul oleh daging sapi benar-benar special. 

Hal itu lumrah ada karena saripati bumbu Empal Gentong menempel dalam gentong itu. Untuk harga Empal Gentong ini perporsinya dibandrol dengan harga Rp 20-25 

7. Mie Kocok, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Mie Kocok, Makanan Tradisional Khas Sunda
Dengar kata Mie sudah tidak asing lagi bukan ditelinga seluruh warga negara Indonesia, Banyak produk-produk mie di Indonesia yang beredar mulai dari mie instan hingga mie tradisional contohnya seperti makanan tradisional khas sunda ini Mie Kocok. 

Mie ini memiliki rasa yang khas biasanya tersaji bersama toge yang telah direbus, bakso,potongan kikil, jeruk nipis, taburan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Soal rasa tidak diragukan lagi keaslian dan kenikmatannya tidak kalah dengan mie instan- mie instan.Oh ya.. berbicara soal mie instan ada lho mie kocok ini dalam bentuk mie instan.. yapp ada yakni Mie Kocok Bandung, ini adalah alternatif untuk kamu yang tidak bisa pergi ke bandung atau sekitarnya untuk mencicip makanan tradisional khas sunda ini yang khususnya di luar Jawa Barat. 

Untuk harga perporsinya kisaran Rp 20-30 berbanding jauh dengan mie instan yang sekisar Rp 2-3, Tetapi Mie Kocok khas sunda ini kamu akan dberikan rasa tersendiri yang tentunya sangat khas kamu juga tidak akan menemukan Mie Kocok khas bandung ini di daerah-daerah lain terutama luar Jawa Barat.

8. Peuyeum, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Peuyeum, Makanan Tradisional Khas Sunda
Peuyeum ini merupakan berbahan dasar dari singkong yang difermentasi atau biasa disebut dengan Tape Singkong. Makanan Tradisional khas sunda ini memiliki rasa asam dan campur manis sehingga makanan ini memiliki rasa yang khas. 

Untuk peuyeum hanya bisa ditemui di sekitaran jawa barat makanya makanan ini disebut makanan tradisional khas sunda karena makanan ini turun temurun dari nenek moyang suku sunda terdahulu. Untuk harganya sekitar Rp 10-15. pokoknya legit dehh.

9. Soto Bandung, Makanan Tradisional Khas Sunda

Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat
Soto Bandung, Makanan Tradisional Khas Sunda
Siapa sih yang tak kenal dengn yang namanya soto? Semua orang, semua kelompok, semua manusia pasti tahu yang namannya soto, memang banyak jenis soto itu banyak sekali, yaa.. salah satunya adalah ini Soto Bandung ada perbedaan dari soto bandung dengan banyak soto lainnya yakni dari bahan-bahan pembuatannya soto bandung bahan-bahannya ialah jahe, lengkuas, serai, garam, baang merah, baang putih, merica dan lain-lain sehingga rasanya khas. 

Dan terkadang orang-orang penikmat soto bandung ini sering menambakan sambal atau kecap agar kenikmatannya double, apalagi ditambah kerupuk kenikmatannya bertambah menjadi triple. memang wowww bukan... 

Soto Bandung banyak ditemukan ko dipinggir-pinggir jalan, warung pinggir jalan hingga resto-resto ternama. Pasti mudah dehh kamu menemukan soto bandung. 

Baik itulah makanan tradisional khas sunda yang sudah saya sampaikan, sebetulnya masih banyak lagi makanan khas sunda ini mulai dari cemilan khas sunda, hingga makanan khas sunda terfavorit pokoknya akan saya sampaikan diartikel yang berbeda. Terima kasih semoga bermanfaat untuk kamu pejuang kulineran dan tentunnya semoga bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk " Makanan Tradisional Khas Sunda yang Sederhana Tapi Lezat"