Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit

Qfoodys, Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit - Bantak beragam kue kue khas dari berbagai daerah di Indonesia muali dari sabang sampai merauke. 

Salah satu contohnya adalah kue khas Yogyakarta, Siapa sih yang tak kenal dengan Yogyakarta? yapp.. Yogyakarta merupakan kota yang dikenal dengan sebutan kota pelajar ini memiliki banyak sekali makanan makanan khas Yogyakarta salah satunya yang terkenal yakni Gudeg.

Disini kita tidak akan membahas Gudeg tetapi akan membahas beberapa kue kue khas Yogyakarta. Selainnya populer dengan keraton 

Yogyakarta ialah sebuah kota yang mempunyai banyak kulineran ciri khas. Beberapa salah satunya telah jadi simbol dari kota di selatan Pulau Jawa ini, seperti gudeg nangka muda, bakmi jawa, dan yang lain.

Bukan hanya makanan berat saja, Yogyakarta punyai bermacam kue yang tidak sama dari wilayah lain seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan sebagainya. 

Beberapa salah satunya bahkan juga dicari untuk oleh oleh lho! Kalian dapat mendapati beberapa merek kue modern terkini yang dibangun oleh beberapa aktris di sini, dan beberapa kue khas Yogyakarta yang telah ada sejak dahulu. Nach, apa tuch?

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit

Ketika kamu berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa cicipi kua khas Yogyakarta ini yaa dijamin legit dehh dan bikin kamu ketagihan... atau kamu bisa membelinya untuk oleh oleh . 

Berikut ulasannya Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit.

1. Bakpia Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Bakpia Khas Yogyakarta
Bakpia ini mulai dikenalkan di Yogyakarta pada sekitaran tahun 1948an. Kue Khas Yogyakarta ini pertama kalinya dikenalkan oleh keluarga turunan China yang coba membuat Bakpia sebagai industri rumahan mereka di wilayah daerah pathok, Yogyakarta.

Sebelumnya Bakpia ini cuman ditawarkan dari rumah ke rumah secara ketengan dan cuman dibungkus dalam besek (tempat makanan yang dibuat dari anyaman bambu).

Bersamaan dengan perubahannya, banyak mulai disukai oleh warga dan orang yang bertandang ke Yogyakarta. hingga banyak juga yang menghasilkan dan jadi oleh - oleh khas Yogyakarta.

Bakpia ini hampir serupa dengan Roti bakpao, tetapi yang membandingkan ialah memiliki bentuk yang kecil dan teksturnya yang kering tetapi empuk. 

Bakpia ini dibuat dari bahan kombinasi kacang hijau dan gula yang di buntel dengan adonan tepung lalu dipanggang.

Pada proses pengerjaan Bakpia ini memerlukan ketrampilan khusus karena jika tidak dilaksanakan secara benar, karena itu wujud dan rasanya tidak prima.

Di Yogyakarta Bakpia ini banyak mulai perubahan. Selainnya jumlahnya orang yang menghasilkan makanan ini, banyak mulai variasi rasa yang ditingkatkan rasa seperti keju, rasa coklat dan rasa lainnya.

Tiap tempat penjual Bakpia tentu saja mempunyai keunikan tertentu dalam sisi rasa, wujud atau paketannya. Bakpia ini benar-benar gampang kita dapatkan toko oleh - oleh atau toko kue yang berada di Yogyakarta. 

Untuk kamu yang bertandang ke Yogyakarta, Bakpia ini menjadi opsi untuk jadi sebagai oleh - oleh.

Untuk harga bakpia ini mulai dari Rp. 35.000 - Rp.65.000

2. Bakpia Kukus, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Bakpia Kukus, Kue Khas Yogyakarta
Bakpia kukus mempunyai dua variasi kulit yakni kulit orisinal dan kulit cokelat. Ketidaksamaan yang kelihatan dari variasi kulit ini ialah berwarna. 

Pada variasi orisinal, kulit bakpia warna putih sedang untuk variasi cokelat kulit bakpia kukus warna cokelat gelap. Kamu bisa juga pilih variasi rasa diantaranya: cokelat, kacang hijau, keju, kacang merah, dan sebagainya sesuai dengan selera.

Walau termasuk baru, Kue khas Yogyakarta yang ini sanggup menghidupkan industri kulineran di kota Pelajar, jadi lebih bervariatif dan warna. 

Toko yang pertama menggagas resep ini ialah Bakpia Kukus Tugu Jogja. Tingginya pecinta kue dan oleh oleh ini membuat toko kerap kekurangan stock ditambah lagi saat musim berlibur.

Harga pasaran bakpia kukus ialah Rp25 ribu untuk variasi rasa kacang hijau dan kacang merah sedang rasa cokelat dan keju dibandrol harga Rp30 ribu per paket. 

Tiap paket berisi 10 buah bakpia kukus dengan paket memiliki motif batik yang unik dengan kota Yogyakarta.

3. Geplak, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Geplak, Kue Khas Yogyakarta
Bakpia dan gudeg rasanya menjadi kulineran yang harus dicoba bila bertandang ke Yogyakarta. Walau sebenarnya, kota ini masih mempunyai beberapa puluh kulineran yang lain yang seharusnya perlu dieksplorasi. Selainnya bakpia, kamu dapat mencoba geplak.

Berawal dari Kabupaten Bantul, geplak menjadi oleh oleh kue khas yogyakarta untuk beberapa orang tersayang. Geplak mempunyai rasa yang unik. Buah kelapa jadi salah satunya bahan pembikin makanan ini.

Saat sebelum dikreasikan dengan berbagai bahan warna, geplak dahulunya sekedar jadi alternatif nasi. Saat musim paceklik tiba, tidak sedikit masyarakat yang memprosesnya untuk menangani rasa lapar.

Sekarang, makanan ini berkembang jadi cemilan. Sebungkus geplak dengan berat 550 gr dipasarkan sejumlah Rp 25.000-Rp 30.000. 

Kamu pasti dapat mencicip makanan ini tak perlu ke Yogyakarta, karena sekarang ini tidak sedikit pelaku bisnis geplak menawarkan dagangannya lewat daring.

Ah, jadi ingin pesan geplak, nih!

4. Yangko Jogja, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Yangko Jogja, Kue Khas Yogyakarta
Yangko sebagai salah satunya kue khas Yogyakarta yang dibuat dari tepung ketan. Yangko mempunyai bahan dasar dan rasa yang nyaris serupa dengan kue mochi asal Jepang. 

Cuman yang membandingkan adalah mochi berupa bundar dan mempunyai struktur benyek dan kenyal.

Makanan itu selanjutnya terus ditingkatkan dan beberapa orang mulai membuat

Sebelumnya, kue yang rasanya manis ini cuman berisi kombinasi kacang dan gula. Tetapi sekarang yangko telah dibikin dengan bermacam variasi rasa, seperti strawberry, nanas, durian, dan lain-lain. 

Selainnya mempunyai rasa yang manis, yangko mempunyai wewangian yang harum, hingga bisa mengunggah hasrat untuk dikonsumsi.

Disamping itu teksturnya yang kenyal dan halus di mulut membuat kita terasanya tidak ingin stop untuk melahapnya. 

Meskipun yangko sudah diubah plus tambahan bermacam rasa, namun tetap tidak meninggalkan ciri-ciri uniknya yang manis dan kenyal itu

5. Kipo, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Kipo, Kue Khas Yogyakarta
Salah satunya kue khas Yogyakarta yang perlu kamu cicip saat ada di Kotagede ialah Kue Kipo. Kipo sebagai salah satunya makanan khas Yogyakarta atau kue khas Yogyakarta yang tidak kalah nikmatnya bila dibandingkan dengan bakpia. 

Langkah pembikinannya juga unik dan sudah pasti membuat rasa kue ini jadi tidak ada duanya.

Kipo sebagai salah satu kue khas Yogyakarta yang mengolahnya dengan dipanggang. Kue ini umumnya dibikin dalam ukuran yang kecil dan malah ini akan membuat kamu suka untuk selalu mengkonsumsinya. 

Satu potong kipo umumnya memiliki ukuran tidak lebih dari ibu jemari orang dewasa.

Untuk mencicip enaknya kue yang ini kamu tak perlu takut untuk keluarkan dompet, karena satu jatah kipo yang terbagi dalam 5-8 butir dapat kamu peroleh pada harga yang paling dapat dijangkau, sejumlah Rp. 1.500,- sampai Rp. 3.000,-.

Namun makanan ini bukan tipe makanan yang dapat bertahan di dalam periode waktu lama. Untuk jadi oleh oleh, kipo cuman bertahan tidak lebih dari 24 jam saja.

Benar-benar dianjurkan untuk selekasnya nikmati kipo sesudah kamu membeli. Karena, dalam pembikinannya, tipe makanan ini memakai bahan alamiah tanpa menambah bahan pengawet didalamnya.

6. Kicak, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Kicak, Kue Khas Yogyakarta
Salah satu kue khas Yogyakarta ini yakni Kicak sebenarnya ialah makanan yang dibuat dari tepung ketan dan telah exist semenjak tahun 1950-an. 

Dikutip dari bermacam sumber, pembikin dari kulineran manis ialah Mbah Wono yang disebut masyarakat asli Daerah Kauman di Yogyakarta. Sayangnya, beliau sendiri pun tidak ingat kenapa kue ini diberi nama Kicak.

Lacak punyai lacak, bermacam sumber mengatakan jika makanan ini mempunyai nama Kicak karena masyarakat Kauman yang miliki kebiasaan menyebutkan jadah, jajan dari tepung ketan dengan panggilan kicak.

Antiknya, kue ini cuman ada saat Ramadan datang. Awalannya seorang masyarakat daerah Kauman yang namanya Mbah Wono yang mengawali membuat kicak untuk dipasarkan sebagai menu takjil.

Rasanya yang manis dan sedap jadikan Kicak makanan yang paling pas jadi Takjil saat buka. Kicak ini terbanyak diketemukan di pasar ramadan yang berada di Daerah Kauman. 

Sudah pasti, makanan ini hanya dapat kamu dapatkan saat bulan ramadan saja.

7. Roti Kembang waru, Kue Khas Yogyakarta

Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit
Roti Kembang Waru, Kue Khas Yogyakarta
Kue Khas Yogyakarta yakni Kembang waru ini bukanlah bunga yang seperti kita pikirkan tetapi kembang waru ini ialah kue khas Yogyakarta, tetapi wujud kue ini diadaptasi dari bunga pohon waru. Konon roti ini sebagai salah satunya makanan tradisionil.

Kue yang telah ada semenjak jaman dulu ini sekarang biasa ditawarkan di pasar tradisionil diantaranya di pasar Kotagede Yogyakarta.

Kue kembang waru sebagai makanan ciri khas Kotagede yang rasanya manis dan teksturnya serupa dengan bolu kering, dan mempunyai wujud bunga berkelopak delapan.

Dahulu, kue ini biasa dipasarkan dimulai dari Rp 25 dan terus alami peningkatan bersamaan mengembangnya jaman, sampai saat ini telah capai Rp 3.000.

Untuk memperoleh kue ini, sebaiknya untuk cari di pasar tradisionil terutamanya pasar Kotagede di saat pagi hari hingga memperoleh kue kembang waru yang hangat serta lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Banyak wilayah Kotagede yang menjaga kehadiran jajan ini salah satunya ialah Daerah Bumen dan Daerah Basen. Saat dikonsumsi, roti ini demikian empuk dengan wewangian yang harum dan rasanya juga manis.

Kue ini mempunyai struktur yang cukup padat, tetapi tetap cukup empuk dan lembut saat dikunyah. Karena teksturnya yang cukup empuk dan lembut, karena itu roti kembang waru ini berasa cukup memantul saat digenggam.

Rasanya seperti tangan kita sedang menggenggam dan meremas sebuah squishy yang cukup empuk. Rasa legit juga benar-benar mendominasi saat roti ini dikunyah dan bersinggungan dengan lidah.

Roti kembang waru ini ialah rekan yang pas untuk saat minum teh atau kopi pada sore hari, bersama rekan atau keluarga dekat.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Kue Khas Yogyakarta Paling Enak dan Legit"