Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal

 Qfoodys, Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal -  Dengar-dengar kata Bali sudah tidak asing telagi terdengar ditelinga kita, Siapa sih yang tak kenal Pulau Dewata Bali? 

Yapp.. pulau yang terkenal dengan keindahan alam nya ini sangat terkenal di Nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Sudah tidak diragukan lagi karena banyak wisatawan lokal ataupun wisatawan asing berlibur ke Pulau Dewata Bali ini. 

Selain keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Dewata Bali juga memiliki berbagai makanan khas Bali. Banyak sekali makanan khas Bali yang terkenal hingga ke mancanegara.

Bali selalu memikat selalu untuk dikunjungi lagi dan lagi. Tidak cuman daya tarik pantai dan tujuan wisatanya, tapi juga nama makanan ciri khas Bali dan sejarahnya yang selalu terpikir di pikiran.

Ya, pulau dengan pantai yang populer sebagai surf destination-nya ini mempunyai hidangan spesial. Tidaklah aneh bila banyak makanan khas Bali yang terkenal.

Nach, ini juga lah yang membuat beberapa wisatawan luar negeri jadikan Bali sebagai arah rekreasi kulineran di ajang Internasional.

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal

Ketika kamu berkunjung ke Pulau Dewata Bali jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bali yang terkenal ini. Berikut adalah rekomendasi makanan khas Bali yang terkenal  untuk sobat kuliner hunter

1. Nasi Ayam Kedewatan, Makanan Khas Bali yang Terkenal 

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Nasi Ayam Kedewatan
Selainnya populer dengan rekreasi baharinya yang paling mengagumkan, Bali dikenal juga sebagai salah satunya tujuan surga kulineran yang paling sedap dan unik. 

Salah satunya posisi yang paling direferensikan untuk berekreasi kulineran makanan khas Bali yang terkenal  ialah Ubud.

Nuansa alam yang sejuk, tenang, dan alami membuat eksplorasi kulineran kamu makin tidak terlewatkan. Jalanan ke Ubud pasti tidak komplet jika belum mencicip Nasi Ayam Kedewatan.

Banyak beberapa warung yang jual Nasi Ayam di jalan Kedewatan, Ubud, tetapi menurut info orang lokal warung Nasi Ayam Kedewatan yang paling ramai didatangi beberapa Pelancong ialah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Nama warung nasi yang paling terkenal itu diambil dari nama jalan sesuai posisi warung itu

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini ialah semacam nasi campur berisi daging ayam dan dihidangkan bersama telur, lawar, sate lilit, dan sambal matah. 

Keunikan dari Nasi Ayam Kedewatan ialah dari rasa pedasnya. Lawar ialah kombinasi sayur, parutan kelapa, dan daging ayam.

Ayam yang dipakai ialah ayam betina yang masih belum bertelur. Sate lilit ialah gilingan ikan laut yang jadi sate selanjutnya di bakar. Selainnya kesan pedas dari cabe rawit; rasa renyah, nikmat, dan nikmat dari daging ayam yang diproses sedemikaian rupa juga bisa kamu alami bila makan pada tempat makan yang ini.

Rasa sensasi itu didapat dari bumbu ciri khas yang menyerap secara prima dan dioleh secara turun-temurun.

2. Sate Lilit, Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Sate Lilit
Dari beberapa makanan khas Bali yang terkenal, sate lilit sebagai salah satunya unggulan yang pantas untuk dicoba. 

Sate lilit awalannya sebagai sajian ciri khas dari wilayah Klungkung. Meskipun begitu, sajian ini saat ini gampang diketemukan di beberapa posisi di sekitar Bali, seperti Denpasar, Badung, dan Gianyar.

Oleh karena itu, sate lilit sudah jadi kulineran ciri khas dari Bali, selain babi guling dan lawar.

Dibandingkan sate-sate yang bisa dijumpai di beberapa wilayah, sate lilit mempunyai kekhasan tertentu. 

Sate yang biasanya diketemukan berbentuk potongan-potongan daging yang ditusukkan dengan sebuah tusuk. Sementara, sate lilit lebih seperti gumpalan adonan yang membalut tusuk sate

Sate lilit dibuat dari daging yang dihaluskan jadi adonan. Adonan ini lalu diberi bumbu dan dibakar sampai keluarkan wewangian wangi yang unik. 

Wewangian kunyit dan serai yang menguasai jadi daya pikat untuk mencicip makanan khas Bali ini.

3. Ikan Asap Sambal Matah, Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Ikan Asap Sambal Matah
Pulau bernama Pulau Serangan kemungkinan belum terlampau populer, tetapi olahan uniknya namanya ikan asap sambal matah adalah makanan terbaik.

Dibuat dari ikan hasil tangkapan beberapa orang pulau yang fresh seperti tongkol, tuna dan kerapu yang diasapi dengan rasa pedas, itu ikan asapnya Pulau Gempuran.

Kekhasan dari makanan khas Bali yang halal ini ialah pemakaian sabut kelapa yang digunakan untuk mengasapinya hingga memunculkan wewangian sabut yang unik.

Selainnya memunculkan wewangian, pemasakan dengan sabut pulalah yang membuat teksturnya empuk dan bumbunya merasuk ke karena diolah semakin lama.

Untuk membuat memang lumayan memakan waktu, karena saat mengolahnya, perlu membolak-balik ikan seringkali sekalian memolesi bumbu pada ikan itu.

Apa lagi saat proses membalik ikan itu, butuh waktu 5 sampai 8 menit dan tiap pembalikan harus juga menukar sabut kelapa.

Untuk membumbui ikannya, perlu bumbu lembut dari cabe, kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Sesudah di rasa masak, ikan asap itu akan dihidangkan bersama-sama dengan nasi dan didampingi dengan sambal matah rasa pedas.

Pengerjaan sambal matah yang membuat rasanya betul-betul pedas dibikin dengan cabe rawit, bawang, dan serai hasil rajangan yang digabung petis dan garam.

4. Babi Guling Bali, Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Babi Guling
Di pulau Bali warung makanan dan restaurant babi guling lumayan gampang untuk diketemukan dan sebagai warung makanan yang cukup khusus.

karena makin lebih gampang kembali kamu mendapati warung makanan nasi campur baik itu memiliki bahan olahan ikan laut, daging ayam atau daging babi. Info kulineran mengenai masakan babi guling ini tentu saja buat kamu yang non-muslim.

Seperti namanya babi guling bahan dasarnya ialah satu ekor anak babi utuh selanjutnya dipanggang dengan diguling-gulingkan, hingga masakan dari babi guling memang disebutkan lebih khusus dari olahan masakan yang lain, karena bahan dasarnya satu ekor babi utuh, bukan berbentuk daging yang dapat dipotongi selanjutnya dipanggang.

Untuk itu pebisnis warung makanan atau restaurant babi guling itu harus dapat memprediksi, untuk satu ekor babi utuh apa dapat laris dalam satu hari atau minimum dalam 2 hari, karena harga dari satu ekor anak babi hidup yang baik untuk babi guling berkisaran 1.5 - dua juta.

5. Nasi Tepeng Bali, Makanan Khas Balin yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Nasi Tepeng Bali
Nasi Tepeng ialah makanan khas Bali yang terkenal dari Gianyar yang di suguhkan cukup benyek seperti bubur. Walau benyek, lauk pauk yang digabung dengan nasi dan rempah ciri khas Bali membuat nasi ini menjadi lebih pedas dan gurih. 

Nasi Tepeng ini terbagi dalam sayur seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, sampai kelapa parut beberapa sayur yang lengkapi Nasi Tepeng ini. Nach, kalau lauk pauknya ada telur dan suwiran ayam goreng.

Agar semakin sedap, bumbu rempah ciri khas Bali ini disiramkan ke atas dan lauk-lauk itu. Racikan bumbu rempah-rempah ciri khas Bali yang disiram di atas Tepeng berikut yang menjadi daya magnet khusus kulineran ini. Tidak bingung rasa pedasnya itu berasa pecah di mulut

Makanan khas Bali ini umumnya dicicipi beberapa orang cocok pagi hari. Apa lagi, nasi ini punyai struktur seperti bubur. 

Nasi Tepeng ini cukup serupa Nasi Uduk yang umum ditemui dengan gampang dan sama menu makan pagi. Keserupaannya itu, karena ke-2 nya punyai cita-rasa yang renyah. 

Rasa gurihnya ini didapatkan karena Nasi Tepeng memakai santan pada proses pembikinannya. Berasnya juga direbus bersama santan yang selanjutnya digabung dengan bumbu seperti kunyit, daun salam, garam.

6. Sate Penyu Bali, Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Sate Penyu Bali
Sate Penyu adalah makanan khas Bali yang terkenal. Bali sebagai pulau dengan sejuta tujuan rekreasi alamnya, tidak lepas jadi posisi rekreasi kulineran yang sayang untuk dilewati. Ada banyak makanan khas Bali yang pantas untuk dicoba.

Sebagai wilayah dengan kebudayaan yang kental dan warisan leluhur yang tetap terlindungi sampai saat ini, tentu saja mempunyai banyak sekali jenis makanan ciri khas yang dipertahankan sampai sekarang ini

Sebagai salah satunya posisi kulineran legendaris, tidak boleh bingung bila posisi ini selalu ramai didatangi pelancong . 

Sehingga hadirlah sekencang karena mungkin bila cukup siang, karena itu bersiaplah untuk mengantre lumayan lama.

Bila pengunjung sedang ramai, antrean dapat sampai hitungan waktu untuk memperoleh sate Penyu targetnya. Posisi ini selalu ramai di selama seharian. 

Apa lagi jika musim liburan datang, posisi ini akan dipenuhi oleh beberapa pengunjung. Harga dari Sate Penyu ini tidak mahal. 

Satu jatah sate babi ini cuman dibandrol pada harga 8 ribu saja. Satu jatah Sate Penyu terbagi dalam 6 tusuk sate yang bisa Kamu cicipi bersama-sama dengan potongan ketupat

7. Timbungan, Makanan Khas Bali yang terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Timbungan
Bebek Timbungan sebuah hidangan kulineran memiliki bahan dasar bebek yang diolah dalam timbungan. 

Timbungan sendiri berawal dari kata embung atau bumbung yang memiliki arti bambu. Olahan masakan timbungan umumnya cuman ada di hari raya keagaman Hindu dan upacara acara pesta. 

Secara bersejarah, bebek timbungan sebuah hidangan kulineran yang telah ada beratus-ratus tahun di zaman kerajan Bali

Bebek Timbungan sekarang sudah menjelma jadi hidangan khusus di restaurant dan jadi opsi untuk beberapa pelancong. 

Bebek Timbungan bahkan juga jadi salah satunya menu khusus di The Luwus Restoran- Secret Garden Village yang berada di Jalan Raya Denpasar Bedugul, Km 36 Tabanan.

8. Ayam Betutu, Makanan Khas Bali yang Terkenal

Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal
Ayam Betutu
Pilih beberapa tempat rekreasi yang sama rasakan sajian khusus dan berlainan sebagai keunikan pulau Bali pasti jadi hal yang spesial juga. Dan makanan khas Bali yang terkenal dan hits untuk pelancong lokal ialah masakan ayam betutu

Makanan khas Bali yang terkenal ayam betutu ini menyajikan cita-rasa ayam yang paling renyah dan nikmat, langkah mengolahnya berlainan dan memerlukan sedikit ketrampilan supaya hasilkan masakan yang sesuai kemauan

Ada bermacam langkah memproses ayam betutu ciri khas Bali ini supaya berasa lebih khusus, ada yang dikukus selanjutnya dibakar hingga hasilkan cita-rasa lebih khusus, dengan bahan khusus daging ayam utuh yang telah dibikin bersih. 

Bila ingin menambah sayur di bagian dalam perut ayam yang telah dikeluarkan isi dalamannya, ditempatkan daun singkong digabung dengan bumbu.

Hingga bumbu dari ayam betutu itu bukan hanya menyerap di luar tapi juga dari dalam, lamanya waktu mengolah memengaruhi empuk dan gurihnya hasil masakan ayam betutu yang diolah. 

Saat penyuguhan, kuah atau sup dari kaldu ayam yang telah diberi bumbu dengan rempah-rempah opsi menambahkan cita-rasanya semakin kuat dan berasa renyah di lidah.

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "Bikin Ngiler! Makanan Khas Bali yang Terkenal"