Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!

Qfoodys, Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk! - Yogyakarta memang jadi kota yang  membahagiakan untuk habiskan waktu liburan panjang. 

Karena Kota Yogyakarta ini mempunyai banyak tujuan rekreasi, budaya yang memikat buat dijumpai, dan beragam kulineran yang berada di Kota Yogyakarta menarik perhatian pelancong untuk menelusuri kota yang ini.

Tidak hanya populer dengan sajian gudeg, dan bakpianya. di Yogyakarta rupanya mempunyai beragam minuman khas Yogyakarta yang unik, dan cuman dapat kalian temukan di Kota Yogyakarta

Juga Tidak cuman makanan khas Ygyakarta yang nikmat, tetapi juga beberapa minuman khas Yogyakarta yang nikmat dan siap memanjakan tenggorokanmu dan perutmu.

Beberapa minuman khas Yogyakarta ini bahkan juga benar-benar populer sampai ke luar kota. 

Kepuasan dan kesedapan yang disajikan sanggup membuat beberapa orang kangen ingin tiba kembali mencicipinya.

Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!

Jadi kalian tidak boleh terlewat untuk mencicip minuman khas Yogyakarta yang bakal kita ulas ini ya gaes! Nach kalian ingin tahu apa saja sich minuman khas Yogyakarta? Yok langsung saja baca artikel di bawah ini.

1. Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta
Minuman Khas Yogyakarta ini yakni Wedang ialah kata dengan bahasa Jawa yang memiliki arti minuman, sedang uwuh memiliki arti sampah.

Minuman khas Yogyakarta ini diberi nama begitu karena beberapa bahan yang berbentuk dedaunan serupa dengan sampah.

Racikan wedang uwuh terbagi dalam daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan memakai pemanis dari gula batu

Wedang uwuh nikmat dihidangkan pada keadaan panas.

Cita-rasa dari minuman khas Yogyakarta ini ialah pedas dari jahe, dan rasa fresh yang dikeluarkan dari bermacam tipe daun-daunan yang diseduh sama air panas

Bukan hanya fresh, wedang uwuh dipercaya mempunyai bermacam manfaat karena memakai bermacam rempah yang sepanjang ini populer mempunyai bermacam manfaat.

Wedang Uwuh bisa mengobati batuk, lelah, masuk angin, pegal, dan kembung.

Walau mempunyai rasa yang nikmat dan bermanfaat, tapi harga benar-benar dapat dijangkau, yaitu cuman Rp. 3 ribu setiap gelasnya.

2.  Bir Pletok, MInuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Bir Pletok, Minuman Khas Yogyakarta
Bir? Wah, haram kan nih minum bir! Eh, sabar dahulu ya. Tidak boleh salah kira dahulu. Bir plethok bukan seperti bir yang memiliki kandungan alcohol. Minuman khas Yogyakarta yang ini mempunyai riwayat cukup unik.

Di periode pemerintah Sultan Hamengkubuwono VII pada tahun 1930-an, Sultan benar-benar ketarik dengan rutinitas penjajah Belanda yang konsumsi bir untuk menghangatkan tubuh.

Nach, menyaksikan hal itu, Sultan coba membuat minuman penghangat badan tetapi tanpa kandungan alkohol. Dari situlah terbentuk Bir Plethok. 

Apa yang terdapat di dalam minuman ciri khas Jogja yang ini dan bagaimana proses membuat? Minuman ini dibuat dari bermacam tipe rempah seperti kayu secang, kapulaga, pandan, serai, dan cengkeh.

Seluruh bahan itu direbus plus tambahan gula batu lalu didinginkan. Sesudah dingin, ditambah air perasan jeruk nipis selanjutnya disaring dan tersimpan dalam botol. 

Saat sebelum dimakan, minuman khas Yogyakarta ini harus dikocak lebih dulu sampai berbuih. Oleh karena itu dikatakan sebagai Bir Plethok.

3. Wedang Ronde, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Wedang Ronde, Minuman Khas Yogyakarta
Nach, Wedang Ronde ini adalah minuman khas Yogyakarta yang sangat populer di segala penjuru Nusantara. Mempunyai cita-rasa khusus, membuat beberapa orang suka mengkonsumsinya.

Wedang ronde sesungguhnya minuman khas warga Tionghoa yang sudah diubah dengan lidah masyarakat lokal. 

Hidangan penghangat tubuh ini tidak cuman terkenal di Jogja tetapi juga disekitaran Jawa Barat.

Jahe ialah bahan khusus sekalian penguat rasa pada Wedang Ronde ini. Sebagai pendamping hidangannya, biasanya dikasih tambahan bola-bola kacang dan sedikit gula supaya rasanya manis.

Untuk kamu yang ingin mencicipinya, Wedang Ronde Mbah Payem di Kadipaten Jogja ialah tempatnya. Harga? Tenang, hanya range Rp.6.000 saja kok.

4. Sarsaparilla, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Sarsaparilla, Minuman Khas Yogyakarta
Minuman khas Yogyakarta ini dibuat dari gabungan tangkai tanaman Sarsaparilla dan air berkarbonasi. Cita-rasa yang dibuat juga benar-benar unik, rasanya manis dengan kesan dingin seperti mint dan ada wewangian ciri khas jamu yang menyebar. 

Sesungguhnya limun sarsaparilla sebagai minuman soda pertama di Indonesia, saat sebelum masuknya minuman-minuman berkarbonasi dari barat. 

Bahkan juga, minuman ini sudah terkenal semenjak tahun 1960-an dan jadi minuman favorite untuk beberapa raja di saat itu.

Limun sarsaparilla mempunyai wewangian yang kuat seperti jamu, dan ada pula yang menyebutkan wewangiannya seperti balsem. 

Kamu kemungkinan mengernyitkan dahi, saat menghirup aroma limun sarsaparilla. Tetapi, Kamu tak perlu cemas, walau wewangiannya seperti jamu atau balsem, tapi rasanya masih tetap manis dan nikmat. 

Apa lagi rasanya yang manis plus tambahan rasa mint, selanjutnya digabungkan dengan es batu, rasanya akan fresh dan nikmat.

Minuman limun sarsaparilla ini tidak beralkohol hingga benar-benar aman untuk dimakan. 

Wewangian kuat pada minuman limun sarsaparilla ini sebagai kekhasan tertentu yang membuat sarsaparilla banyak dicari orang yang menyenangi minuman lokal yang unik.

Minuman bersoda kerap kali disaksikan sebagai minuman yang kurang sehat karena memiliki kandungan banyak gula dan tidak bagus jika dimakan secara terus-terusan atau kebanyakan. 

Kebalikannya, limun sarsaparilla rupanya mempunyai banyak faedah yang bagus untuk badan, seperti bisa memperlancar buang air kecil, memberi energi dan mengobati flu dan demam

5. Rujak Eskrim, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Rujak Eskrim, Minuman Khas Yogyakarta
Pelepas dahaga namanya rujak es krim ini begitu enak dimakan saat cuaca sedang panas. Diberi nama begitu, pasti bukan tanpa ada alasan.

Tidak lain tidak bukan lantaran dalam penyuguhannya, es cream digabung dengan bermacam buah-buahan fresh seperti mangga, kedondong, bengkuang, pepaya, nanas dan siraman gula jawa untuk hasilkan kesan pedas.

Rujak Es Cream ini bisa kamu cicipi di beberapa warung di sejauh tepian kota Jogja. Dan satu lokasi yang paling hebat ialah Warung Pak Nardi di atas lapangan Pakualaman. 

Selain populer sedap, harga juga dibandrol murah dan meriah, 5 beberapa ribu saja.

6. Es Semlo, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Es Semlo, Minuman Khas Yogyakarta
Minuman Khas Yogyakarta yakni Es Semlo, hidangan anti dahaga ini mungkin masih asing untuk beberapa orang. 

Masalahnya minuman khas Yogyakarta itu sebagai sajian favorite golongan keraton Yogyakarta dan terhitung salah satunya minuman kegemaran Sultan Hamengkubuwono IX.

Walau biasanya dihidangkan pada kondisi dingin, tetapi teh itu mempunyai rasa unik karena dalam pembikinannya memiliki kandungan rempah-rempah yang sering jadi sebagai bahan wedang ronde.

Tidak cuma hanya itu, antiknya kembali pada penyuguhannya umumnya dikasih potongan pisang, gula pasir dan air perasan jeruk nipis. 

Mempunyai warna merah alami karena memiliki kandungan kombinasi kayu secang.

Walau mulai jarang-jarang dijumpai, tetapi tidak berarti tidak dapat dicicipi kembali karena kamu masih bisa mendapati beberapa penjualnya di tepian jalan Yogyakarta. 

Ya meskipun sangat jarang, tetapi harga masih tetap dapat dijangkau loh!

7. Wedang Tahu, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Wedang Tahu, Minuman Khas Yogyakarta
Minuman satu ini sesungguhnya ciri khas Tionghoa, tetapi juga jadi sajian ciri khas yang harus kamu cicip saat liburan ke Yogyakarta. 

Namanya bahkan juga benar-benar populer di kelompok pencinta kulineran di Nusantara.

Resep pembikinannya hampir serupa dengan wedang, namun isinya berbentuk tahu halus dan minuman hangat itu benar-benar pas dimakan saat cuaca dingin.

Untuk mencicipinya, ada satu tempat hits yang dapat kamu kunjungi yakni Wedang Tahu Bu Sukardi. Terletak ada di jalan Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Kabupaten Jetis.

Spot ini populer benar-benar ramai setiap harinya. Walau rasanya bintang lima, tetapi harga kaki lima. Mengapa? Hanya karena bermodal Rp.5.000 saja kamu bisa nikmati kesegarannya.

8. Kopi Joss, Minuman Khas Yogyakarta

8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!
Kopi Joss, MInuman Khas Yogyakarta
Siapa sich yang tidak mengenal dengan Kopi Joss. Ini adalah minuman hits di kota Gudeg Yogyakarta yang selalu ramai dicari pelancong. 

Hal itu karena langkah membuat cukup unik di mana dikasih arang saat penyuguhannya.

Dan karena kekhasan itu, membuat Kopi Joss tidak cuman populer di kota Yogyakarta, tetapi di beberapa negara. Di luar negeri, minuman ini dikenali bernama "The Charcoal Coffee".

Kopi Joss jadi menu unggulan beberapa beberapa tempat makan di samping utara stasiun Yogyakarta. Dan salah satunya spot terpopuler disitu ialah Angkringan Lek Man. 

Di sini, kamu hanya perlu keluarkan biaya 5 ribu rupiah saja buat meneguk segelasnya.

Sekian dan sukses.

Posting Komentar untuk "8 Minuman Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!"