Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat

Qfoodys, 8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat -  Batak ialah satu diantara beberapa suku bangsa yang paling besar di Indonesia. Suku Batak berawal dari Pantai Timur dan Pantai Barat yang ada di Propinsi Sumatera Utara.

Suku Batak terbagi dalam Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing. 

Suku Batak yang terbagi dalam beberapa marga ini membuat Batak memiliki hidangan kulineran makanan khas Batak dan jajanan khas Batak yang bermacam juga

Indonesia terbagi dalam bermacam etnis dan sub etnis. Dan keanekaragaman suku itu ringkas melahirkan keanekaragaman tradisi istiadat dan budaya juga. 

Salah satunya bentuk kebudayaan ialah kulineran. Tata boga atau seni dapur beberapa suku sudah melahirkan watak kulineran nusantara yang bermacam.

Seperti suku lain, suku Batak mempunyai macam kulineran yang tidak kalah sedap dan penuh cita-rasa. Dalam artikel ini, akan dikenalkan secara eksklusif kulineran jajanan khas Batak.

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat

Ketika kamu berada di daerah Sumatra Utara kamu wajib mencicipi makanan khas Batak atau jajanan khas Batak ini karena selain populer jajanan khas Batak ini juga lezatnya tak tertahankan. Baiklah ini dia 8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat

1. Mie Gomak, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Mie Gonak, Jajanan Khas Batak
Mi Gomak ialah jajanan khas Batak populer di daerah Tapanuli. Bentuknya seperti mi lidi. Dan kadang-kadang, mi lidi itu disebutkan mi gomak saat dihidangkan di Tanah Batak. 

Kenapa disebutkan mi gomak?

Banyak versi mengenai pemberian nama ini. Ada yang menjelaskan, mi ini disebutkan mi gomak karena proses penyuguhannya dilaksanakan dengan digomak-gomak (diaduk-aduk, dijumput, dan dipegang gunakan tangan). 

Walau sekarang ini praktik penyuguhannya tak lagi gunakan tangan tetapi telah gunakan sendok, tetapi namanya masih tetap mi gomak.

Mi gomak ini sering disebutkan spagheti Batak karena serupa dengan spagheti Italia. Yang jelas, mi direbus lebih dulu dan didiamkan terpisah. 

Di lain sisi, terhidang kuah dan sambala. Nach, saat akan dimakan, mi dihidangkan sama sesuai jatah yang diharapkan, lalu digabung dengan kuah dan sambal. 

Kuah dan sambal itu kadang digabung dengan andaliman, benar-benar jajanan khas Batak dengan rasa yang khas serta unik.

2. Ombus-Ombus, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Ombus Ombus, Jajanan Khas Batak
Ombus-Ombus ialah jajanan khas Batak Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara. Kue ini dibuat dari beberapa bahan simpel yang dibuntel dengan daun pisang.

Jajanan Khas Batak ini dibuat dari bahan khusus tepung beras dan tepung ketan. 

Ombus-ombus sebagai makanan khas Batak atau Jajanan khas Batak yang paling populer di kelompok warga Suku Batak. 

Karena sangat terkenalnya, kue ini selalu dihidangkan pada beberapa acara kebesaran yang berada di Medan seperti sukuran, pernikahan, sampai upacara kematian yang disiapkan untuk beberapa tamu yang tiba.

proses pengerjaan kue ini juga termasuk lumayan gampang. Pertama kali, tepung beras dan ketan digabungkan selanjutnya ditambahkan dengan kelapa menjadi sebuah adonan.

Kemudian, adonan itu berisi gula merah dan beberapa bumbu lain untuk menambahkan cita-rasa dari kue itu. Lantas dibuntel dalam daun pisang selanjutnya dibuat dengan dikukus.

kue tradisionil Ombus-Ombus ini lebih nikmat dicicipi jika panas dan dihidangkan sebagai makanan pendamping minum teh atau kopi.

Masalah rasanya tidak perlu ditanyakan kembali. Kombinasi tepung beras dan gula aren akan memberi cita-rasa yang unik di mulut saat makan kue ini.

3. Lapet, Jajanan Khas Batak

Apa Teman-teman pernah coba makanan khas yang ini? Buat yang masih belum tahu, Lappet ini ialah jajanan khas Batak. 

Lapet ada 2 tipe yakni diperbedakan berbahan dasarnya yakni beras ketan atau beras biasa. Rasanya halus, manis dan renyah di mulut dengan parutan kelapa digabung gula merah.

Orang Batak erat sekali dengan Lapet, biasa disajikan pada beberapa acara upacara tradisi perkawinan,makan pagi tamu di dalam rumah. 

Dasarnya, lapet itu seperti makanan harus yang perlu ada di tiap acara kumpul-kumpulnya orang batak.

4. Pohul-Pohul, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Pohul Pohul, Jajanan Khas Batak
Kue pohulpohul sebagai makanan khas Batak atau jajanan khas Batak dari Tapanuli, Sumatera Utara. Sesungguhnya, lappet sama dengan pohul-pohul, namun memiliki bentuk berlainan. 

Lappet umumnya diolah dalam paket daun pisang dan memiliki bentuk seperti kerucut atau limas. Sedang pohul-pohul berupa kepalan tangan. Maknanya, kepalan tangan itu cetakannya. 

Memang, "pohul-pohul" bila ditranslate ke Bahasa Indonesia, ini berarti kepalan tangan.. Langkah membuat simpel dan gampang, yaitu dengan diciptakan dengan tangan. 

Itu penyebabnya disebutkan kue pohulpohul, yang memiliki arti kepalan.

Dahulu, pohulpohul kerap dihidangkan pada acara tradisi Batak marhusip. Marhusip sebagai permufakatan tradisi penyiapan pernikahan. 

Sekarang, kudapan sedap ini dihidangkan dalam beberapa acara.

5. Tipa-Tipa, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Tipa Tipa, Jajanan Khas Batak
Jajanan khas Batak yakni Tipa-Tipa ini kerap disebutkan dengan seralnya orang Batak. Bahan khusus yang dipakai ialah padi. Padi yang muda dipanen lalu dipendam kurang lebih sepanjang dua malam.

Sesudah dipendam dua malam, padi selanjutnya ditiriskan dan digongseng sampai capai tingkat kematangan tertentu. Pada kondisi masih panas, padi yang telah digongseng itu ditumbuk.

Dari sini nama Tipa-Tipa berasal, karena makna Tipa-Tipa ialah ditumbuk berkali-kali yang memvisualisasikan proses pengerjaan jajanan khas Batak ini. 

Sesudah ditumbuk karena itu beras dibikin bersih dari kulitnya dengan ditampi, selanjutnya Tipa-Tipa siap dikonsumsi

Tipa-Tipa umumnya dihidangkan yakni dengan menambahkannya dengan gula dan kepala parut. Teksturnya akan berasa sedikit keras saat dikunyah.

Oleh warga Batak, Tipa-Tipa ini umumnya dicicipi langsung sebagai cemilan sebagai teman kopi atau teh. Ada pula yang menikmatinya seperti sereal dengan menambahnya dengan susu atau menjadikan bubur.

Wewangian Tipa-Tipa ini benar-benar unik dan berasa di saat dikonsumsi. Tetapi untuk yang masih belum biasa akan berasa aneh di saat mengkonsumsinya.

Karena saat dikonsumsi gigi dan rahang kita akan berasa gemetaran dan keram karena harus kunyah Tipa-Tipa dengan kekuatan extra karena teksturnya masih nyaris seperti beras yang masih belum diolah.

Tetapi, bila mulai mengkonsumsinya maka ingin tahu dan makin nikmat rasanya dengan harumnya yang unik.

6. Sasagun, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Sasagun, Jajanan Khas Batak
Sasagun ialah nama salah satunya makanan khas Batak atau jajanan khas Batak. Sampai sekarang benar-benar makanan yang satu ini cuman dikenali dan dipunyai oleh orang-orang Batak

Makanan khas Batak atau jajanan khas Batak ini namanya Sasagun. Makanan ini benar-benar populer dan terkenal di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, seperti pada Mandailing dan Tobasa.

Cemilan yang diproses dari beras yang ditumbuk selanjutnya digongseng ini sebagai lambang makanan untuk beberapa perantau.

Sasagun dahulunya biasa dimakan untuk keadaan khusus. Misalkan ketika akan masuk rimba sepanjang beberapa hari. Atau saat berperang di periode penjajahan.

7. Itak Gurgur, Jajanan Khas Batak

8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat
Itak Gurgur, Jajanan Khas Batak
Makanan Khas Batak atau jajanan khas Batak tidak selalu dari masakan daging atau ikan yang berasa pedas dan asin. Ada pula kue simpel yang berasa manis tetapi kaya filosofis.

Apa jajanan khas Batak tersebut? yapp.. ia

Ialah Itak Gurgur yang disebut jajanan khas Batak Batak yang dihidangkan pada beberapa momen tertentu sekalian untuk memanjatkan doa.

Pengerjaan Itak Gurgur termasuk simpel dan tanpa diolah. Beras yang ditumbuk jadi bahan intinya dan ditambah lagi parutan kelapa, gula dan garam. 

Sesudah seluruh bahan diaduk-aduk rata, lalu dikepal-kepal dengan tangan.

Diringkas dari beberapa sumber, Itak Gurgur memiliki kandungan arti filosofis. Itak maknanya beras yang dilumatkan secara tradisional, sementara Gurgur maknanya mendidih atau membara.

Kabarnya, yang diartikan mendidih atau membara itu ialah semangat orang yang nikmati Itak Gurgur. Pembikinannya yang simpel dan tidak diolah menjadi keunikan tersendiri.

8. Kacang Sihobuk, Jajanan Khas Batak

Kacang Sihobuk Sebagai jajanan khas Batak dari Dusun Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Nama Sihobuk sekarang telah jadi merek dagang yang diambil dari nama dusun asal produksinya. 

Sesungguhnya, Sihobuk sama dengan kacang lain, tetapi kacang itu sudah diputuskan untuk dipasarkan. Kacang Sichobuk sekarang menjadi oleh oleh khas, bahkan juga benar-benar populer sampai ke luar negeri. 

Sekian dan Sukses.

Posting Komentar untuk "8 Jajanan Khas Batak yang Terpopuler dan Lezat"