Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba

Q-Foodys, Beragam Minuman Tradisional Sunda yang harus kamu coba -  Indonesia mempunyai banyak keberagaman kuliner mulai dari makanan khas hingga minuman tradisional, inilah Indonesia tumbuh dari keberagaman berbagai daerah dari Pulau Sumatra hingga Papua. 

Sebagai salah satu contoh ialah yanag akan saya bahas pada artikel ini yakni Minuman Tradisional Sunda, seperti yang kalian sudah ketahui bahwa Suku Sunda berada di Jawa Barat yang juga merupakan salah satu suku yang kaya akan seni budaya dan kulinerannya. Tak kalah dengan suku-suku dari wilayah-wilayah lain.

Siapa sih yang tidak mengenal dengan Bandung. Kota ini masuk ke dalam daftar beberapa kota yang perlu didatangi di Indonesia. Mengapa? karena tidak lain karena keelokan kota ini dan budayanya yang paling menarik. 

Tidak cuman dikenali sebagai Kota Paris-nya Pulau Jawa, Bandung dikenal juga sebagai kota yang kaya khasanah kulineran tradisional seperti makanan khas sunda dan minuman tradisional sunda. Bermacam kulineran asal kota ini telah terkenal di sebagian besar daerah Indonesia, bahkan juga ada yang sampai ke luar negeri. Baiklah tanpa panjang lebar berikut minuman tradisional sunda

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang harus kamu coba

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang harus kamu coba
Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Minuman tradisional sunda ini terbagi menjadi 2macam ada yang cocok ketika cuaca sedang panas atau gerah dan ada yang cocok ketika cuaca dingin yang cocok untuk kamu yang sedang mengigil kedinginan ketika berkunjung ke Bandung. Pokoknya deh sewaktu kamu menginap di Bandung pasti dibikin betah karena keberagaman kulinernya. 

1. Es Cendol

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Es Cendol
Siapa sih yang engga kenal dengan cendol? Tentunya pasti kalian sudah mengenalnya bukan yapp minuman ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, lalu ditambah dengan santan, gula merah cair, dan juga parutan es batu.Beuhh... pokoknya minuman tradisional sunda ini sangat sedap dan segar ketika meminumnya dikala haus dan gerah untuk menghilangkan rasa dahaga kamu. 

Minuman ini mudah ditemukan kok masih banyak diJawa Barat yang berjualan es cendol mulai dari pedagang keliling kaki 5 hingga di resto-resto ternama makanan khas sunda.

Selain enak dan segar minuma ini juga terkenal pas dikantong masyarakat Indonesia yakni sekitar Rp 5 -10. Dengan harga segitu sangat-sangat lah murah untuk mendapatkan minuman sesegar dan selezat ini. Teruntuk kamu yang sedang kulineran di Bandung khususnya yang diluar Jawa Barat saran banget deh mencicip minuman ini untuk memuaskan rasa dahaga kamu.

2. Es Goyobod

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Es Goyobod
Sama halnya seperti Es Cendol Minum Es Goyobod saat cuaca sedang terik sering kali jadi hal yang memuaskan dahaga. Berkunjung kota kembang, kamu dapat mencoba minuman yang bebahan tepung sagu aren yang memiliki tekstur serupa agar-agar. 

Olahan tepung sagu ini dipadukan dengan sekoteng, alpukat, santan kepala dan es serut. Untuk menambahkan rasa manis umumnya ditambah susu kental, sirup, gula manis.

Mmmmm jika dibayangkan sangat-sangat menyegarkan sekali. Jangan hanya membayangkan dong heheheh... tapi ciciplah karena soal rasa Es Goyobon minuman tradisional sunda ini dijamin deh.. kamu bakalan ketagihan apalagi pada saat cuaca panas terik yang menyengat. Untuk harga terjangkau kok sama halnya seperti cendol sekitar Rp 5-10 pas dikantong masyarakat Indonesia bukan.

3. Es Cincau

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Es Cincau
Inilah juaranya Es dari minuman tradisional sunda, Siapa sih yang tak tahu cincau? Bahkan ada lho ditoko-toko supermarket minuman cincau dalam kemasan. Cuman cincau khas sunda ini memiliki rasa dan tekstur yang ciri khas yakni berwarna hijau karena daun pandan dan teksturnya sangat empuk cocok sekali buat kamu yang mempunyai masalah dalam pencernaan.

Selain itu cincau ini dicampur dengan Es Serut, Gula merah cair dan rasanya wooww mengapa saya bilang minuman tradisional khas sunda ini juaranya karena itu rasanya sungguh enak sekali dan tentunya memuaskan dahaga kamu. 

Tetapi ingat! harganya sangat-sangat terjangkau yakni Rp5-10 tetapi kalau di resto-resto makanan khas sunda sekitar 10-20 walau harganya segitu tapi rasanya sobat, bener-bener nikmat memang the best lah minuman tradisional sunda ini

4. Es Doger

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Es Doger
Minuman Tradisional Sunda ini memang untuk masalah hal-hal yang menyegarkan selalu ada kata "Es" itu mencirikan bahwa minuman tradisional sunda ini memang rata-rata menggunakan es serut dan itu memang bukan main rasanya enak betul. 

Sama halnya seperti minuman-minuman yang sudah saya sebutkan diatas Es Doger berupa Es serut yang dipadukan dengan buah-buahan, sirup, tape atau peuyeum, roti dan susu kental manis. 

Memang sih perpaduan itu sangat nikmat dan harga nya pula terjangkau mulai dari Rp. 5-10 mungkin kalau diresto-resto makanan khas sunda sekitar Rp 15-20. Tetapi minuman-minuman tradisional sunda ini ga diragukan lagi kok soal rasa.

5. Es Lilin

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Es Lilin
Untuk masyarakat sunda munkin Es lilin sudan tidak asing lagi, Eslilin ini pernah populer di tahun-90 an untuk anak-anak 90an pasti tahu lah. Dan bahkan Es lilin dijadikan lagu pop yang populer pada masanya lho yang berjudul "Es LIlin".

6. Bajigur

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Bajigur
Setelah kita berbincang-bincang tentang Es atau minuman tradisional sunda yang dingin-dingin. Sekarang kita masuk ke sekmen yang hangat-hangat, yang enak-enak. Yapp ini adalah bajigur minuman tradisional sunda yang cocok sekali diminum dikala sedang cuaca dingin atau hujan beuhh... nikmatnya engga tertandingi sembari nonton tv bersama keluarga ditemani bandrek ini wahh.. seru sih. 

Minuman ini bisa dibeli si warung-warung pinggir jalan khas sunda, atau diresto-resto yang menyediakan makanan khas sunda. Harganyapun murah lho untuk minuman yang banyak manfaatnya ini dibandrol dengan harga Rp 5-10.

7. Bandrek

Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba
Bandrek
Bandrek memiliki bahan dasar jahe dan gula merah, kadang ditambah pandan, serai, merica, dan beberapa bahan lain di dalamnya. Sama seperti dengan bajigur, bandrek bermanfaat untuk menghangatkan badan. Bahkan juga dipercayai untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti batuk, kerongkongan gatal, dan lain-lain. 

Yaaa.. intinya minuman ini adalah minuman tradisional sunda yang menghangatkan tubuh dikala dingin. Untuk harga nya sama kok seperti bajigur sekitar Rp 5-10, dan ada juga lho bandrek yang disajikan dengan kemasan bubuk jika dibandung pabriknya bertempatkan di Cihanjuang, Cimahi Utara.

Itulah  Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba kelika kulineran ke Bandung dan sekitaran Jawa Barat yaa intinya semoga bermanfaat untuk kamu dan kita semua.

Posting Komentar untuk "Beragam Minuman Tradisional Sunda yang Harus Kamu Coba"